Halo semuanya, kali ini kita akan belajar dari 8 orang tersukses di dunia.

Pertama, Colonel Sanders.
Mungkin di antara kalian ada yang merasa terlambat untuk memulai? Merasa mengalami hidup yang gagal dan bahkan ingin bunuh diri? Colonel Sanders, yaitu penemu ayam KFC pernah terbersit keinginan untuk bunuh diri karena merasa dirinya dipenuhi dengan kegagalan. Istrinya pergi meninggalkan dia pada saat anaknya baru berusia 2 tahun. Kemudian dia bergabung dengan militer, yang ternyata memecatnya. Mencoba menjadi penjual asuransi dan mendirikan beberapa bisnis yang akhirnya gagal, hidup dalam kemiskinan dan harus tinggal bersama orang tuanya. Ga lama kemudian perang dunia meletus. Merasa telah salah memilih jalan hidup, Colonel Sanders akhirnya ingin mengakhiri hidupnya.

Colonel Sanders memulai usaha KFC nya pada usia 65 tahun. Di usia yang seharusnya sudah banyak orang kehilangan gairah dan motivasi untuk hidup. Colonel Sanders malah baru mulai usahanya, sibuk di dapur dan melayani customer. Selama masa awal-awal KFC di operasionalkan, ia tidur di sebuah mobil. Pekerjaan itu terus ia lakukan hingga ia berusia 73 tahun dan kemudian ia menjual KFC senilai $2juta , itu sekitar $15juta – $17juta untuk uang saat ini. Dari hal ini ia membuktikan bahwa usia adalah halangan dalam keberhasilan. Untuk membuat diri dicatat oleh sejarah dan dikenang dalam jangka waktu yang lama. Dari Colonel Sanders kita belajar, usia bukanlah alasan tidak memulai sesuatu.

Kedua, Elon Musk.
Elon Musk lahir di Afrika selatan. Ia adalah pengusaha yang mendirikan Paypal, Tesla, Space-X, dan beberapa perusahaan yang lain. Elon menjadi bilionaire, ketika perusahaannya yang bernama Sip2 dijual pada Compaq Computer di usia yang masih sangat muda, belum genap usia 30 tahun. Pada umur 12 tahun, ia menjual softwarenya yang pertama. Elon adalah orang yang sangat introvert, kutu buku, dan juga korban bullying pada saat ia berusia 15 tahun. Elon ga bertumbuh dari keluarga kaya. Orang tuanya adalah seorang model dan bercerai ketika usianya menginjak 10 tahun. Elon Musk menjadi orang ultra kaya karena ia mempunyai inovasi, dan revolusi produk yang mengubah dunia.

Ia menjadi produsen mobil listrik yang diproduksi secara massal di dunia. Ia juga menjembatani transaksi online dengan mendirikan Paypal. Yang kemudian diakuisisi oleh IPB sebesar $1,5miliar. Ia juga mengembangkan bisnis best travel pertama di dunia yaitu space-x. Dari Elon Musk kita belajar menjadi inovator dan eksekutor. Elon membuktikan bahwa cuitannya bukanlah bualan.

Ketiga, Jack Ma.
Jack Ma adalah seorang guru dengan gaji yang sangat amat kecil. Kalau tidak salah sekitar $12 per minggu. Pada tahun 1994 ia pertama kali mendengar yang namanya internet. Kemudian pada tahun 1995 ia bersama seorang teman, yang mana temannya ini adalah seorang guru komputer, membeli sebuah domain yang bernama chinabadges.com saya belum cek domainnya masih aktif atau tidaknya. Jack Ma karena miskin ia belum pernah memiliki komputer sebelumnya. Komputer pertamanya dimiliki pada saat ia berusia 30 tahun. Bahkan Jack Ma ga pernah menulis 1 baris coding pun. Pada tahun 1999 ia bersama 18 orang teamnya mempunyai mimpi besar. Mimpi besar untuk membangun perusahaan internet dengan skala global. Yaitu Alibaba, yang menjadi jembatan antara perusahaan China dan dunia luar. Hari ini Alibaba telah berhasil menjadi perusahaan terbesar di dunia dengan gurita bisnis di seluruh dunia termasuk di Indonesia.
Masa lalu kita ga menentukan siapa kita nantinya. Keputusan kitalah yang menentukan seperti apa kelak kita di masa depan. Dari Jack Ma kita bisa belajar untuk berani bermimpi besar.

Keempat, Jim Carrey.
Siapa ya yang ga kenal dengan dia. Kalian pasti pernah nonton film-filmnya seperti the mask, ventura, dumb and dumber, dll. Komedian terkenal ini bernilai $150juta hari ini. Tapi siapa yang menyangka jika Jim Carrey dulunya adalah orang yang miskin, dan tinggal di mobil bersama orang tuanya. Jim Carrey tidak bersekolah. Dan bekerja selama 2 tahun sebagai cleaning service di sebuah pabrik. Pada umur 19 tahun ia pindah ke Hollywood untuk mengejar mimpi karir filmnya. Kemudian pada tahun 1985 ia dengan iseng menulis cek untuk dirinya sendiri senilai $10juta. Dan 10 tahun kemudian, ia mendapatkan cek $10juta pertamanya melalui film dumb and dumber. Pada saat ia menulis cek, biarpun uangnya belum ada di tangannya, tapi ia merasa positif dan merasa yakin akan mendapatkan $10juta nya itu.
Saat film dumb and dumber ketenarannya meroket dan terus menghasilkan uang. Dari Jim Carrey kita belajar mengenai law of attraction. Dan bukti, bahwa impian yang disertai dengan emosi yang positif akan bermanifestasi.

Kelima, Warren Buffet.
Warren Buffet adalah salah satu orang yang berhasil membuktikan dapat menjadi kaya dari pasar saham. Ia pernah menjadi salah satu orang terkaya di dunia dan terkenal dengan metode investasinya yang disebut value investing. Yaitu menabung saham dengan metode yang baik dalam jangka waktu yang sangat panjang. Dalam 1 kasus Warren Buffet berinvestasi dan akhirnya menguasai porsi saham dalam jumlah tertentu dan berhasil mengakuisisi sebuah perusahaan. Perusahaan itu bernama berkshire hathaway yang masih menjadi perusahaannya hingga hari ini. Kemudian ia mengubah fokus bisnis berkshire hathaway dari yang dulunya perusahaan tekstil menjadi perusahaan asuransi. Kemudian pada tahun 1988 Warren Buffet juga membeli saham coca cola yang pada akhirnya ia memiliki saham sebanyak 7%. Dan saham coca cola inilah yang menjadi salah satu perusahaan yang menjadi pohon uang terbesarnya.
Dari Warren Buffet kita bisa belajar untuk menjadi sabar, disiplin dan dengan kalkulasi yang matang maka kita akan dapat menjadi berhasil.

Keenam, Jan Koum.
Kalau kalian ga tau orang ini, kalian kebangetan loh hehe, karena setiap hari kalian pakainya produknya dia. Dia adalah founder Whatsapp. Sebelum jadi bilionaire seperti hari ini, Jan Koum adalah seorang imigran, ia berasal dari Ukraina. Makanya namanya agak sedikit aneh terdengar di telinga kita. Dia miskin dan DO dari sekolah. Kemudian ia bermigrasi ke amerika beserta ibunya. Tapi ternyata kehidupan tidak serta merta berubah. Ibunya malah meninggal pada saat ia masih remaja. Ia sempat bekerja di Yahoo dan ditolak bekerja di Facebook. Yang konon ini merupakan penyesalan yang besar dari Mark Zuckerberg. Suatu hari ia mempunyai ide untuk membuat satu aplikasi percakapan. Dimana para user dapat mengetahui status dari user lain. Apakah sedang sibuk atau tidak.

Berawal dari obrolan komunitas Ukraina yang ada di Amerika, pada 24 Februari 2009 Whatsapp resmi di dirikan. Meski 1 baris coding pun belum dibuat. Kemudian saat awal diluncurkan semua orang mengatakan bahwa ini aplikasi bodoh. Seringkali crash dan hanya di download oleh beberapa puluh orang saja yang itupun hanya temen-temennya Jan Koum saja. Saat itu raksasa instant messaging seperti Blackberry masih mendominasi. Kalau kalian gatau BBM itu apa, wah berarti kalian muda sekali ya. Dengan ancaman Blackberry Messanger yang begitu raksasa dan fenomenalnya waktu itu, Jan Koum tidak menyerah. Ia terus mengupdate aplikasinya hingga akhirnya di download oleh 1/4 juta orang. Sejak itu ia mendapatkan pendanaan sebesar $250ribu dari beberapa orang temannya.

Ga lama kemudian, Whatsapp mendapatkan pendanaan sebesar $8juta dari Sequoia Capital. Pada 2013, Sequoia Capital memberikan pendanaan lagi sebesar $50 juta dan akhirnya Whatsapp menjadi rebutan antara Google dan Facebook , namun Facebook berhasil mendapatkan Whatsapp dengan nilai $19miliar. Kekayaannya sekarang diperkirakan mencapai $6,7miliar. Dari Jan Koum kita belajar jangan menyerah dengan ide kita, kita hanya perlu 1 ide yang mana ide itu bisa mengubah kehidupan kita.

Ketujuh, Kenzo Takada.
Kenzo Takada lahir di Jepang, dia terkenal sebagai designer dan pemilik brand Kenzo. Ketika di Jepang, Kenzo bekerja sebagai designer Fashion untuk sebuah department store kecil. Setiap bulannya ia berhasil mendesign puluhan design baju. Tahun 1964 rumahnya tergusur dan Kenzo mendapatkan ganti rugi sebanyak 10x lipat uang sewa. Kenzo mengikuti saran seorang dosen yang mengatakan bahwa karir nya akan lebih dihargai di paris. Dan singkat cerita berangkatlah ia ke Paris, ia berangkat tidak menggunakan pesawat melainkan menggunakan kapal laut dari Jepang menuju ke Paris yang membutuhkan waktu selama 6 minggu.

Sebelumnya ia sempat transit di Hongkong, Singapura, Srilanka, Bombai dan Mesir. Dan ini adalah perjalanan jauh pertama yang dilakukan oleh Kenzo. Tiba di Paris ia kehabisan uang bekal dan ia menjual sketsanya. Selama 5 bulan, ia menyambung hidupnya dengan menjual sketsa. Hingga akhirnya sketsanya dilirik oleh Elle dan beberapa majalah lainnya. Pada tahun 1970 Kenzo mendirikan brand fashion pertamanya, toko butik pertamanya yang diberi nama Kenzo. Tahun 1993 brand Kenzo dijual seharga $80juta. Dari Kenzo kita belajar untuk berani mengambil keputusan radikal dan mengejar mimpi-mimpi kita.

Kedelapan, Do Won Chang.
Ia adalah founder dari Forever21. Ia adalah seorang imigran yang berasal dari Korea yang berhasil sukses berbisnis fashion di Amerika. Ia bersama istrinya pada tahun 1981 memutuskan pindah ke Amerika. Di Amerika karena ia ga pernah kuliah, ga pernah punya pendidikan formal yang memadai ia berujung menjadi seorang cleaning service, pegawai SPBU, dan karyawan coffee shop. Semua pekerjaan itu ia lakukan sekaligus. Dan kemudian mereka mengamati kalau orang-orang yang membawa mobil-mobil bagus itu adalah mereka yang berbisnis di bidang garmen. Kemudian singkat cerita pada tahun 1984 setelah mereka hidup hemat bertahun-tahun, dan mereka mengumpulkan tabungan sebesar $11ribu, mereka membuka clothing store pertamanya yaitu fashion21.

Dengan store pertamanya, fashion21 yang berada di Los Angeles ini berhasil membukukan penjualan sebesar $700ribu. Seiring berkembangnya bisnis, fashion21 berubah nama menjadi forever21. Dan berkembang menjadi ratusan toko di 57 negara. Pada tahun 2015, Won Chang resmi menjadi orang terkaya ke 79 di Amerika. Meski akhirnya forever21 harus bangkrut karena pandemi di 2020 kekayaan Won Chang masih diperkirakan berada di angka $800juta. Dari Do Won Chang kita belajar untuk hidup hemat dengan tujuan untuk ditabung sebagai modal usaha.

Nah kita sudah belajar dari 8 orang terkaya di dunia. Bagaimana dengan kamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *