Apa kalian pernah dengar yang namanya IHSG? Kalau yang berminat investasi di saham biasanya sering denger, tapi kamu tau ga sih IHSG itu apa? IHSG atau indeks harga saham gabungan adalah salah satu indikator pergerakan harga seluruh saham yang tercatat di bursa efek Indonesia (BEI). Artinya IHSG juga menjadi indikator kinerja pasar modal Indonesia. Singkatnya, jika IHSG sedang naik berarti harga saham secara umum di bursa efek tersebut juga sedang naik atau sedang meningkat.

IHSG Indonesia telah memperlihatkan return atau keuntungan yang besar selama 10 tahun terakhir dibandingkan dengan indeks berbagai saham di negara lain di dunia ini. Hal ini membuktikan kalau kinerja pasar saham Indonesia adalah salah satu pilihan terbaik untuk investasi jangka panjang. Coba bayangkan keuntungannya. Dalam 10 tahun terakhir, 58,75% dari 674 saham kinerjanya naik. Dengan 224 saham memiliki kenaikan di atas 10% per tahun. Bahkan 67 saham diantaranya memiliki kenaikan harga di atas 40%.

Compound annual growth rate atau laju majemuk tahunan IHSG juga menunjukkan kenaikan sebesar 8,5% per tahun. Sayang banget kan kalau kita ga punya saham sebagai tabungan kita? Tapi ingat ya, investasi saham itu bakal untung maksimal kalau disimpan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Kalau jangka pendek, ada resiko naik turunnya harga saham yang sifatnya temporer. Jadi harus sabar ya. Kalau modalnya pas-pasan gimana? Tenang aja teman-teman, asalkan rutin membeli saham setiap bulan dengan dana seadanya pun kamu bisa tetap mendapatkan keuntungan yang optimal.

Ada keajaiban yang namanya compound interest atau bunga bergerak. Seperti efek bola salju yang menggunung, tabungan kita akan semakin besar, besar dan besar. Nabung saham di jaman sekarang gampang banget kok. Kamu tinggal dateng ke perusahaan sekuritas terdekat atau masuk ke website nya untuk membuka rekening saham. Udah ga ada alasan lagi dong buat ga nabung saham? Tunggu apalagi, yu nabung saham sekarang.
Jangan lupa bagikan ke yang masih kuper sama nabung saham ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *