Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan mindset berpikir dan menjadi kaya. Ini yang ditulis oleh Napoleon Hill dan buku ini setebal kurang lebih 450 halaman. Disini kita akan bahas secara detil. Buku ini merupakan buku terlaris di dunia. Nah karena ditulis pada tahun 1930 an mungkin ada banyak sekali istilah yang kurang populer pada jaman ini. Kenapa buku ini ditulis oleh Napoleon Hill? Karena menurut dia, berpikir adalah sesuatu yang sangat kuat. Ketika pemikiran itu bercampur dengan kejelasan tujuan, kegigihan dan keinginan yang membara, untuk diterjemahkan menjadi padanan fisiknya, atau dimanifestasikan menjadi kekayaan, atau sesuatu yang baru.
Dan melalui buku ini juga, beliau mengajarkan kita bagaimana caranya kita menjadi penguasa atas takdir kita, dan menjadi kapten atas pikiran kita.

Kita mulai dari prinsip yang pertama. Yaitu keinginan.
Keinginan adalah peta jalan kita untuk mencapai tujuan. Keinginan akan memberitahukan apa yang kita butuhkan. Keinginan adalah langkah awal sebelum kita mendapatkan semuanya. Pada umumnya sih hampir semua orang mempunyai keinginan. Tapi pertanyaannya, seberapa ngototnya kita dengan keinginan itu. Ada orang yang cuma sekedar ingin, tapi ada juga orang yang saking kepinginnya, sampai terobsesi. Dulu ada seseorang yang bernama Napoleon Bonaparte. Dia hendak mengirimkan pasukannya untuk melawan pasukan musuh yang sangat kuat dan besar. Setelah tiba, ia menurunkan seluruh perlengkapan dari kapalnya, yang memerintahkan seluruh prajuritnya untuk keluar dari kapal, kemudian ia memerintahkan prajuritnya untuk membakar kapalnya. Setelah itu ia mengatakan kepada prajuritnya, kalau kalian ingin keluar dari tempat ini hidup-hidup, kalian harus menang. Setelah itu mereka pergi bertempur. Dan karena mereka ga punya pilihan akhirnya mereka menang. Setiap orang yang ingin menang harus bersedia membakar kapalnya dan memutus semua jalan mundur.

Prinsip yang kedua. Yaitu keyakinan.
Keyakinan artinya percaya dengan diri kita sendiri untuk meraih keinginan. Di buku ini Napoleon Hill mengatakan keyakinan adalah titik awal dimulainya kekayaan. Keyakinan adalah benih dari semua mukjizat. Keyakinan adalah penangkal kegagalan. Keyakinan adalah emosi yang paling kuat. Keyakinan akan memberikan kita akses untuk kita bisa berkomunikasi dengan kecerdasan yang tidak terbatas. Kalian tau artikel saya yang berjudul law of attraction? Kekayaan diawali dari pemikiran. Dan jumlahnya hanya dibatasi oleh keyakinan kita. Menurut Napoleon Hill, keyakinan adalah sesuatu yang bisa kita aktifkan oleh afirmasi yang berulang-ulang pada pikiran bawah sadar. Napoleon Hill menyebut teknik ini dengan nama auto sugesti. Nah di poin berikutnya kita akan berbicara lebih banyak tentang auto sugesti.

Prinsip yang ketiga. Yaitu autosugesti.
Autosugesti mudahnya adalah sugesti diri. Dalam arti yang lebih luas adalah cara kita berkomunikasi dengan alam bawah sadar kita. Pikiran alam bawah sadar kita bertindak sesuai dengan pikiran kita yang sudah dibumbui dengan emosi atau perasaan. Menurut Napoleon Hill begitu banyak orang yang menjalani kemiskinan karena ga pernah melatih bagaimana caranya mereka bisa berkomunikasi dengan pikiran bawah sadar mereka. Ga pernah belajar bagaimana mereka mengontrol alam bawah sadar mereka. Padahal manusia adalah penguasa nasibnya sendiri. Tapi sebagian besar dari kita gagal menjadi penguasa. Karena kita ga punya cukup kekuatan untuk mempengaruhi pikiran bawah sadar kita. Contohnya, ada jutaan orang yang mengalami hal buruk dan percaya mungkin adanya kuasa yang aneh, mungkin kutukan yang terjadi pada mereka. Padahal mereka sendirilah yang membuat kemalangan itu. Mereka sendiri yang membuat melalui pikiran-pikiran negatif.

Intinya begini, prinsip autosugesti ini seperti menipu pikiran kita sendiri. Menipu pikiran bawah sadar kita. Dengan prinsip ini, kita dapat mengubah keinginan kita menjadi sebuah obsesi yang membara. Nah kalau kalian pernah mendengar afirmasi, Napoleon Hill ini termasuk orang pertama yang memperkenalkan tentang afirmasi. Caranya bagaimana afirmasi? Caranya adalah dengan membuat skrip yang positif. Misalkan berisikan saya kaya, saya sehat, saya sukses, saya punya rumah, dll. Di artikel lain nanti saya akan coba bikin skrip afirmasi ya. Jangan lupa diingatkan di kolom komentar ya.
Untuk mempengaruhi pikiran bawah sadar kita, bisa juga kita mengelilingi diri kita, dengan benda-benda yang positif. Mengelilingi diri kita dengan buku-buku, gambar-gambar, ataupun tulisan yang memotivasi diri kita. Bisa juga benda-benda yang diasosiasikan dengan kemakmuran. Misalkan piala dan sertifikat.

Prinsip yang keempat. Yaitu pengetahuan khusus.
Jadi Napoleon Hill mengatakan ada 2 jenis pengetahuan. Yang pertama adalah pengetahuan umum, yang kedua adalah pengetahuan khusus. Pengetahuan umum, ga perduli seberapa banyaknya hanya digunakan sedikit sekali dalam upaya untuk mengumpulkan kekayaan. Nah sekolah, pada umumnya mengajarkan pengetahuan umum. Dan boleh dibilang, banyak profesornya yang mungkin bukan orang kaya dan ga punya uang dalam jumlah yang banyak. Mereka mengajarkan pengetahuan, tapi ga bisa mengubah pengetahuan itu menjadi sesuatu yang menghasilkan uang. Utamanya menghasilkan uang dalam jumlah yang sangat besar. Pengetahuan ga akan mendatangkan uang. Kecuali pengetahuan itu diarahkan pada rencana-rencana dan tujuan yang pasti yaitu mengumpulkan uang atau menciptakan sesuatu yang menghasilkan uang. Jadi ada miskonsepsi tentang pengetahuan.

Kita sering mendengar pengetahuan adalah power. Padahal pengetahuan hanya akan menjadi kekuatan ketika diatur menjadi rencana, tindakan dan 1 tujuan yang pasti. Kegagalan sistem pendidikan, menurut Napoleon Hill, adalah gagalnya mengubah pengetahuan ini menjadi kekayaan, kekuatan, uang, kekuasaan, setelah para murid memperolehnya. Orang yang ga berpendidikan bukan berarti orang yang ga sekolah. Orang yang berpendidikan adalah orang yang bisa mengembangkan kekuatan dalam kehidupan mereka sedemikian rupa sehingga ia bisa meraih apapun yang ia inginkan. Tanpa melanggar hukum, tanpa melanggar hak-hak orang lain. Orang yang berpendidikan adalah orang yang mengetahui dimana mereka mendapatkan pengetahuan ketika mereka membutuhkan. Dan bagaimana mengubah pengetahuan itu menjadi suatu rencana dan tindakan yang pasti untuk mendapatkan kekayaan. Sementara orang yang tidak sukses, adalah orang yang mengira proses pendidikan, proses belajar berakhir ketika mereka lulus sekolah.

Prinsip yang kelima. Yaitu imajinasi.
Para pemimpin hebat, menjadi hebat karena menggunakan kekuatan imajinasi. Imajinasi adalah tempat dimana seluruh rencana dibuat. Dan ada 2 jenis imajinasi : yang pertama adalah imajinasi sintetis, imajinasi jenis ini tidak menciptakan sesuatu yang baru. Tapi adalah sebuah inovasi dari pengetahuan dan pengalaman yang sudah ada. Imajinasi yang kedua adalah imajinasi kreatif. Melalui kekuatan ini, Napoleon Hill mengatakan kita dapat berkomunikasi dengan kecerdasan tidak terbatas.. Dan melalui kekuatan ini kita dapat merasakan vibration dari orang lain, getaran dan bisa berkomunikasi dengan alam bawah sadar orang lain. Tapi mudahnya itu seperti ini : bayangkan pikiran kita ini memiliki sebuah energi. Dan energi ini akan saling tarik menarik dengan orang yang mempunyai frekuensi energi yang sama. Makanya kalian akan melihat orang-orang yang mempunyai kebiasaan yang sama, punya kesukaan yang sama, punya ide dan impian yang sama, kebanyakan mereka akan berkumpul dalam satu tempat, mungkin bisa disebut komunitas.

Mengapa? Karena energi mereka saling tarik menarik. Orang pintar akan menarik orang pintar lainnya, orang kaya akan menarik orang kaya lainnya, dan orang miskin, orang bodoh, akan menarik orang miskin dan bodoh lainnya. Produk dari imajinasi kreatif ini adalah ide. Dan ide adalah dasar dari seluruh kekayaan. Coba kalian googling bagaimana resep coca cola dibuat saat pertama kali. Bagaimana gillets bisa menjadi produk yang bernilai miliaran dolar? Kekayaan akan datang ketika ide itu dibuat menjadi sebuah tindakan dan rencana yang pasti. Juga ide lebih kuat daripada otak yang melahirkan ide. Karena otak kita suatu hari akan kembali menjadi debu. Sementara ide memiliki kekuatan untuk terus hidup. Kalian bisa lihat, pendiri KFC sekarang sudah meninggal, tapi kita masih bisa menikmati hasil dari idenya.

Pinsip yang keenam. Yaitu perencanaan.
Tadi kan kita sempat singgung-singgung rencana yang pasti. Kali ini kita akan belajar tentang bagaimana caranya kita merencanakan kekayaan kita. Pasti, yang pertama adalah kita harus punya rencana. Tapi jika rencana pertama kita gagal, jangan menyerah dan ganti dengan rencana yang baru. Jika rencana baru kita gagal juga, ganti dengan rencana baru lainnya. Disinilah kebanyakan orang gagal karena kurangnya kegigihan dalam merencanakan sesuatu. Kurangnya kegigihan untuk menciptakan suatu rencana baru yang menggantikan rencana kita yang gagal. Ketika kegagalan itu datang, artinya itu adalah tanda bahwa rencana kita ga cukup kuat. Tugas kita adalah bangkit kembali untuk membangun rencana kita. Jika kita menyerah sebelum tujuan kita tercapai, itu artinya kita adalah orang yang putus asa. Dan orang yang putus asa tidak akan pernah menjadi seorang pemenang. Orang kaya adalah orang yang mengubah kekalahan menjadi rencana-rencana baru yang mendatangkan kemenangan. Perencanaan yang cerdas penting sekali untuk orang yang ingin mengumpulkan kekayaan. Dan kebanyakan orang, rencana nya adalah menunggu keberuntungan datang. Dan menurut Napoleon Hill, rencana yang baik adalah rencana yang tidak bergantung kepada keberuntungan.

Prinsip yang ketujuh. Yaitu ketegasan.
Berdasarkan riset yang dilakukan Napoleon Hill, dimana ia sudah menganalisa lebih dari ratusan orang kaya, yang memiliki kekayaan jutaan dolar, ditemukan sebuah fakta, yaitu mereka semua mengambil keputusan dengan cepat dan tidak tergesa-gesa mengubah keputusannya. Sebaliknya, orang yang gagal dan miskin lamban mengambil keputusan dan cepat mengubah keputusan. Sebagian orang yang ga kaya, adalah orang yang mudah sekali disetir oleh pendapat orang lain, opini, berita, gosip, status medsos, dll. Intinya mereka adalah orang yang ga punya critical thinking. Kita harus mengkukuhkan pendirian kita dan mempercayai diri kita sendiri. Percaya dalam setiap pengambilan keputusan. Nilai sebuah keputusan ditentukan dari keberanian untuk mewujudkannya. Pemimpin besar menjadi besar karena ia dapat memutuskan setiap langkahnya dengan cepat dan tegas. Ketidaktegasan adalah sebuah habit yang tertanam sejak kecil. Yang kemudian habit itu dilanjutkan pada saat ia mulai sekolah bahkan hingga perguruan tinggi dan kemudian akan berlanjut saat ia memilih pekerjaan. Yang biasanya mengikuti pilihan orang lain , seperti pilihan orang tua, teman, dll. Atau bekerja senemunya aja, bekerja sebisanya aja tanpa punya rencana di masa depan.

Prinsip yang kedelapan. Yaitu kegigihan.
Jadi menginginkan saja ga akan mendatangkan kekayaan. Menginginkan kekayaan yang menjadikan itu sebagai sebuah obsesi kemudian kita punya rencana yang pasti dan menopang rencana itu dengan kegigihan itu yang akan mendatangkan kekayaan. Karena kegigihan tidak mengenal kegagalan. Banyak orang membuang cita-cita mereka karena melihat kesulitan dan rintangan di masa depan. Hanya sedikit sekali orang yang mau meneruskan usaha menghadapi berbagai masa sulit hingga mencapai tujuan. Dan kurangnya kegigihan ini adalah sebab utama kegagalan dan kemiskinan. Orang yang memupuk kebiasaan gigih biasanya akan terhindar dari kegagalan. Meskipun memang beberapa kali terjadi tapi akhirnya toh mereka sampai juga di tujuan mereka.

Prinsip yang kesembilan. Yaitu mistermind.
Mastermind bisa dikategorikan sebagai koordinasi kekuatan dan usaha dalam semangat keharmonisan diantara 2 orang atau lebih dengan tujuan untuk mencapai satu tujuan bersama yang pasti. Dan ga ada seorangpun yang menjadi hebat tanpa kekuatan mastermind. Jadi kekuatan mastermind ini sangat penting. Prinsipnya adalah menggabungkan kekuatan ekonomi, pengetahuan dan pikiran. Mengelilingi diri kita dengan nasihat, saran dan pengalaman dari orang lain. Contohnya adalah Andrew Carnegie. Ia terkenal sebagai orang yang pandai berbisnis baja. Padahal pengetahuannya tentang baja itu sangat minim sekali. Ia ga tau banyak tentang baja. Kekuatannya adalah untuk mengumpulkan orang-orang agar bisa bekerjasama secara harmonis untuk mencapai 1 tujuan bersama. Dan dari mastermind yang ia kumpulkan ini ia mengumpulkan kekayaan dengan jumlah yang sangat amat besar.

Jadi yang pertama yang harus kita lakukan adalah kita bergabung dengan sebuah kelompok dimana kita dapat bertemu dengan orang-orang yang mungkin suatu hari kita perlukan. Pilih rekan-rekan yang punya nilai, target dan impian yang sama dengan kita. Jadi istilahnya kita membuat komunitas mastermind. Tapi komunitas ini bukan komunitas jampe-jampe ya. Komunitas ini berisikan dengan orang-orang yang punya keinginan, tujuan, ide yang sama dengan kita tapi dari berbagai macam expertis yang berbeda dengan kita. Kemudian menggerakan mereka agar bisa bekerja sama dalam 1 tujuan yang pasti. Jadi jangan pilih orang hanya karena kita mengenal mereka karena mereka saudara atau sahabat kita, karena serta merta mereka belum tentu cocok dengan mastermind kita. Seorang sahabat kita mungkin saja orang yang kita sukai, dan mungkin bukan orang yang mengerti tentang pemasaran misalnya. Tapi ia bisa jadi orang yang mengenalkan kita pada orang yang mengerti tentang pemasaran.

Prinsip yang kesepuluh. Yaitu seksualitas.
Saya kurang tau mengapa Napoleon Hill menyamakan kharisma dengan seksualitas. Tapi intinya di bab ini Napoleon Hill menyampaikan kharisma, gairah dan antusiasme adalah elemen yang sangat penting dalam kesuksesan. kharisma kita atau energi seksual kita, istilah dari Napoleon Hill dapat dikomunikasikan melalui postur tubuh, jabat tangan, nada bicara, cara berpikir, busana, dll. Cinta dan romansa adalah emosi yang dapat menggerakan manusia menuju ke pencapaian yang luar biasa. Dan manusia mudah sekali terstimulasi oleh cinta.

Prinsip yang kesebelas. Yaitu pikiran bawah sadar.
Kita gabisa mengendalikan sepenuhnya alam bawah sadar kita. Tapi kita bisa menugasinya dengan satu rencana, keinginan atau tujuan yang ingin kita wujudkan. Pikiran bawah sadar adalah jembatan penghubung kita antara manusia yang terbatas ini dengan kecerdasan yang tidak terbatas. Dia adalah juga penyalur doa-doa kita ke sumber yang berkuasa untuk menjawab doa-doa kita. Banyak pernyataan prinsip keyakinan, auto sugesti yang diulang di prinsip ini. Entah sadar atau tidak sadar, alam bawah sadar kita tetap berfungsi. Terlepas dari kita berusaha mempengaruhinya atau tidak. Artinya rasa takut akan kemiskinan dan pikiran negatif akan mempengaruhi pikiran bawah sadar kita. Alam bawah sadar kita ga pernah menganggur dan berhenti bekerja. Ia akan menyantap setiap pemikiran yang sampai kepadanya. Setiap hari berbagai input masuk ke dalam alam bawah sadar kita tanpa sepengetahuan kita. Misalkan saat kita menonton youtube, medsos, dll. Di masa kini susah sekali untuk membentuk input yang masuk ke dalam diri kita.

Jadi penting untuk kita bisa mengatur feed kita. Mengatur source kita di google, channel yang kita subscribe dan channel yang kita follow, agar tidak terlalu banyak input negatif yang terlalu banyak masuk ke dalam alam bawah sadar kita. Nah kamu bisa baca-baca setiap artikel yang ada di website 1style.id karena banyak sekali artikel yang dapat membangun kamu dan membentuk mindset positif kamu. Bahasa pikiran bawah sadar adalah emosi. Jadi penting bagi kita untuk mengetahui dan belajar tentang bahasa pikiran bawah sadar. Emosi dibagi 2 : emosi positif dan emosi negatif. Emosi positif adalah keyakinan, keinginan, cinta, sex, antusiasme, romansa, dan harapan. Sementara emosi negatif adalah takut, iri, benci, dendam, serakah, percaya takhayul, dan marah. Baik emosi positif maupun emosi negatif ga bisa menempati alam bawah sadar kita dalam waktu yang berbarengan. Pasti ada pikiran yang mendominasi. Dan tugas kita adalah memastikan pikiran positiflah yang mendominasi.

Prinsip yang keduabelas. Yaitu otak.
Menurut Napoleon Hill, otak yang terstimulasi oleh emosi yang positif dapat berfungsi pada level atau tingkatan yang jauh lebih tinggi. Di prinsip ini, Napoleon Hill menjelaskan alam bawah sadar kita berfungsi sebagai antena pemancar. Dan otak manusia dapat menangkap getaran vibrasi yang dipancarkan oleh alam bawah sadar orang lain. Jadi singkatnya adalah otak kita adalah penerima. Penerima stimulus pemikiran yang terdiri dari 4 hal : pemikiran secara sadar dari orang lain, alam bawah sadar, secara bawah sadar dari orang lain, kecerdasan tak terbatas.

Prinsip yang ketigabelas. Yaitu indra keenam.
Konsep ini adalah sesuatu konsep yang abstrak yang mungkin agak sedikit sulit untuk dijelaskan. Tapi intinya indra keenam ini adalah bagian dari alam bawah sadar kita dan sering juga disebut sebagai stasiun penangkap, firasat, ataupun ilham. Melalui indra keenam, kita dapat mendapatkan peringatan yang tepat. Ketika mungkin ada marabahaya yang datang pada kita. Dan juga berfungsi sebagai pengingat ketika kesempatan itu datang agar kita bisa memanfaatkannya. Indra keenam bertindak seolah ia adalah malaikat penjaga kita. Yang datang untuk memberikan bantuan, bimbingan dan peringatan pada kita.

Itu dia prinsip-prinsipnya. Jangan lupa sebarkan kepada orang yang membutuhkan ya.

Background vector created by freepik – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *