Saya ingin bercerita mengenai kehidupan finansial seseorang ya sebelumnya. Dia berasal dari keluarga yang kurang mampu atau orang tuanya bukan orang kaya. Sehingga orang tuanya sendiri juga mengelola keuangannya juga amburadul. Terus dia bertanya, maka dia belajar dari youtube-youtube dan artikel-artikel supaya memperbaiki keadaan finansialnya. Tapi kenapa masih tetep miskin ya?
Nah berikut ada kebiasaan-kebiasaan yang membuat kamu tetap miskin yang ga kamu sadari.

Pertama, kamu salah pilih guru. Jadi kamu itu salah pilih nasihat. Kamu tidak mempelajari background guru tersebut. Latar belakangnya apa, kamu ga googling dulu dia itu siapa, dll. Atau kamu yang keliru menafsirkan nasihat orang tersebut. Karena kurangnya pengalaman.

Kedua, bermindset ingin cepat kaya dan berakhir dengan gaming. Kamu trading, kalau trading kan bisa dibuat untuk gaming. Crypto juga bisa dibuat gaming. Future atau forex juga bisa dibuat gaming. Singkat cerita pengennya kaya raya karena ga tahan banyak orang pamer kekayaan di youtube. Akhirnya dengan mental ga kuat, dia mendapatkan nasihat dari orang-orang yang salah. Akhirnya bukannya belajar terus menerus, dia berhenti, dan dia tetap miskin.

Ketiga, tidak pernah mengerti cashflow keuanganmu sendiri. Maksudnya cashflow itu apa? Maksudnya kamu ga bisa memisahkan mana uang untuk modal kerja, mana untuk angsuran, mana untuk kebutuhan sehari-hari. Jadi keuanganmu itu ga terpisah dengan jelas. Campuraduk menjadi satu keuangannya. Sehingga berapapun uang yang kamu hasilkan, pasti habis terus. Kamu tidak mengerti cara mengelola cashflow dengan benar.

Keempat, hanya punya satu sumber penghasilan. Kalau kamu hanya punya satu sumber penghasilan dan satu sumber penghasilan ini menopang semuanya, dan ketika kamu sedikit salah melangkah, mungkin contohnya kamu investasi dengan uang yang tidak dingin, habislah satu sumber penghasilan ini. Kamu ga punya pemasukan dari berbagai sektor. Orang yang sukses itu income nya ga cuma dari satu sumber penghasilan. Sehingga itu bisa menopang hidupnya.

Maka saran saya, jika kamu seorang karyawan atau siapapun itu, kamu punya penghasilan tetap itu harus disyukuri. Karena hidupmu jauh lebih baik dibandingkan orang yang tidak punya penghasilan ataupun pendapatan tetap. Tetapi meskipun kamu punya satu sumber penghasilan, tapi kamu tetap harus tau cara mengelola keuangan yang baik ya.

Kelima, sudahi membuang waktu dan uangmu untuk hiburan terus menerus. Party terus, ke kafe terus, nongkrong terus, sehingga kamu ga punya kesempatan untuk menabung.

Background photo created by denamorado – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *