Banyak sekali orang-orang yang ingin menjadi kaya raya. Tapi ga sedikit juga yang terkadang tergiur menjadi kayanya ingin secara instan. Itu artinya apa? Orang-orang tersebut pengennya cepet kaya tapi tidak mau melewati setiap prosesnya. Padahal, perlu kamu ketahui, kekayaan yang baik itu harus dibangun juga dengan baik agar lebih langgeng.

Formula yang pertama adalah menambah penghasilan.
Di jaman sekarang, berhemat saja tidak cukup loh. Kamu harus menambah penghasilan kamu juga! Jangan bergantung kepada satu sumber penghasilan dan akhirnya kamu menyiksa dirimu sendiri dengan berhemat yang berlebihan. Alih-alih punya uang lebih, kamu akan semakin tertekan dengan keadaan dan pada akhirnya malah jadi malas berinvestasi.

Formula yang kedua adalah saving now, shop later.
Sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan uang kamu untuk membeli sesuatu, hal yang harus kamu lakukan pertama adalah menabung dulu. Warren Buffet pernah berkata : Jangan menabung dari sisa uang belanja kamu, tapi belanjalah dari uang sisa setelah ditabung.
Jadi intinya, sebelum kamu menggunakan uangmu untuk membeli sesuatu lebih baik dipikirkan lagi deh apakah barang tersebut benar-benar kamu butuh atau kamu hanya membuang-buang uang yang sudah susah payah kamu dapatkan.

Formula yang ketiga adalah menambah networking.
Bergaulah dengan orang yang lebih sukses dari kamu, niscaya kesuksesan itu akan menghampiri kamu. Bukan berarti cuma bergaul doang terus nyantai-nyantai ya. Maksud disini adalah, ketika kamu bergaul dengan orang yang lebih sukses dari kamu, pola pikir mereka, mindset mereka, kebiasaan-kebiasaan mereka itu akan mempengaruhi juga mindset, pola pikir dan kebiasaan kamu. Kalau kamu sudah mempunyai pola pikir, mindset dan kebiasaan orang-orang sukses, gimana kamu ga jadi sukses juga ya kan? Maka bergaulah dengan orang yang lebih baik dari kamu, lebih sukses dari kamu. Pelajari apa sih yang mereka lakukan, cara berpikir nya bagaimana sih, dll.

Formula yang keempat adalah berinvestasi.
Ketika kamu sudah memiliki pemasukan yang mumpuni, jangan lupa kamu harus menginvestasikan penghasilan tersebut. Percuma kan gaji gede, pemasukan gede tapi kamu ga melek sama investasi? Masih mending yang bergaji kecil namun rutin investasi loh dibandingkan seseorang dengan gaji besar tapi sama sekali ga paham sama investasi.
Investasi bisa menjadi sumber passive income kamu di kemudian hari. Investasi juga merupakan kendaraan yang bisa mengantarkan kamu menuju tujuan keuangan kamu. Namun perlu digarisbawahi ya, investasi itu beresiko. Jadi sebelum kamu terjun ke dunia investasi kamu harus mempelajari dulu resiko-resiko nya. Jangan sampai salah berinvetasi ya apalagi masuk investasi bodong huhuhu, bukannya untung malah buntung.

Background vector created by freepik – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *