Oatmeal adalah makanan yang terdiri dari gandum dan cairan. Seperti air, susu sapi atau susu nabati. Manfaat makan oatmeal dapat menyehatkan tubuh karena penuh dengan nutrisi dan serat. Gandum adalah salah satu makanan yang paling bergizi yang bisa dikonsumsi. Dengan menyantap semangkuk oatmeal panas di pagi hari, kamu akan siap menjalankan segala aktivitas dengan semangat dan penuh energi. Berikut manfaat-manfaat oatmeal untuk kesehatan.

Pertama, kaya akan nutrisi.
Setengah cangkir gandum utuh kering, mengandung 4 gram serat yang akan mengisi dari 14% target minimum harian disamping disamping 5 gram protein nabati. Karbohidrat yang dikandung juga mengandung spektrum vitamin dan mineral yang luas. Termasuk zat besi, magnesium, seng, selenium, vitamin B dan sejumlah kecil kalsium serta kalium.

Kedua, kaya antioksidan.
Oatmeal secara khusus mengandung polifenol yaitu merupakan senyawa nabati yang kaya akan avenanthramides. Avenanthramides adalah jenis antikosidan yang ada hampir secara eksklusif di gandum. Jenis antioksidan ini dapat memberi manfaat bagi tubuh untuk meningkatkan produksi asam nitrat, menurunkan tekanan darah, meningkatkan aliran darah, mengurangi peradangan dan gatal-gatal.

Ketiga, penuh energi.
Kandungan karbohidrat dan protein pada oatmeal mampu memasok energi untuk tubuh. Mengkonsumsi makanan rendah indeks glikemik seperti oatmeal 3 jam sebelum lari atau olahragam juga akan memberi stamina yang lebih maksimal. Sifat oatmeal yang rendah indeks glikemik ini mampu meningkatkan pembakaran lemak saat berolahraga.

Keempat, baik untuk diabetes.
Oatmeal mengandung serat larut yang disebut beta-glukan yang dapat membantu meningkatkan respon insulin dan mungkin juga dapat mengurangi kadar gula darah. Penderita diabetes tipe 2 mungkin dapat mengonsumsi oatmeal untuk membantu mengatur kadar gula darah selama mereka tidak menambahkan gula tambahan ke dalam makanan. Sebuah tinjauan penelitian tentang manfaat oatmeal untuk penderita diabetes tipe 2, menemukan bahwa oatmeal memiliki efek positif pada kontrol gula darah. Para penulis menyatakan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menguji keamanan oatmeal bagi penderita diabetes tipe 1.

Kelima, menjaga berat badan.
Rutin sarapan oatmeal dapat membantu meningkatkan metabolisme dan mempercepat penurunan berat badan. Oatmeal baik untuk diet karena kaya akan serat larut. Jadi, orang cenderung merasa kenyang lebih cepat setelah memakannya daripada mengkonsumsi makanan lain. Merasa kenyang dapat membantu mengontrol porsi makan dan mencapai tujuan penurunan berat badan. Para peneliti melihat efek oatmeal pada nafsu makan menyimpulkan bahwa sarapan oatmeal membuat kamu merasa kenyang dan mengurangi keinginan untuk makan 622307 selama 4 jam ke depan.

Keenam, menyehatkan pencernaan.
Beta-glukan dalam oatmeal membentuk zat seperti gel ketika dicampur dengan air. Larutan ini dapat melapisi perut dan saluran pencernaan. Lapisan dapat memeberi makan bakteri baik dalam usus, yang meningkatkan tingkat pertumbuhan mereka dan dapat berkontribusi pada usus yang sehat. Sebuah studi kecil yang meneliti efek oatmeal pada pertumbuhan bakteri menemukan bahwa hal itu bisa memiliki efek positif.

Ketujuh, menurunkan kolesterol.
Oatmeal mengandung serat beta-glucan yang membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Kehadiran asam linoleat dan serat larut pada oatmeal juga membantu atas kolesterol, sekaligus mengurangi kadar trigliserida dalam tubuh. Pada akhirnya, tubuh akan terhindar dari penyakit berat seperti serangan jantung dan stroke.

Kedelapan, kulit sehat.
Vitamin dan mineral pada oatmeal menjadikan menu sarapan populer ini baik untuk kesehatan kulit. Zinc misalnya, membantu membersihkan kulit dan menyingkirkan racun serta senyawa berbahaya. Sementara zat besi menyediakan nutrisi untuk kelembapan kulit.

Kesembilan, membantu mengatasi insomnia.
Oatmeal adalah makanan sarapan meskipun juga merupakan pilihan yang tidak biasa jika dimakan sebelum tidur. Bahkan orang Skotlandia merekomendasikan makan semangkuk oatmeal di malam hari untuk membuat kamu merasa baik dan mempercepat rasa kantuk.

Nah itulah manfaat-manfaat makan oatmeal. Siapa disini yang suka makan oatmeal?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *