Kalau kamu perhatiin, banyak banget media, artikel, video, dll yang membahas tentang kebebasan finansial. Nah disini aku mau ngebahas tahapan yang biasanya dilaluin orang-orang untuk menuju ke tahap bebas secara finansial. Artikel ini dibuat supaya kamu tau kamu itu lagi di tahap mana dan biar kamu juga bisa merencanakan strategi supaya kamu bisa mencapai ke tahap bebas secara finansial.

Pertama adalah tahap nol – Dependen.
Di tahap ini, kamu masih bergantung pada orang lain untuk mensupport keadaan finansial kamu. Terutama ketika orang tua kamu masih memberikan kamu uang untuk keperluan sehari-hari. Tahap ini adalah ketika kamu ga punya pemasukan sama sekali yang bisa kamu hasilkan sendiri atau pemasukan kamu sangat kecil sehingga kamu ga bisa lepas dari bantuan orang tua agar kamu bisa hidup. Ketika kamu ada di tahap ini, kamu harus mencari ilmu sebanyak mungkin. Supaya kamu bisa punya value untuk kamu jual ke orang lain. Nah kalau diri kamu sudah bervalue dan berilmu, nantinya kamu bisa memilih untuk bekerja atau berusaha sendiri. Tapi apapun pilihan kamu nanti pastinya kamu harus punya value untuk kamu jual. Entah itu tenaga kerja kamu yang akan dibayar per bulannya, atau dengan kata lain bekerja menjadi karyawan. Atau bisa juga kamu membangun perusahaan kamu sendiri dan menjualnya ke konsumen.

Kedua adalah tahap 1 – Mandiri.
Di tahap ini kamu udah ga butuh lagi bantuan dari orang lain untuk memenuhi kebutuhan finansial kamu. Tapi di sini pemasukan kamu itu masih pas-pasan banget. Jadinya kamu itu sama sekali ga bisa nabung dan hidup dari gaji ke gaji. Tapi hal yang baik adalah di tahap ini kamu sudah bisa mandiri. Kalau kamu ada di tahap ini, menurut aku sih hal yang perlu kamu lakukan adalah mencoba hidup sehemat mungkin. Dan mencoba menginvestasikan uang kamu agar skill kamu bisa bertambah. Jadi investasinya itu ke otak. Entah itu beli buku, kursus, atau apapun itu yang bisa meningkatkan skill kamu. Supaya kamu bisa menghasilkan lebih banyak uang dibandingkan diri kamu yang sekarang. Ketika skill kamu bertambah maka value yang bisa kamu ciptakan untuk konsumen atau perusahaan juga akan bertambah. Jadi ga perlu struggle untuk nabung kalau kamu emang belum bisa nabung banyak, yang penting di tahap ini adalah meningkatkan income kamu supaya sedikit meningkat. Biar kamu ga hidup dari gaji ke gaji doang gitu. Tapi bisa nabung dan juga investasi.

Ketiga adalah tahap 2 – Stabil.
Setelah tahap 1, kamu akan masuk ke tahap keuangan kamu yang udah stabil. Biasanya ini terjadi ketika kamu udah bekerja di tempat yang udah nyaman, gajinya mencukupi kebutuhan kamu, dan gajinya pun bisa kamu tabung karena udah lebih dari cukup buat kamu. Tapi di tahap ini kamu masih punya beberapa kewajiban yang harus kamu penuhi. Seperti membayar hutang, cicilan, dll. Ini adalah tahap dimana kamu udah bisa mencukupi semua kebutuhan kamu, bayar cicilan sekaligus punya tabungan darurat sehingga kamu bisa tenang kalaupun kamu tiba-tiba kehilangan kemampuan untuk menghasilkan uang. Misalkan kamu harus kehilangan pekerjaan kamu. Biasanya tahap ini akan kamu jalani ketika sudah mendapatkan pekerjaan yang pas. Karena gajinya sudah cukup untuk memenuhi kehidupan kamu.

Keempat adalah tahap 3 – Otonom.
Tahap ini adalah ketika kamu ga punya hutang lagi dan ga punya kewajiban apapun untuk kamu bayar. Kamu juga udah punya tabungan dengan berkali-kali uang bulanan yang kamu butuhkan untuk hidup. Jadi meskipun kamu keluar dari pekerjaan, kamu masih bisa bertahan hidup sendiri selama berbulan-bulan. Kamu udah bisa otonom dengan keuangan kamu tanpa perlu ditunggu atau menyelesaikan kewajiban ke pihak manapun. Tahap ini akan kamu capai ketika kamu udah punya penghasilan yang cukup dan kamu bisa bertahan hidup dengan sebagian kecil dari penghasilan itu. Dan kamu bisa menyimpan sebagian besarnya sehingga kamu bisa punya otonomi keuangan dan tidak takut kalau misalkan terjadi kejadian yang ga terduga yang menimpa kamu.

Kelima adalah tahap 4 – Aman.
Tahap ini adalah ketika kamu udah aman banget. Karena uang yang kamu punya, dan juga bisnis atau investasi yang kamu punya udah bisa mengcover semua biaya hidup kamu. Meskipun kamu ga kerja gitu. Tapi uangnya itu hanya cukup untuk biaya hidup yang simpel doang. Jadi kamu ga punya duit buat beli barang-barang mewah. Tahap ini bisa kamu capai kalau bisnis kamu udah berjalan sendiri tanpa perlu kamu awasi secara penuh. Atau ketika tabungan kamu udah banyak banget saking banyaknya kamu bisa aja pensiun dan menikmati hidup simpel tanpa kerja. Tapi ya lagi-lagi kamu gabisa menikmati terlalu berlebihan uang pensiun kamu karena uang kamu ga sebanyak untuk membeli barang-barang mewah. Mungkin untuk makan dan hidup emang udah cukup. Tapi kalau mau hidup diatas batas kehidupan, atau sedikit mewah masih sulit banget.

Keenam adalah tahap 5 – Bebas finansial.
Nah di tahap ini tuh udah bisa menuhin standar hidup mewah kamu. Tahap inilah yang sering disebut-sebut oleh kebanyakan orang sebagai kebebasan finansial. Kamu udah ga perlu mikir lagi buat kerja karena kamu udah bisa hidup mewah dari penghasilan pasif kamu. Entah dari investasi atau bisnis.

Ketujuh adalah tahap 6 – Kaya raya.
Hanya beberapa orang terpilih yang akan menginjak tahap ini. Ini adalah tahap di mana kekayaan kamu udah banyak banget, bisnis kamu udah sukses, investasi kamu juga sukses, saking banyaknya penghasilan kamu, kamu bukan hanya bisa membiayai hidup kamu secara mewah buat diri kamu sendiri. Tapi bisa juga untuk keluarga kamu, anak kamu, cucu kamu dan anak-anaknya lagi. Kamu hampir bisa melakukan segalanya di tahap ini dan mungkin nama kamu akan terukir di list orang terkaya di Indonesia atau bahkan di dunia.

Begitulah tahapan dan kondisi keuangan sampai ke level bebas secara finansial dan kaya raya.
Jangan lupa sebarkan ke yang lainnya ya.

Background photo created by denamorado – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *