Kesempatan kali ini, saya akan membagikan tips bagaimana cara mengurangi wajah yang kusam, dan menjadikan wajah kamu putih cerah dari hari ke hari. Wajah yang cerah dan putih sehat merupakan dambaan setiap orang terutama kaum hawa. Maka dari itu ga heran kalau banyak orang yang berbondong-bondong untuk menjadikan kulitnya cerah berseri dari hari ke hari. Kulit yang bersih cerah dan putih seringkali dijadikan standart seseorang. Maka dari itu jangan baca artikel ini kecuali kamu menginginkan kulit yang putih, cerah dan sehat.

Bayangkan jika kulit kamu dari hari ke hari akan semakin cerah apakah kamu akan jadi lebih percaya diri? Atau malah percaya diri banget? Mungkin kamu sempat berpikir kalau menjadi cantik itu tidak perlu kulit yang putih dan cerah. Tapi apakah kamu bisa percaya diri kalau ada teman kamu yang kulitnya lebih putih dan lebih cerah dari kamu? Untuk itu mari kita pelajari bagaimana cara mencegah kulit kusam dan menjadikan kulit kamu menjadi lebih putih cerah dari hari ke hari.

Kulit dapat berwarna putih cerah namun bisa juga berwarna hitam gelap. Hal tersebut dipengaruhi oleh banyaknya jumlah pigmen yang bernama melanin di dalam kulit. Melanin adalah pigmen yang diproduksi oleh sel melanosid. Semakin gelap kulit seseorang, maka semakin banyak produksi dan jumlah melanin di dalam kulit tersebut. Faktor yang mempengaruhi melanin adalah pertama genetik, kedua hormonal, ketiga paparan sinar matahari dan keempat adalah kelainan kulit lainnya. Standart kecantikan jaman sekarang seringkali menilai kecantikan seseorang itu dari warna kulitnya. Maka banyak sekali produk yang mengklaim dapat memutihkan warna kulit dan banyak orang yang rela mengorbankan banyak hal untuk mendapatkan kulit yang putih.

Padahal yang terlebih penting adalah menjaga agar kulit tetap bersih, sehat dan cerah. Kita banyak sekali menemukan krim pemutih yang dijual di pasaran. Krim tersebut bekerja dengan cara mengurangi produksi melanin yang diproduksi oleh sel melanosid, atau mengurangi jumlah sel melanin itu sendiri dalam kulit. Selain digunakan untuk memutihkan kulit, pada umumnya krim tersebut dapat berguna untuk mencegah terbentuknya flek dan juga menghilangkan noda-noda bekas jerawat. Disamping itu produk-produk pemutih ini memiliki efek samping dan resiko tersendiri dari bahan-bahan aktif yang dikandungnya. Pada umumnya produk pemutih ini memiliki kandungan pemutih yang bersifat cosmedik grade atau cosmetik grade.

Cosmedik grade adalah zat-zat aktif yang sifatnya obat. Sedangkan cosmetik grade adalah bahan-bahan pemutih yang bersifat alami. Apa saja bahan-bahan pemutih yang bersifat cosmedik grade? Diantaranya adalah merkuri, hydroquinon dan steroid. Merkuri sangat tidak disarankan untuk digunakan dan sangat berbahaya. Penggunaannya dapat menyebabkan gangguan syaraf pusat, ginjal, saluran pencernaan bahkan pada ibu hamil dapat menyebabkan gangguan perkembangan janin. Hydroquinon biasanya digunakan oleh dokter-dokter estetik. Penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan kelainan kulit yang tidak dapat disembuhkan. Maka dari itu harus dikonsultasikan terlebih dahulu dalam penggunaannya.
Steroid juga dapat digunakan untuk memutihkan kulit, tetapi penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan iritasi, infeksi pada kulit, jerawat, dan luka yang sulit sembuh. Maka dari itu, penggunaan hydroquinon dan steroid diperlukan konsultasi terlebih dahulu pada ahlinya.

Bahan-bahan kosmetik yang bersifat cosmetik grade diantaranya arbutin dan kojic acid. Namun penggunaan dalam jangka panjang dapat menyebabkan iritasi dan gatal. Penggunaan jangka panjang krim-krim tersebut dapat menyebabkan penuaan dini. Maka dari itu perlu untuk mencocokkan produk tersebut kepada kulit anda sebelumnya. Sinar ultraviolet yang mengenai kulit secara langsung sangat berbahaya. Maka dari itu banyak sunblock yang dijual di pasaran. Sinar UV dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi dan menyebabkan melasma atau flek. Dan yang paling parah dapat menyebabkan kanker kulit berupa karsinomasel basal atau melanoma malia. Untuk itu saya akan share cara mencegah kulit kusam dan menjadikan kulit kamu tetap bersih secara sehat dan makin putih.

Yang pertama harus kamu lakukan adalah tetap memakai sunblock atau sunscreen untuk melindungi kulit anda dari paparan sinar UV di pagi hari dan siang hari. Lalu yang kedua, lakukanlah perawatan rutin sehari-hari dengan menggunakan krim-krim yang bisa membuat wajah kamu menjadi lebih cerah, dan bersih. Yang ketiga, lakukanlah perawatan rutin di klinik kecantikan yang terdekat seperti chemical peeling dan mikrodermabrasi yang bertujuan agar mencegah penumpukan sel kulit mati dan juga mencerahkan kulit anda.

Kesimpulannya : mengapa kamu harus memiliki kulit yang kusam jika untuk mendapatkan kulit yang putih sangatlah mudah? Kamu lebih suka memiliki kulit yang kusam atau kamu memilih melakukan langkah-langkah yang sudah saya sebutkan diatas untuk mendapatkan kulit yang cerah dari hari ke hari? Pilihannya ada pada kamu.
Jangan lupa share ke yang lain ya.

Image Designed by rawpixel.com / Freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *