Vaksin ini dibuat dengan menggabungkan genetik virus penyebab covid-19 berupa protein Spike dan virus flu yang tidak berbahaya sebagai media pembawa kode genetik. Karena itu vaksin ini disebut vaksin Viral Vektor Rekombinan. Selama proses produksi, vaksin ini tidak bersentuhan dengan produk turunan manusia atau hewani. Vaksin covid-19 yang beredar di Indonesia telah mendapat izin BPOM untuk memastikan bahwa vaksin tersebut memenuhi standar kualitas dan keamanan.
Ketika vaksin covid-19 disuntikkan ke dalam tubuh manusia, vaksin memperkuat sistem imun dengan membentuk suatu memori untuk melawan virus yang menyebabkan covid-19.
Jika orang yang telah divaksin terpapar virus covid-19, maka sistem imun akan mengenali virus dan merespons lebih cepat dan menetralkan virus yang masuk ke dalam tubuh.

Dengan vaksin, tubuh akan memiliki perlindungan lebih agar tidak jatuh sakit, atau menderita sakit yang parah akibat virus covid-19. Untuk mengetahui informasi seputar covid-19, dan melaporkan mengenai efek samping pascavaksinasi, hubungi kontak online vaksinasi kementrian kesehatan di nomor 119 ext 9.
Ayo sukseskan vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan. Tetap memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, dan mengikuti protokol kesehatan lainnya.
Lindungi diri, lindungi negeri.

Image created by freepik – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *