Bill Gates adalah salah satu orang terkaya di dunia. Dia mengembangkan dunia perkomputeran. Di kesempatan kali ini saya mau bahas tips sukses Bill Gates yang bisa kita ikuti.

Tips yang pertama adalah menyukai apa yang kamu lakukan. Bill Gates sangat suka untuk menyelesaikan masalah-masalah baru khususnya terkait program komputer. Bill Gates sangat fokus mengembangkan apa yang ia kerjakan. Saking fokusnya terhadap apa yang dia kerjakan, menjadikan ia orang yang kreatif dan lebih menonjol dibandingkan orang lain yang menyukai banyak hal sekaligus. Melakukan sesuatu yang kalian sukai dan fokuslah pada hal itu.

Tips yang kedua adalah selalu bersemangat dalam mencapai mimpi. Bill Gates adalah mahasiswa Harvard, namun ia memutuskan untuk berhenti dan memulai bisnisnya. Pada awalnya keputusan untuk berhenti kuliah dan memulai bisnis itu sangat menakutkan untuknya. Tapi dengan kepercayaan diri yang tinggi, Bill Gates tidak berhenti mendekatkan diri ke client-client yang prospektif. Meskipun awalnya disepelekan, client-client ini pada akhirnya merasakan betapa bersemangatnya Bill Gates. Merekapun akhirnya menyadari kalau Bill Gates memang mengerti tentang bisnis, Bill Gates memang tahu banyak dan memang ahli di bidangnya itu. Semangat menggebu-gebu dari Bill Gates inilah yang pada akhirnya membuat semua orang tau, bahwa produk yang ditawarkan Bill Gates adalah produk yang sangat bagus dan sangat menjanjikan.

Tips yang ketiga adalah tidak menunda-nunda pekerjaan. Bill Gates itu sama seperti kita dan sebagian besar mahasiswa lainnya yang sering menunda-nunda tugas kuliah. Bill Gates menunggu sampai detik-detik terakhir untuk mengerjakan tugas Harvard nya. Kenyataannya dalam bisnis, semakin kita menunda-nunda, peluang dan kesempatan akan semakin hilang. Perlu waktu bertahun-tahun sampai Bill Gates bisa menghilangkan kebiasaan menunda-nunda. Sekarang sebagai pebisnis sukses, Bill Gates selalu berusaha menyelesaikan segala urusan bisnis nya tepat waktu.

Tips yang keempat adalah bekerjakeras. Bill Gates tidak pernah membuang-buang waktunya. Setiap waktunya sangat berharga dan selalu dimanfaatkannya untuk bekerja dan menjalin relasi. Bill Gates bekerja sampai larut malam dan bahkan bekerja di akhir minggu. Meskipun begitu, ia selalu berusaha untuk meluangkan waktu misalnya beberapa minggu untuk setahun hanya khusus untuk membaca dan berpikir tentang masa depannya dan masa depan bisnisnya. Dan pada saat ia melakukan hal ini, ia tidak mau diganggu oleh pekerjaannya sama sekali.

Tips yang kelima adalah berorientasi pada masa depan. Bill Gates telah memperhitungkan bahwa microsoft buatannya akan sangat bermanfaat di masa depan. Aplikasi seperti word, excel dan power point terbukti sangat efektif dan banyak diadopsi oleh perusahaan lain. Kemampuan Bill Gates dalam memprediksi apa yang dibutuhkan di masa depan memastikan kesuksesannya seperti sekarang ini.

Tips yang keenam adalah mau meminta nasihat. Bill Gates selalu meminta nasihat dari orang lain terutama orang-orang terdekatnya. Ia ingin orang-orang lain di sekitarnya menilai apakah ia terlalu berlebihan dalam menilai situasi. Bill Gates selalu bersedia menerima koreksi dan juga masukkan dari orang-orang terdekatnya. Seringkali kesibukan membuatnya disibukkan oleh banyak hal. Orang-orang kepercayaannya membantunya melihat hal-hal di dalam blindspot nya. Menurut Bill Gates, memiliki beberapa orang brilian yang bisa diandalkan adalah suatu keuntungan yang sangat luar biasa.

Tips yang ketujuh adalah memilih mitra yang baik. Memilih mitra kerja yang tepat sangatlah penting. Bill Gates menginginkan orang-orang yang bisa dipercaya, orang-orang yang berkomitmen tinggi, dan orang-orang yang memiliki visi dan misi yang sama dengannya. Orang-orang ini sebaiknya punya keterampilan yang berbeda dengannya agar mereka bisa saling melengkapi. Bill Gates juga mengharapkan orang-orang kepercayaannya ini mau dan mampu mengkoreksinya agar ia dapat mendapatkan kesuksesan maksimal yang ia impikan. Selain itu juga memiliki kemampuan interpersonal yang baik seperti selera humor yang tinggi, kemampuan negosiasi, dan kemampuan berkomunikasi yang baik juga sangat mendukung kesuksesan.

Jangan lupa sebarkan ke yang lainnya ya.

Background vector created by freepik – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *