Satuan Pendidikan : SDK BPK PENABUR
Kelas / Semester : II / 1
Tema 3 : Tugasku Sehari-Hari
Sub Tema 1 : Tugasku Sehari-hari di Rumah
Pembelajaran Ke : 2
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.
4.5 Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Matematika
- Menyebutkan berbagai pecahan uang dengan percaya diri.
- Membandingkan pecahan uang secara cermat
- Mengurutkan pecahan uang secara cermat.
- Menghitung pecahan uang dengan penjumlahan dan pengurangan.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Dengan memperhatikan gambar dan penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan berbagai pecahan uang dengan percaya diri.
- Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat membandingkan pecahan uang secara cermat.
- Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat mengurutkan pecahan uang secara cermat
- Dengan mempraktikan pengurutan pecahan uang, siswa dapat menghitung pecahan uang dengan penjumlahan dan pengurangan secara cermat dan teliti.
v Karakter siswa yang diharapkan : Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong-royong, Integritas
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | § Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. (Religius) § Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. § Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Tugasku Sehari-Hari”. (Mandiri) § Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. ( Communication ) | 15 menit |
Inti | § Pada awal pembelajaran, guru mengkondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan menerangkan maksud isi teks bacaan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari dalam subtema 1. ( Communication ) § Siswa diminta mengamati gambar pecahan uang. § Siswa dimotivasi untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang uang pecahan. § Guru dapat memberikan pertanyaan: − Pernahkan kalian melihat uang? − Pernahkan kalian berbelanja? § Guru mengenalkan berbagai pecahan uang logam dan uang kertas. ( Communication ) § Guru lebih baik membawa uang logam asli atau mainan seperti gambar, agar siswa dapat lebih memahami sehingga dapat menggunakan media pembelajaran secara efektif. § Siswa secara bergantian melihat atau memegang uang logam dan menyebutkan nilainya. ( Critical Thinking and Problem Solving ) § Guru memberikan contoh cara menuliskan uang. ( Communication ) § Guru minta beberapa siswa untuk menuliskan pecahan uang yang disebutkan oleh guru di papan tulis. (Mandiri) § Guru mengajak siswa untuk belajar dengan bermain menggunakan uang yang disediakan. § Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok § Guru membagikan beberapa pecahan uang kepada setiap siswa. § Kemudian siswa mendengarkan intruksi yang disampaikan oleh guru. (communication) § Guru akan menyuruh siswa untuk mengumpulkan pecahan uang dan berkumpul bersama kelompoknya. § Setelah siswa berkumpul sesuai intruksi maka siswa akan menghitung jumlah pecahan uang dan mengurutkannya yang terkumpul. ( Critical Thinking and Problem Solving ) § Setelah siswa menguasai permainan tersebut, guru akan menaikkan level tingkatan permainan untuk mengasah kecerdasan siswa § Guru akan mengintruksikan siswa untuk memperhatikan penjelasan guru dalam permainan selanjutnya § Guru akan menjelaskan tentang permainan tersebut “setiap siswa telah membawa pecahan uang mainan sejumlah 10.000, guru pun membawa sebuah kotak bertuliskan BANK, kemudian guru akan menyebutkan nilai mata uang dengan suara lantang, semisal guru menyebutkan nilai uang 6.000. maka setiap siswa akan mencari gandengan teman untuk menyempurnakan jumlah mata uang yang dimilikinya. Apabila beberapa siswa benar maka akan mendapatkan poin dan boleh menukarkan uang tersebut dengan pecahan lainnya dan mendapatkan uang tambahan 2.000 setiap kelompoknya di bank Monopoli. Siswa yang tidak dapat memenuhi pecahan uang, ia akan mendapatkan sanksi menyetorkan uangnya ke bank | 180 menit |
Penutup | § Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari § Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi § Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. § Melakukan penilaian hasil belajar § Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masingmasing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) (Religius) | 15 menit |
F. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
- S u m b e r : Buku Siswa Tema : Tugasku Sehari-Hari Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017,Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
- M e d i a : Berbagai pecahan uang logam dan uang Kertas.
Mengetahui, Cirebon, 25-10-2022
Kepala SDK BPK PENABUR CIREBON Guru Kelas II
Fitri Andriyani, S.Pd Angwen Malinda S.S