Halo semuanya, Jack Ma pernah ditolak masuk Harvard 10x. Saat bekerja juga dia ditolak sampai 30x lamaran. Saat KFC masuk ke China pertama kalinya, ia menjadi salah satu dari 24 orang yang melamar pekerjaan di KFC. 23 orang lainnya diterima, hanya dia yang ditolak. Sekarang Jack Ma adalah salah satu orang terkaya di China dan bahkan di dunia. Ia adalah pendiri perusahaan e-commerce dan ritel ternama Alibaba.
Kesempatan kali ini ada tips-tips sukses yang dibagikan oleh Jack ma.

Tips pertama yaitu jangan menjadi yang terbaik tapi jadilah yang pertama. Banyak orang menyerah di tengah jalan karena takut tidak bisa menjadi yang terbaik di bidangnya. Banyak orang juga yang bahkan tidak mau mencoba. Karena mereka merasa menjadi yang terbaik itu susah. Jack Ma tidak menunggu sampai ia menjadi yang terbaik untuk memulai bisnisnya. Dia memilih menjadi yang pertama. Semua orang bisa menjadi yang pertama dalam hal apapun. Asalkan orang itu mau mengikuti perkembangan zaman, mau mengikuti perkembangan teknologi terkini, atau mencari tau kebutuhan orang banyak di masa depan. Karena setiap orang itu unik, sehingga menjadi diri sendiri adalah kuncinya.

Tips yang kedua yaitu selalu melihat tantangan sebagai kesempatan. Pada saat masih muda, Jack Ma merasa peluangnya untuk kaya menggunakan internet telah habis diambil oleh Bill Gates. Kesempatannya untuk mengembangkan telepon pintar juga telah habis diambil oleh Steve Jobs. Jack Ma merasa tidak ada lagi yang luar biasa yang tersisa di dunia untuk dia kembangkan. Jack Ma membuktikan sendiri pada akhirnya kalau dia salah. Pada setiap masa akan selalu ada tantangan baru dan juga kesempatan-kesempatan baru. Jack Ma akhirnya berhasil menciptakan Alibaba. Sebuah pasar online global untuk menjawab tantangan di pasar China pada saat itu. Jika kalian bisa memecahkan masalah orang banyak kalian akan makin sukses. Semakin besar masalah yang kalian pecahkan, semakin besar peluang kalian untuk sukses.

Tips yang ketiga yaitu bersiaplah untuk masa depan. Jack Ma lahir di tengah keluarga miskin di timur Hangeul dan tidak pernah mendapatkan pendidikan yang memadai. Jack Ma gagap teknologi dan ia tidak punya relasi yang kaya raya. Saat pertama kali mengenal internet, Jack Ma merasa yakin bahwa internet akan menjadi masa depan dunia. Karena itulah Jack Ma kemudian bersiap dan fokus untuk masa depannya. Saat Jack Ma mengembangkan internet di China, banyak orang mengkritiknya. Jack Ma sendiri menganggap apa yang dilakukan dengan internet seperti peribahasa orang buta yang menunggangi harimau buta. Tapi Jack Ma tetap konsisten dan dia selalu memperbaiki apa-apa yang kurang. Jack Ma percaya bahwa internet memang adalah masa depan. Dia percaya bahwa jika bukan dia yang memulai, maka akan ada orang lain yang akan lebih sukses dulu melakukan yang sama. Dan dia akan ketinggalan lagi. Pada saat menciptakan alipay juga orang lain menyebutnya gila dan bodoh. Tapi Jack Ma tau bahwa alipay akan menyelesaikan banyak permasalahan orang. Terutama permasalahan terkait isu kepastian bayar dan isu kepastian antar barang. Jack Ma terus mengembangkan alipay sampai akhirnya berhasil. Dalam setiap review keputusan perusahaan juga Jack Ma selalu melihat 10 tahun ke depan dan bertanya: apakah produk ini akan menyelesaikan masalah sosial berskala besar? Makin besar permasalahan yang diselesaikan maka akan makin sukses produk itu. Pertanyaan kedua apakah produk ini akan sukses dalam 10 tahun? Jika ya maka layak dilakukan. Tapi jika tidak maka lupakan saja.

Tips yang keempat yaitu belajarlah dari kesalahan orang lain. Belajarlah dari kesalahan-kesalahan orang sukses, bukan dari cerita kesuksesannya saja. Saat berjalan menuju kesuksesan kalian akan mengalami masalah-masalah yang telah dialami oleh orang-orang sukses lain. Jika kalian sudah mempelajarinya, maka kalian akan lebih familiar dan kalian akan mampu menghadapi kesalahan-kesalahan itu dengan lebih tenang. Dan mungkin kalian sudah memiliki solusi pada saat masalah itu datang kepada kalian. Perusahaan raksasa bisa besar bukan karena capaian-capaian yang sering dibicarakan orang-orang. Tapi juga karena keberhasilan manajemennya dalam menghadapi hari-hari berat.

Tips yang kelima yaitu efisensi. Terutama dalam perekrutan pegawai, lakukanlah efisiensi. Seringkali organisasi apapun itu merasa kekurangan pegawai. Mungkin kalian berpikir dengan menambah lebih banyak pegawai akan mampu meningkatkan produksi perusahaan. Jack Ma tidak setuju. Jack Ma lebih berfokus pada permasalahan teknologi yang dapat mempermudah pekerjaan manusia. Jack Ma lebih suka memastikan pembagian kerja lebih efisien dan tidak tumpang tindih dan memastikan setiap orang tau dan dapat mengeluarkan kapasitas terbaiknya dalam porsinya masing-masing. Jack Ma berprinsip bahwa sebanyak apapun pegawai yang ditambah, tidak akan pernah cukup jika tidak diiringi dengan efisiensi.

Tips yang keenam yaitu rekrutlah orang-orang yang berpikiran positif. Jack Ma selalu merekrut orang-orang yang berpikiran positif di sekelilingnya. Jack Ma menyadari ia tidak mungkin melakukan semuanya sendiri. Ia membutuhkan orang lain untuk menjadi perpanjangan tangan dan pikiran positifnya kepada seluruh pegawai perusahaan. Jack Ma akan memberikan insentif kepada orang-orangnya bukan hanya dalam bentuk uang tapi juga dalam bentuk respect kepercayaan dan penghargaan. Hal-hal ini jauh lebih penting daripada uang.

Jangan lupa bagikan kepada orang lain ya.

Image Designed by rawpixel.com / Freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *