Shiba yang katanya doge coin killer. Yang katanya akan menggantikan bitcoin menjadi penguasa dunia. Yang katanya akan menjadi $1. Yang katanya bisa membuat temen-temen semua menjadi miliarder. Nah di video kali ini kita akan bahas abis tentang shiba ya. Naik lebih dari 1200% koin shiba inu dicari dimana-mana. Sebelum dimulai, disclaimer dulu ya bahwa ini bukanlah saran finansial. Bukan saran untuk jual dan beli. Seluruh keputusan ada di masing-masing kalian.

Shiba inu itu apa sih?
Shiba inu dibranding sebagai doge coin killer. Tapi shiba ga bisa disamakan dengan doge. Karena doge adalah koin yang punya blockchainnya sendiri. Sementara shiba hanya sebuah token yang numpang di blockchainnya ethereum. Shiba inu didirikan pada bulan Agustus tahun 2020. Dengan maksimal supply 1 kuadriliun shiba. White paper nya sendiri disebut dengan woof paper yang nanti akan dibahas.
Menurut pendirinya, shiba inu ini adalah token decentralise yang murni dimiliki oleh komunitas. Itu kata pendirinya ya. Selain shiba inu, pendirinya juga membuat token list di dalam ekosistem shiba inu. Nanti kita akan bahas juga.

Siapa pencipta shiba inu?
Pendirinya sendiri anonymus alias tidak diketahui dan hanya dikenal dengan nama Ryosi. Siapa Ryosi sebenarnya ga pernah terungkap di publik. Seperti founder bitcoin Satoshi Nakamoto juga yang ga pernah terungkap di publik. Tapi bedanya sekali lagi, bitcoin ini punya teknologi punya blockhainnya sendiri. Sementara shiba hanya penumpang di ethereum. Kemudian kenapa harga shiba bisa naik jutaan persen ya?
Ga lengkap kalau kita ngebahas token atau koin tanpa ngebahas teknologinya.

Bagaimana teknologi shiba?
Yang pasti shiba inu ga punya kemampuan untuk melakukan smart contract. Shiba inu juga ga diback up oleh aset apapun. Kemampuan satu-satunya adalah tokennya bisa dikirimkan kepada orang lain dengan menggunakan blockchain ether. Teknologi lainnya mungkin shiba swap. Yang memungkinkan para pengguna untuk melakukan swap token, atapun melakukan staking token-token di bawah ekosistem shiba. Jadi apakah shibaswap ini mau menyaingi uniswap? Dan apakah shibaswap punya kekuatan untuk menggantikan uniswap. Ini adalah sebuah pertanyaan yang hanya bisa dijawab oleh masa depan. Tapi tentu saja ada yang membuat shiba itu menjadi unik.

Apa uniknya shiba?
Hingga digandrungi banyak orang dan akhirnya bisa menjadi token meme yang listing di exchange besar. Yang membuat shiba unik, yang pertama adalah 50% total supply nya di lock oleh Ryosi di ekosistem Uniswap. Dan 50% sisanya di donasikan kepada Vetalik, pendiri ethereum. Ini menurut saya adalah satu langkah yang sangat smart. Karena secara ga langsung, shiba inu itu seperti di endorse secara otomatis oleh vetalik. Berkat shiba juga, vetalik termasuk ke dalam kelompok crypto billionaires. Karena pada saat ATH nya, setengah kuadriliun shiba ini diperkirakan senilai $7miliar. Karena vitalik tiba-tiba dapet uang kaget yang begitu besar, maka mau ga mau apapun yang dilakukan vetalik pada shiba inu yang dimilikinya, akan menjadi sorotan publik. Dan ini yang dikatakan secara ga langsung shiba di endorse oleh vitalik. Meskipun mungkin vitalik sendiri ga paham kenapa tiba-tiba diberikan 50% supply dari sebuah token.

Yang kedua yang membuat shiba ini unik didonasikan kepada india, oleh vitalik. Jadi Vitalik menyumbangkan 100 triliun shiba untuk mengatasi covid19 di india. Di perkirakan nilainya mencapai $1miliar. Dan menjadi salah satu sumbangan terbesar dalam bentuk crypto yang pernah ada.
Yang ketiga yang membuat unik adalah sisa shiba inu yang dimiliki oleh vitalik dibuang oleh vitalik. Vitalik membuang 410 triliun shiba inu miliknya ke wallet yang sudah mati. Nilai yang dibuang oleh nya kira-kira $6,7miliar. Berita ini membuat harga shiba kembali meroket karena setengah total supply nya ga bisa diakses lagi.

Yang keempat adalah ga ada pre-mined token. Jadi pada umumnya, pada sebuah token crypto yang diciptakan, pasti ada yang namanya pre-mined token yang disediakan untuk developer. Umumnya seperti itu. Tapi Ryosi ga mempunyai pre-mined token. Artinya Ryosi ga mendapatkan keuntungan apapun atas populernya shiba inu. Satoshi nakamoto aja punya pre-mined koin sebanyak 1 juta bitcoin.
Yang kelima adalah shiba bekerja sama dengan amazon melalui program amazon smile. Dimana para pengguna dapat melakukan donasi untuk membantu pelestarian anjing ras shiba inu yang bekerja sama dengan shiba inu rescue assosiation.

Yang keenam adalah sudah terlisting di exchange ternama. Seperti di Binance dan huobi. Meskipun ini adalah meme coin. Kalau menurut saya, ini adalah salah satu meme coin tersukses yang pernah ada.
Yang ketujuh adalah mempunyai komunitas yang disebut shibarmy. Yang saat ini berkembang menjadi decentralise international organization.
Yang kedelapan adalah listing di coinbase. Ya ini adalah momentum yang ditunggu tunggu oleh para hodler shiba inu. Karena listing di coinbase tinggal menunggu waktu saja. Dan mungkin robinhood akan mengikuti. Kapan? Mungkin waktunya ga akan jauh berbeda dengan di launching nya score certik pada shibaswap.

Yang kesembilan adalah termasuk meme token dengan market cap terbesar saat ini. Dan ini adalah prestasi yang cukup mengagetkan. Ga ada yang menyangka harga shiba inu akan naik 15 juta persen sejak november 2020.
Yang kesepuluh adalah dipompom oleh elon musk. Sepertinya elon musk ini udah bosen oleh doge coin. Dan sekarang punya mainan baru yaitu shiba inu. Tapi pertanyaannya, apakah tweet elon musk akan tetap sakti seperti sebelumnya? Selain shiba, ada 2 token lain dalam whitepapenya. Yaitu token least dan bone.

Apa itu token least?
Token leaset digambarkan sebagai token dengan gambar tali kekang anjing. Yang punya arti token ini bisa mengendalikan koin meme lain yaitu doge coin. Token least awalnya ditetapkan sebagai rebase token terhadap doge. Yang kemudian di cancel. Rebase token ini kurang lebih mirip dengan stable coin. Bedanya, aset yang mendasarinya adalah aset crypto lain. Dan supply nya dapat berubah-ubah berdasarkan algoritma agar harganya tetap mengikuti aset yang mendasarinya. Dan saat ini hanya tersedia sekitar 100 ribu token least.

Apa itu token bone?
Token bone baru saja dirilis bersamaan dengan dirilisnya dex shibaswap. Tapi yang saya baca di woof papernya, token bone ini sepertinya token yang digunakan untuk mengembangkan shibaswap. Karena ada pre-mined token yang dialokasikan pada developer. Yang memungkinkan para developer, admin dan shibarmy yang kompeten untuk tetap mengembangkan projek ini dan mendapatkan keuntungan dari kerja kerasnya.

Bagaimana dengan masa depan shiba?
Token shiba, least dan bone, sama-sama membentuk ekosistem shibaswap. Yang pada saat artikel ini dibuat, sedang diaudit oleh tim certik. Shibaswap memungkinkan para pengguna untuk melakukan staking dan melakukan swap untuk mendapatkan reward. Kurang lebih sama seperti sistem di pancakeswap dan uniswap. Shibswap ini juga mendukung pengembangan NFT. Jadi nanti para konten creator bisa mendapatkan reward berupa token shiba ataupun token-token lain dalam ekosistem shibaswap. Kalau shibaswap nanti mendapatkan skor yang baik oleh certik, maka shiba bisa aja disamakan dengan token-token desentralisasi yang lain. Misalkan seperti pancakeswap dan uniswap. Yang mana sebenarnya ini adalah masa depan yang cukup bagus buat shiba. Sementara shibaswap baru saja diluncurkan. Dan di hari pertamanya, TVL shibaswap melampaui $1miliar. Meskipun ada banyak kritik dari kalangan developer. Total Value Lock atau TVL adalah matrix standard untuk mengukur sebuah keberhasilan projek defi. Saat ini TVL tertinggi masih dipegang oleh AAVE sebesar $11miliar.

Kemudian pertanyaan yang paling sering ditanyakan nih, apakah shiba inu bisa jadi $1?
Sayangnya, jawabannya saya ragu. Shiba inu bisa menjadi $1. Mengapa? Dengan maksimal supply sebanyak 1 kuadriliun, kecil kemungkinan shiba inu bisa menjadi $1. Apabila shiba inu menjadi $1 per token, maka market cap nya bisa mengalahkan ethereum. Yang mana kejadian ini hampir ga mungkin terjadi. Bagaimana bisa market cap token penumpangnya mengalahkan market cap koin induknya. Apalagi token ini ga punya aset yang memback up nya. Selain cuma dari komunitas aja. Nah kalau kita mau investasi shiba inu, persentase ideal dalam portofolio kita kira-kira seberapa banyak?

Ya saya tau banyak orang yang ingin menjadi kaya raya dari shiba inu. Ingin menjadi miliarder dari shiba inu. Dan menurut saya kecil kemungkinan shiba inu bisa menjadi $1. Artinya kecil kemungkinan juga kita bisa menjadi miliarder dari shiba inu. Kecuali kita punya mesin waktu dan beli di bulan November 2020. Jadi untuk meme token seperti shiba saya alokasikan kira-kira hanya 10% dari total seluruh portofolio saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *