Kita sudah biasa menjadi orang yang rata-rata (biasa saja). Padahal apakah anda tau bahwa sukses itu dibangun dari sebuah kebiasaan. Gagal juga dibangun dari sebuah kebiasaan. Masalahnya banyak orang tidak tau bahwa kebiasaan ini bisa membangun dan juga bisa merusak. Maka orang sukses sangat paham kebiasaan itu sangat penting. Karena sukses itu bukan dibangun dalam sekejap, tapi kesuksesan itu dibangun setiap hari. Nah setiap hari itu berbicara soal kebiasaan. Berikut saya sudah rangkum ada kebiasaan-kebiasaan yang bisa menjadikan anda orang biasa-biasa namun bisa menjadi orang yang hebat dan luar biasa.

Pertama, mulai dari sekarang itu anda harus refleksi diri setiap hari.
Banyak orang yang tidak pernah evaluasi diri. Setiap hari apakah saya sudah berbicara hal yang positif, atau setiap hari saya berbicara hal yang negatif. Kalau setiap hari anda ada refleksi diri, niscaya anda akan menjadi orang yang lebih baik setiap harinya. Kalau hari ini saya lebih banyak kata-kata yang melukai orang, maka hari ini saya mengalami kemunduran. Tapi sebaliknya jika hari ini saya lebih banyak kata-kata yang memuji orang lain, menghargai orang lain, maka saya mengalami kemajuan setiap harinya. Jadi refleksi diri itu sangat penting. Dengan demikian niscaya anda akan menjadi orang yang di atas rata-rata.

Kedua, membaca 1 bab setiap buku setiap hari.
Jadi tidak perlu anda habiskan sehari 1 buku beratus-ratus halaman. Itu tidak perlu. Tapi anda membaca 1 bab konsisten setiap hari dan terus komitmen 1 bab setiap hari. 1 bab itu kurang lebih sekitar 15 menit saja. Tidak harus menghabiskan waktu berjam-jam itu tidak kok. Karena buat apa setelah anda membaca sampai habis, besoknya anda tidak membaca lagi. Atau minggu depannya anda tidak baca lagi. Tapi anda cukup membaca 15 menit atau 1 bab setiap harinya. Dengan demikian anda konsisten. Niscaya anda akan memiliki suatu kebiasaan yang positif. Kebiasaan ini tidak mudah diganggu gugat. Hanya dengan 15 menit setiap harinya anda membaca, niscaya anda akan terbangun terus sikap positifnya. Dan anda akan menjadi orang yang luar biasa.

Ketiga, terlalu banyak membaca berita yang tidak pentiing / negatif.
Anda membaca berita gosip, politik yang mumet misalkan. Berita sekarang itu banyak sekali media-media yang tidak jelas, yang penting berita itu viral, peminatnya banyak, dan itu sekali lagi buat kepentingan si pemilik media, tetapi sebenarnya tidak membangun diri anda. Anda tidak banyak mendapatkan manfaat yang positif. Justru anda menjadi orang yang sensitif. Anda terpancing emosinya. Kurangilah ya. Apalagi setiap malam. Pada malam hari itu adalah berita yang paling cepet masuk ke pikiran alam bawah sadar. Sebaiknya anda membaca hal-hal yang positif.

Kemmpat, membuat goal harian setiap hari.
Jadi anda harus membuat goal setiap hari. Cara membuat goal besar adalah anda bisa kunci dengan membuat goal setiap hari. Goal setiap hari itu anda lakukan konsisten setiap harinya. Dengan anda konsisten, niscaya goal sebesar apapun akan anda capai.

Kelima, berkomunitas dengan lingkungan yang sevisi.
Jadi anda membangun atau bergabung dengan komunitas yang sevisi. Dengan demikian maka anda akan saling menguatkan kalau anda punya komunitas yang sevisi. Bukan saling menjatuhkan. Kalau anda punya teman-teman atau lingkungan yang tidak sevisi, niscaya lingkungan anda akan menjatuhkan anda. Akan melemahkan anda. Tapi kalau lingkungan anda menguatkan anda, meyakinkan anda, saya percaya lingkungan anda itu akan saling mendukung anda dan membuat impian anda akan menjadi semakin baik.

Background photo created by denamorado – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *