Bagi kamu yang terjun di dunia saham dan status saat ini adalah seorang trader, kamu harus tau nih realita yang sebenarnya.

Pertama, tidak semua saham mengikuti pergerakan IHSG
IHSG hijau belum tentu portofolio saham kamu juga hijau, bisa jadi malah merah dan begitupula sebaliknya. Inilah pentingnya diversifikasi ke berbagai sektor ya, jadi kalau salah satu merah pasti salah satunya lagi ada yang hijau.

Kedua, cutloss.
Kalau ngedenger kata cutloss itu definisi nya pasti kan rugi ya. Eits tapi ga juga loh. Kalau kamu cutloss misalkan 2 saham yang masing-masing loss nya 5%, kemudian ada 1 saham yang memberikan untuk 20% kan jadi ga rugi.. Hehehe.. Inilah kenapa penting lagi diperingatkan bahwa diversifikasi itu penting ya teman-teman.

Ketiga, bandar.
Semua orang yang masuk ke dunia saham pasti kenal deh ada bandar yang suka bermain harga di balik layar. Seseorang atau institusi yang mempunyai dana besar yang bisa menaik turunkan harga saham tersebut. Kalian harus berhati-hati ya terhadap bandar ini.

Keempat, emosi.
Penting banget untuk menjaga emosi kamu saat berinvestasi di dunia pasar modal. Jangan cepet panasan, emosian, turun dikit kesel dan berapi-api hehe kalau kaya gitu justru akan memperburuk kinerja kalian. Lebih baik sebelum terjun ke dunia pasar modal, kalian matangkan dulu deh kondisi emosi kalian terlebih dahulu.

Kelima, uang.
Tidak dipungkiri ya bahwa investasi di dunia pasar modal itu memerlukan uang. Bahkan untuk untung besar dibutuhkan dana yang tidak sedikit juga. Jangan dipikir beli sedikit untung besar ya hehehe itu sih ke dukun aja mendingan wkwkwk becanda.
Kalau kamu pengen cuan gede, maka modalmu juga harus gede, tapi usahakan start small aja dulu sebagai latihan.

Nah mungkin itu aja beberapa realitanya, ada yang mau menambahkan?

Background photo created by denamorado – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *