Disini saya akan share tips-tips sakti supaya dagangan kamu itu laris keras. Saya yakin tips ini praktis, khususnya saat ini, kondisi PPKM, atau pandemi yang belum usai, saya mengajarkan kepada anda itu supaya anda itu harus punya penghasilan sampingan di luar gaji. Dan ini juga tips yang bagus untuk orang yang sedang mencari lowongan pekerjaan tapi belum diterima.

Pertama, cari kebutuhan customer. Jadi saat ini customer itu paling butuhnya itu apa. Contoh di saat pandemi itu yang paling laris adalah di bidang kesehatan. Jadi anda jangan jual barang-barang yang sifatnya ga ada hubungan dengan pandemi. Jadi yang ada hubungannya dengan pandemi ya cari barangnya. Kebutuhan customer itu apa. Bukan kebutuhanku loh ya, tapi cari apa yang customer paling butuhkan. Kalau misalkan musim hujan ya jangan jualan es. Jualan yang hangat-hangat. Kalau cuaca panas ya baru jualan es. Anda harus putar otak untuk mencari apa yang paling customer butuhkan.

Kedua, kalian paham keinginan customer. Kebutuhan dan keinginan itu sangat jauh berbeda ya. Saya butuh hp, beli hp yang murah seadanya juga bisa. Saya ingin hp iphone pro max 12, nah itu kan udah lain lagi. Misalkan anda bisa menyediakan produk yang customer mau. Contohnya anda butuh plastik, butuh botol juga, botolnya bisa saya print logo perusahaan kamu loh. Nah orang kan senang. Oh iya ya saya bisa custom, pikir mereka. Misalkan order 100 pcs saya bikin free customnya. Anda bisa direct pada keinginan konsumen. Itu sesuatu yang luar biasa ya. Niscaya keinginan customer akan terpenuhi. Jadi anda spesifikasi langsung kepada nitch nya.

Ketiga, urgency customer. Jadi anda membuat mereka menyesal jika tidak membelinya sekarang, contohnya adalah harga akan naik besok. Promo akan berakhir besok. Dengan demikian, maka customer itu akan merasa mendesak. Misalkan jam 10 sampai jam 14 maka akan ada diskon khusus 10%. Jadi anda mengarahkan untuk mereka membeli dalam harga yang lebih terjangkau. Misalkan beli hari ini free ongkir.

Keempat, sumber daya customer. Cari tau dulu para customer anda itu akan tau berapa harga yang tepat untuk menjual custom anda. Customer base, basis customer. Ketika anda mempunyai basis konsumen, basis pelanggan itu, dari situlah konsumen itu akan mempunyai tujuan konsumen anda yang mau anda tuju itu ada dimana, jadi anda sudah tau sumber daya konsumen itu yang harus anda tepati itu seperti apa. Dari situlah kita tau apa yang paling tepat untuk konsumen anda. Contohnya customer anda sudah pernah order produk sama anda, jangan sampai hilang datanya. Data tersebut anda bisa follow up lagi, mentarik kembali konsumen-konsumen anda, sehingga menjadi satu customer. Sehingga kalau ada promo baru, info baru, anda akan mendapatkan konsumen.

Semoga bermanfaat

Image Designed by rawpixel.com / Freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *