Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur selain bawang putih yang ditambahkan ke dalam masakan untuk menambah aroma dan cita rasa. Dan ternyata tak hanya bawang putih saja yang berkhasiat bagi kesehatan. Manfaat bawang merah pun sangat melimpah karena mengandung vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Kandungan vitamin dan nutrisinya lebih bermanfaat jika dikonsumsi saat mentah saja. Karena apabila sudah dimasak vitamin dan nutrisinya akan berkurang bahkan hilang. Untuk mengetahui apa saja manfaat dari bawang merah ini baca sampai habis ya.

Pertama, mengendalikan kadar gula darah.
Bawang merah mentah ternyata memiliki manfaat dalam mengendalikan kadar gula darah. Manfaat bawang merah dalam mengontrol gula darah berasal dari senyawa sulfur dan quercetin yang memiliki efek antidiabetes. Sebuah studi menunjukkan bahwa dengan memakan 100 gram bawang merah segar dapat mengurangi kadar gula darah. Beberapa penelitian juga menunjukkan manfaat bawang merah mentah yang meningkatkan produksi insulin dan membantu proses glikolisis pada penderita diabetes yang menyebabkan penurunan kadar gula darah.

Kedua, mencegah kanker.
Salah satu manfaat bawang merah adalah dapat mengurangi resiko terkena kanker. Bawang merah mengandung zat yang disebut dengan quercetin. Antioksidan seperti quercetin yang terdapat dalam bawang merah berperan penting dalam melawan efek radikal bebas berbahaya dalam tubuh, sehingga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Ketiga, baik untuk jantung.
Manfaat bawang merah mentah selanjutnya yaitu dapat membuka arteri yang tertutup dan mengontrol tekanan darah tinggi. Bawang merah juga memiliki berbagai senyawa yang dapat melawan infeksi serta menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, kandungan quercetin dalam bawang merah mampu membantu mengurangi kemungkinan penggumpalan darah serta berbagai faktor resiko penyakit jantung.

Keempat, memperkuat sistem kekebalan tubuh.
Khasiat bawang merah mentah juga memiliki efek antioksidan yang membantu melawan penyakit dan infeksi umum. Kandungan protein dan peptida dalam bawang merah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan polifenol yang terdapat dalam bawang merah mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Kelima, menurunkan tekanan darah.
Manfaat bawang merah selanjutnya adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini karena kandungan quercetin yang terdapat dalam bawang merah memang cukup tinggi sehingga mampu menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Keenam, mengendalikan kadar kolesterol.
Bawang merah ternyata bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kandungan sulfur asam amino dan methylallyl sulfida dalam bawang merah bermanfaat mengurangi level kolesterol jahat. Selain itu, para ahli percaya penurunan kolesterol yang terjadi ini diakibatkan oleh kandungan zat antioksidan serta zat bioaktif lainnya yang terdapat dalam bawang merah tersebut. Sehingga dapat menurunkan jumlah lemak total dalam tubuh secara langsung. Nah bagi kamu yang mengalami kolesterol mulailah mengonsumsi bawang merah mentah ini.

Ketujuh, baik untuk pencernaan.
Manfaat bawang merah dapat menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini dikarenakan kandungan prebiotik dan serat di dalamnya. Bawang merah yang mengandung serat dapat menghilangkan racun dan kotoran keras yang melekat di usus sehingga dapat melancarkan pencernaan.

Kedelapan, baik untuk tulang.
Ternyata tidak hanya produk susu saja yang bisa meningkatkan kepadatan tulang. Kamu juga bisa meningkatkan kepadatan tulang dengan mengonsumsi bawang merah. Dengan mengonsumsi bawang merah ditemukan dapat mengurangi resiko patah tulang pinggul sebanyak 20% pada wanita berusia lanjut. Mereka yang mengonsumsi bawang merah sehari sekali atau lebih, memiliki kepadatan tulang yang 5% lebih besar daripada yang tidak mengonsumsinya. Selain itu, bawang merah juga dapat membantu mencegah osteoporosis dan meningkatkan kesehatan gigi.

Sembilan, melegakan tenggorokan.
Manfaat bawang merah lainnya yaitu dapat mengobati tenggorokan yang sakit. Bawang merah segar yang dijus dapat melegakan tenggorokan akibat terserang batuk dan pilek. Untuk memberi tambahan rasa dapat memberikan gula jawa atau madu ke dalam jus bawang tersebut.

Kesepuluh, baik untuk otak.
Salah satu alasan manfaat bawang merah dapat meningkatkan kesehatan otak adalah kandungan folat di dalamnya. Ini adalah salah satu dari delapan vitamin B yang dapat meningkatkan fungsi otak dengan berkontribusi pada kesehatan mental serta emosional. Folat juga melindungi DNA dan RNA tubuh kamu. Manfaat bawang merah mentah lainnya adalah zat besi yang sangat penting untuk fungsi otak. Sifat-sifat anti radang dari bawang merah juga dapat membantu mencegah alzheimer yaitu kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *