Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur untuk ditambahkan ke dalam masakan. Selain meningkatkan aroma, bawang putih dapat menambahkan cita rasa yang khas pada masakan. Namun, manfaat bawang putih ternyata tidak hanya untuk meningkatkan aroma dan cita rasa saja, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Selain itu bawang putih juga mengandung zat allicin yang mampu memberikan manfaat bagi kesehatan. Zat ini juga yang menyebabkan aroma menyengat pada bawang putih. Bawang putih sudah digunakan sejak lama sebagai obat dan memiliki dampak yang positif bagi kesehatan. Berikut manfaat-manfaat bawang putih untuk kesehatan.

Pertama, baik untuk jantung.
Salah satu manfaat bawang putih yang disebutkan adalah baik untuk kesehatan jantung. Dari suatu penelitian, ditemukan fakta bahwa pemberian suplemen yang mengandung ekstrak bawang putih berpotensi memberikan efek perlindungan untuk kesehatan jantung. Efek ini terlihat dari kemampuan bawang putih untuk menurunkan kolesterol dan efek pengencer darah yang dapat membantu melancarkan sirkulasi darah.

Kedua, meringankan sakit gigi.
Bantu meredakan sakit gigi merupakan manfaat bawang putih bagi kesehatan yang bisa kamu rasakan. Bawang putih memang sudah dipercaya dapat mengatasi masalah sakit gigi. Cukup letakkan beberapa siung bawang putih yang sudah dihancurkan langsung pada gigi yang sakit. Maka bawang putih dapat membantu meringankan sakit gigi karena sifat anti bakteri dan analgesik. Namun sayangnya cara ini membawa efek samping seperti terjadinya iritasi pada gusi.

Ketiga, mencegah kanker.
Salah satu manfaat bawang putih yang sedang banyak diteliti adalah efeknya melawan kanker. Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa bawang putih dapat menekan aktivitas sel kanker. Berdasarkan temuan tersebut bawang putih memiliki potensi sebagai sumber antikanker. Studi lain menunjukkan pula bahwa mereka yang terbiasa mengonsumsi bawang putih, beresiko lebih kecil untuk terkena kanker usus besar. Namun masih dibutuhkan penelitian dalam skala yang lebih besar untuk menerapkannya sebagai pengobatan secara medis.

Keempat, menurunkan tekanan darah.
Bagi penderita hipertensi, manfaat bawang putih dalam menurunkan tekanan darah sudah cukup umum untuk diketahui. Suatu penelitian menemukan bahwa pemberian sekitar 600-1500 miligram ekstrak bawang putih memberikan efek yang setara dalam menurunkan tekanan darah seperti obat athenolol selama dalam jangka waktu 24 minggu. Bila kamu suka bawang putih mentah, maka kamu bisa mengonsumsi bawang putih mentah sebanyak 4 siung perharinya untuk menurunkan tekanan darah.

Kelima, mengatur gula darah.
Manfaat bawang putih bagi kesehatan dapat berfungsi sebagai pengatur gula darah. Mengonsumsi bawang putih dapat membantu meningkatkan insulin dalam darah. Oleh karena itu, mengonsumsi bawang putih dapat membantu mengendalikan gula darah pada orang yang terkena diabetes.

Keenam, mencegah pilek.
Ingin mencegah hidung tersumbat akibat pilek? Kamu bisa memasukan bawang putih ke dalam masakan untuk menangkal pilek. Bawang putih dipercaya dapat mencegah pilek karena diduga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang terbiasa mengonsumsi bawang putih lebih jarang mengalami flu dan pilek serta akan lebih cepat sembuh ketika terkena flu dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Ketujuh, meningkatkan performa olahraga.
Bawang putih juga mampu meningkatkan performa olahraga. Meskipun demikian, penelitian mengenai efek bawang putih terhadap performa fisik masih lebih banyak dilakukan pada tikus. Studi menunjukkan bahwa orang yang menderita penyakit jantung mengalami performa olahraga yang lebih baik setelah diberikan minyak bawang putih sebanyak 2x sehari selama 6 minggu. Namun penelitian lainnya mengenai bawang putih dan performa olahraga masih berkontradiksi dan memerlukan riset lebih lanjut.

Kedelapan, merawat rambut dan kulit.
Ada berbagai kandungan dalam bawang putih yang dapat melindungi kulit dari efek radikal bebas dan memperlambat penurunan kolagen yang merujuk pada hilangnya elastisitas kulit. Dengan begitu, kamu dapat menggunakan bawang putih sebagai perawatan luar. Bawang putih dapat melindungi kulit dari infeksi jamur dan bisa menyembuhkan kulit dari iritasi. Bawang putih juga ampuh untuk merawat rambut. Yaitu dengan cara menggosokan bawang putih mentah ke kulit kepala dan memijatnya. Hal ini bisa mencegah dan mengembalikan ketebalan rambut yang berkurang akibat rontok.

Kesembilan, mengatasi jerawat.
Berbagai studi menunjukkan bahwa allicin memiliki sifat antibakteri, antijamur, antivirus, dan antiseptik yang membantu membunuh kuman penyebab jerawat. Berbagai sifat ini turut membantu meredakan pembengkakan dan peradangan kulit, serta meningkatkan sirkulasi darah untuk mencerahkan rona kulit. Bawang putih juga mengandung vitamin dan mineral lain yang dipercaya dapat membasmi jerawat. Mulai dari vitamin c, vitamin b6, selenium, tembaga, dan seng yang bermanfaat untuk mengendalikan produksi minyak berlebih.

Kesepuluh, mencegah demensia dan alzheimer.
Bawang putih mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas serta menurunkan resiko terkena demensia dan alzheimer. Manfaat bawang putih dalam mencegah demensia dan alzheimer dikarenakan kemampuannya dalam mencegah penurunan kognitif dengan melindungi sel saraf. Namun hasil kemampuan bawang putih dalam mencegah demensia dan alzheimer, masih perlu studi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *