Halo semuanya, tanpa disadari banyak orang menjadi hedonis dan mengorbankan masa depannya demi kesenangan semu yang sementara. Berapapun gaji yang kalian miliki, tanpa pengaturan keuangan yang disiplin, uang kalian akan tetap habis di akhir bulan. Di artikel ini, ada barang-barang yang kalian bisa tunda beli agar tidak terjebak dalam gaya hidup hedon dan agar kalian juga bisa berhemat.

Pertama, membeli barang-barang mewah hanya untuk gengsi.
Sejak menggunakan iphone pertama kali tahun 2012, saya sangat tergila-gila dengan merk yang satu ini. Dan merk yang satu ini sangat pintar mencuci otak para penggemarnya dengan seri-seri terbaru setiap tahun. Saya membeli ini berusaha agar bisa diterima di kalangan tertentu, tapi kenyataannya, saya berteman dengan teman-teman saya bukan karena iphone melainkan karena kepribadian. Dan kenyataannya saya tidak butuh iphone baru setiap tahun. Pernah ga denger istilah ini : we buy things we dont need, with money we dont have, to impress people we dont like. Kita membeli barang yang tidak kita perlu, dengan uang yang tidak kita punya, untuk membuat terkesan orang-orang yang tidak kita sukai.
Sekarang setiap membeli barang-barang mahal, saya akan bertanya pada diri sendiri : apakah saya membeli ini karena saya memang butuh, atau karena ingin posting di sosial media. Apakah benar saya beli ini untuk diri sendiri atau untuk membuat terkesan orang lain. Dengan cara ini saya mulai bisa menahan diri. Tidak membeli barang-barang yang tidak diperlukan, dan mulai bisa berhemat.

Kedua, barang-barang sale di luar rencana (daftar belanja).
Kalian tidak perlu casing hp yang lebih lucu lagi. Kalian tidak perlu panci presto kalau kalian hanya memasak makanan presto setahun sekali. Kalian tidak perlu kursi lipat hanya karena kursi itu lucu dan sedang diskon 70% serta kursi tersebut limited edition. Para penjual sangat pintar memasarkan dagangannya. Serta menyetir otak kita untuk membeli barang-barang yang tidak kita butuhkan. Rak-rak di toko diatur sedemikian rupa agar kalian membeli barang yang tidak kalian butuhkan. Dan di display diberikan tulisan SALE yang sebesar-besarnya agar kalian belok dan terhipnotis untuk membeli. Belajarlah untuk mengetahui apa yang kalian inginkan, dibandingkan dengan apa yang kalian butuhkan. Jika kalian bisa membedakannya kalian pasti bisa berhemat.

Ketiga, biaya bank dan kartu kredit.
Bank tabungan kalian bank A, gaji kantor ke bank B, kredit rumah ke bank C, yang suka memberikan fasilitas diskon bank D. Dan akhirnya kalian memiliki 4 rekening bank, yang tiap-tiap bank menawarkan fasilitas kartu kredit. Pernah ga kalian perhatikan di rekening koran ada biaya-biaya kecil yang berulang setiap bulan. Biaya admin, biaya tarik atm, biaya ini biaya itu, dengan 4 jumlah rekening biaya-biaya ini akan semakin berlipat. Bunganya juga sangat kecil, dibandingkan dengan laju inflasi bunga bank itu tidak ada apa-apanya. Bagaimanapun memiliki terlalu banyak rekening adalah pemborosan. Demikian juga dengan kartu kredit. Menggunakan kartu kredit untuk usaha sangat bijaksana. Tapi jika digunakan untuk kredit barang-barang mewah yang tidak dibutuhkan, sama saja kalian menggali lubang penderitaan sendiri. Pastikan kalian hanya menggunakan fasilitas kredit untuk membeli aset dan bukan untuk membeli liabilitas.

Keempat, televisi kabel.
Kalian sering menggunakan layanan televisi kabel tapi kalian sering menggunakan sebagian besar waktu kalian di kantor dan di jalanan yang macet. Pemborosan kan? Kapan kalian terakhir kali nonton televisi? Di era yang canggih ini, fasilitas melalui hiburan internet sudah sama baiknya dengan televisi. Jika kalian benar-benar butuh berhemat, pertimbangkan untuk mencari hiburan di youtube atau di internet. Banyak konten-konten bermanfaat.

Kelima, games dan aplikasi.
Mungkin kalian adalah pemain-pemain games yang suka membeli fitur-fitur tambahan dalam games tersebut guna mendukung permainan kalian. Belum lagi berjam-jam yang kalian habiskan untuk bermain games tersebut. Jam-jam yang seharusnya bisa dipergunakan untuk menggali ilmu apapun guna mengupgrade skill, mengembangkan diri dan juga untuk meraih kesuksesan. Dengan mengurangi bermain games secara signifikan kamu akan mulai memiliki jam produktif dan bisa menabung dibandingkan dibelikan fitur-fitur pendukung games.

Keenam, garansi tambahan.
Pernahkah kalian membeli barang elektronik yang sudah punya garansi, tapi penjualnya menawarkan lagi garansi tambahan untuk melindungi produknya dalam waktu yang lebih lama. Saya pribadi tidak pernah membeli garansi tambahan seperti ini. Garansi barangnya sendiri menurut saya sudah cukup panjang. Dan biasanya barang elektronik cepat berganti tipe karena perputarannya sangat cepat. Dengan membayar 500 ribu lebih mahal saja kita sudah bisa beli elektronik yang lebih baik dan lebih tahan lama. Jika dipikir-pikir ketika suatu saat barang yang dibeli rusak servisnya juga mungkin masih lebih murah dibandingkan beli asuransi tambahan itu. Daripada membeli garansi yang tidak dibutuhkan lebih baik uang ini ditabung.

Ketujuh, merokok.
Saya paham bahwa kebiasaan merokok itu sangat susah dihilangkan. Tapi jika sampai berhasil, kalian merupakan calon orang sukses dan kaya. Coba kita andaikan 1 bungkus rokok sehari itu harganya 32 ribu. Dalam seminggu, kalian akan menghabiskan 224 ribu. Dalam sebulan 896 ribu. Dalam setahun 10.752.000. Dalam 10 tahun 107.520.000 WOW KAN.
Dalam 10 tahun sebenarnya kalian bisa membeli rumah kecil di Bogor atau daerah perkotaan pinggiran lainnya. Bayangkan apa yang kalian bisa beli dalam 20 tahun menabung tidak merokok? Seringkali kebiasaan-kebiasaan boros kecil terlihat wajar. Tapi dengan menghilangkannya, kalian akan lebih bisa memahami apa yang kalian inginkan. Dan pada akhirnya akan membantu kalian untuk berhemat.

Apa yang akan mulai untuk hemat sejak hari ini juga? Tulis di kolom komentar ya.
Jangan lupa sebarkan juga ke yang lainnya.

Background photo created by denamorado – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *