Halo semuanya, apa kalian sudah mengenal tahapan kebebasan finansial? Selain pendapatan aktif, untuk mencapai kebebasan finansial, kalian juga sebaiknya memerlukan pendapatan pasif. Dimana uang bekerja untuk kalian. Dalam kesempatan kali ini ada ide-ide yang akan saya bagikan untuk kalian agar mendapatkan pendapatan pasif.
Apa bedanya pendapatan pasif dengan pendapatan aktif? Ciri-ciri pendapatan aktif adalah kalian tidak akan mendapatkan uang jika kalian tidak aktif bekerja. Kalian tidak akan mendapatkan gaji jika tidak pergi ke kantor, kalian tidak akan dapat komisi jika tidak mendapatkan klien, kalian tidak mendapatkan untung jika tidak buka lapak, atau kalian tidak mendapatkan uang kalau berhenti buka praktek.
Namun pendapatan pasif adalah sebaliknya. Kalian cukup bekerja sekali dan mendapatkan hasilnya berkali-kali. Berikut ide pendapatan pasif yang bisa kalian kerjakan.

Pertama, pendapatan dari bunga.
Jenis pendapatan pasif ini paling banyak diambil oleh orang-orang dengan resiko konservatif atau tidak agresif. Karena resikonya juga sangat kecil. Kalian bisa meletakkan uang di bank dalam bentuk tabungan, deposito, reksadana, atau obligasi dan mendapatkan keuntungannya tanpa perlu bekerja.

Kedua, investasi emas murni.
Investasi emas murni juga cukup aman. Resiko penurunan harganya juga cukup kecil bahkan saat krisis. Emas juga relatif lebih mudah untuk dijual kembali. Selain emas batangan, saat ini juga sudah ada tabungan emas digital. Jadi kalian tidak perlu lagi pusing mau menyimpan emas kalian dimana. Kalian bisa mulai mencicil tabungan emas kalian di tokopedia misalnya dengan modal awal 5 ribu rupiah.

Ketiga, dividen dari saham.
Jika kalian memiliki saham, kalian menjadi salah satu pemilik perusahaan. Selain harga saham kalian juga bisa naik, kalian juga bisa mendapatkan pembagian keuntungan perusahaan secara berkala.

Keempat, pendapatan dari aset.
Kalian punya motor atau mobil nganggur? Kenapa tidak disewakan sebagai gojek atau grab yang membutuhkan kendaraan? Kalian juga bisa menyewakan PS5 kalian ke anak tetangga misalkan. Atau memasang akses wifi berbayar kepada tetangga.

Kelima, pendapatan dari properti.
Kalian bisa mendapatkan keuntungan pasif dari aset properti kalian yang nganggur. Kalian bisa meletakkan iklannya di OLX untuk memasarkan rumah, apartemen atau ruko kalian sehingga menghasilkan sewa setiap bulannya. Kalian bisa juga bekerjasama dengan airbnb.com atau travelio untuk mencarikan penyewa. Travelio misalnya akan meminta komisi tertentu agar kalian tidak pusing-pusing mencari penyewa. Jika aset kalian berupa tanah, kalian bisa menyewakannya untuk perkebunan kepada warga atau menyewakan tanah sebagai lahan parkir, atau bisa juga untuk gudang kontainer. Daripada tanah kalian menjadi sarang ular atau diserobot hewan orang lain, lebih baik dijadikan sumber pendapatan pasif.

Keenam, investasikan ke orang lain.
Kalian bisa berinvestasi kepada usaha teman, dan mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu tertentu. Kalian juga bisa bergabung dalam peer to peer lending atau fintech lending. Kalian meminjamkan uang dalam jangka waktu tertentu dan mendapatkan persentase keuntungan dari uang yang kalian pinjamkan. Contoh peer to peer lending misalkan amartha atau koinworks. Namun kalian harus perhatikan, meskipun keuntungannya cukup besar, jenis investasi seperti ini cukup beresiko. Jadi lebih cocok untuk kalian dengan profil resiko agresif.

Ketujuh, bisnis yang berjalan otomatis.
Kalian bisa meletakkan uang kalian pada bisnis frenchise yang sudah ternama dan menjual kebutuhan primer. Contohnya adalah Indomaret atau Alfamart. Dengan ini kalian bisa mendapatkan uang tanpa harus repot menjalankan frenchise itu sendiri.

Kedelapan, multilevel marketing.
Meskipun masih cukup kontroversial, MLM jika dikelola dengan baik pada akhirnya bisa menjadi pendapatan pasif kalian.

Jenis pendapatan investasi yang tadi mungkin memerlukan uang yang cukup banyak di awal. Nah buat kalian yang tidak punya dana besar, berikut jenis pendapatan pasif yang bisa kalian coba.

Kesembilan, menjadi youtuber.
Bahkan orang biasapun bisa menjadi youtuber. Asalkan kepribadian kalian menarik, atau punya sesuatu yang menarik untuk dinikmati oleh banyak orang, kalian pasti bisa mendapatkan pendapatan pasif dari youtube. Syarat untuk dimonetisasi adalah 1000 subscribers dan 4000 jam tayang. Setelah dimonetisasi, kalian akan bisa mendapatkan iklan dari video-video kalian dan mulai mendapatkan penghasilan secara terus menerus bahkan jika kalian tidak membuat video lagi. Tentu saja video kalian harus orisinil atau karya sendiri. Jadi kalian bisa mendapatkan penghasilan penuh untuk diri sendiri.

Kesepuluh, royalti.
Kalian pasti punya bakat atau sesuatu yang bisa dijual. Jika kalian pandai menulis, kalian bisa menulis buku di penerbit. Contohnya Gramedia. Misalkan cerita romansa, bisa buku mengenai keahlian kalian, atau bisa juga cerita mengenai hidup kalian. Kalian bisa menjual e-book dan memasarkannya di olx misalkan atau di website kalian sendiri. Jika kalian pintar dalam musik, kalian juga bisa menjual musik di spotify atau itune dan mendapatkan uang dari royalti musik kalian. Jika kalian suka photography, kalian bisa menjual foto-foto terbaik kalian di shutterstock misalkan dan mendapatkan uang setiap kali ada orang yang membeli foto kalian.

Kesebelas, fitur berlangganan.
Jika kalian memiliki situs blog, website atau youtube yang cukup ramai, kalian bisa mengaktifkan fitur berlangganan berbayar untuk member premium yang akan mendapatkan konten khusus yang tidak bisa diakses orang yang tidak membayar. Dengan ini kalian mendapatkan uang tambahan pada setiap member yang mendaftar.

Keduabelas, afiliasi.
Selebgram ataupun youtuber yang cukup ternama sering mendapatkan penghasilan dari produk-produk yang memakai jasa mereka atau yang dikenal dengan endorsement. Marketplace seperti Amazon atau Shopee di Indonesia atau Lazada malah mempunyai program afiliasi. Yang akan membayar kalian yang mau memasang produk-produk mereka.

Nah teman-teman itu adalah beberapa ide untuk mendapatkan penghasilan pasif, yang bisa kalian coba. Satu yang pasti, uang tidak jatuh dari langit saat kalian tidur-tiduran. Bahkan untuk mendapatkan pendapatan pasif, kalian harus melakukan sesuatu di awal sampai bisa menghasilkan mesin uang di kemudian hari. Kecuali orang tua kalian memberikan warisan atau kalian menikahi pasangan yang sudah bebas finansial, atau kalian menang lotre, kalian mungkin bisa leyeh-leyeh hehe. Jika tidak, maka mulailah merintis pendapatan pasif kalian hari ini juga. Pastikan juga kalian berinvestasi pada bidang yang kalian pahami. Dan pastikan faktor resiko investasi kalian cocok dengan karakter kalian sendiri. Semoga kalian bisa segera mendapatkan pendapatan pasif dan bebas finansial.

Background vector created by freepik – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *