Masa-masa penting seperti ini penting banget buat kita untuk selalu jaga kesehatan. Salah satunya dengan cara mencukupi kebutuhan tidur kamu. Tapi ga bisa dipungkiri, terkadang, kita rasanya sulit banget untuk tidur. Nah saat ini kita akan ngebahas faktor penyebab susah tidur beserta solusinya.

Yang pertama, stres.
Memiliki beban pikiran yang sangat banyak, bisa menyebabkan seseorang menjadi mudah mengalami stres. Banyak orang yang mengalami stres jadi kesulitan saat tidur. Solusinya, cobalah mengetahui apa penyebab stres dan belajar mengontrol rasa stres tersebut dan mencoba melakukan aktivitas yang menenangkan.

Yang kedua, paparan blue light.
Ini yang paling sering dialami oleh generasi milenial dan masyarakat modern saat ini. Paparan cahaya biru atau blue light dari teknologi di sekitar kita misalkan seperti televisi, komputer, laptop dan smartphone. Jadi sebaiknya matikan peralatan elektronik yang mengganggu minimal 1 jam sebelum tidur. Kamu harus berhenti main gadget, agar tidurmu bisa lebih pulas. Jauhkan posisi smartphone dari tempat tidurmu. Mematikan daya selama tidur atau bisa mengubahnya ke mode pesawat.

Yang ketiga, terlalu banyak mengkonsumsi kafein.
Semua orang pasti tau dong, salah satu efek dari kafein seperti teh dan kopi adalah membuat tubuh menjadi berenergi. Sehingga, efek sampingnya menjadi susah tidur. Mengkonsumsi kafein memang punya manfaat untuk tubuh. Namun jika sudah mengganggu jam tidurmu, sebaiknya kurangi jumlah pengkonsumsiannya ya.

Yang keempat, terganggu cahaya kamar.
Cahaya kamar bisa mengurangi produksi melatonin. Yaitu hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar pineal yang menyebabkan kantuk. Maka dari itu, kondisi tidur yang ideal selalu disarankan dengan posisi lampu mati. Kalau kamu termasuk golongan orang yang tidak menyukai tidur dalam kegelapan, bisa dicoba dengan memasang lampu khusus untuk tidur, yang bisa kamu kendalikan dengan mudah disamping tempat tidur.

Yang kelima, efek samping oabt.
Beberapa jenis obat tertentu, ada yang memiliki efek samping penyebab sulit tidur dengan nyenyak. Tapi kamu ga perlu khawatir ya. Karena, seiring dengan tubuhmu membaik dan berhenti mengkonsumsi obat, maka waktu tidurmu pun akan kembali dan kamu bisa tertidur pulas.

Nah itulah faktor-faktor penyebab susah tidur. Apakah ada diantara kalian yang sering mengalami susah tidur?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *