Kali ini saya akan share ide-ide bisnis yang bisa menghasilkan pohon uang buat kalian. Ide bisnis ini bisa kamu lakukan tanpa modal, tanpa ijazah, dan tanpa karyawan. Kita langsung mulai aja ya.

Pertama, menjadi youtuber.
Youtube ini ga cuma buat happy-happy an atau seneng-senengan aja. Tapi youtube ini adalah sebuah platform bisnis model. Buktinya sudah ada banyak sekali bisnis media besar yang beralih ke platform youtube. Malah bahkan ada juga yang merasa terancam dengan youtube. Youtube bisa mendatangkan real money. 1 video yang kita upload dapat mendatangkan uang untuk kita selamanya. Makanya banyak sekali artis-artis yang beralih ke platform youtube. Kalau kalian ingin jadi youtuber, kalian tinggal tentukan tema kalian. Kalian ingin membahas atau membuat konten tentang apa.

Kedua, micro influencer.
Jadi kalian bisa juga menjadi selebritis kecil di medsos seperti instagram, facebook ataupun youtube. Dan sekarang dipermudah dengan medsos baru yaitu tiktok. Mengapa youtube saya pisahkan dengan poin kedua ini, karena sementara ini hanya youtube yang mempunyai platform monetisasi. Dan punya backend yang bagus untuk melindungi copyright kita. Kalau kalian mau memulai menjadi micro influencer, kalian bisa memulai misalkan mereview produk, memberikan konten edukasi, menghibur, dll. Buat kamu yang merasa malu atau merasa kurang instagramable, kita ga harus tampil di postingan ig kok. Banyak juga akun ig yang hasil copas dari akun lain.

Ketiga, instagram content manager.
Banyak sekali bisnis diluar sana yang memaksimalkan dari potensi media sosial seperti instagram. Dan ini adalah ceruk pasar yang besar sekali. Yang masih belum banyak pemainnya. Selain itu skill untuk mengelola instagram dengan detil itu ga banyak orang yang tau. Terutama untuk generasi yang lahir sebelum generasi kita. Kamu hanya perlu akun instagram, ponsel, dan mungkin membuat penawaran baik melalui email, ataupun menemui langsung pemilik bisnis. Kamu bisa mendapatkan fee tanpa perlu mencari client lain. Dan ketika kamu sendiri sudah kewalahan bisa saja suatu hari nanti kamu akan mempekerjakan orang lain.. Ini bisa menjadi bisnis ya sepertinya.

Keempat, property agent.
Menjadi agen properti adalah membuka kesempatan untuk belajar lebih dalam mengenai properti dan juga softskill untuk mendukung pekerjaan yang lain. Seperti negosiasi, cara menyampaikan kabar buruk, kerjasama tim, dll. Selain itu, selama kita belajar, kita juga bisa mendapatkan penghasilan yang boleh dibilang high income. Dengan menjadi agen properti, kita bisa menjadi investor properti tanpa memiliki rumahnya. Dengan cara yang legal dan tidak menipu orang lain dalam tanda kutip. Kalau kalian mau jadi agen properti, pilihlah kantor properti yang sudah bergabung dengan asosiasi real estate broker indonesia (ARB).

Kelima, insurance agent.
Indahnya dalam menjadi agen asuransi adalah kita bisa mendapatkan penghasilan yang setiap bulan kita dapat tanpa perlu bekerja lagi. Karena kita bisa mendapatkan penghasilan dari nasabah yang sudah mendaftar sebelumnya dan terus membayar preminya. Juga ga menutup kemungkinan suatu hari nanti kamu akan membuka kantor asuransi. Dan memimpin beberapa tim. Agen asuransi adalah satu peluang karir dan bisnis yang menjanjikan di masa depan.

Keenam, penitipan anak atau peliharaan.
Dengan semakin sibuk dan terbatasnya waktu orang-orang masa kini, kamu dapat membuka bisnis yang dapat membuka peluang bisnis yang menjanjikan. Yaitu membuka penitipan anak atau penitipan binatang peliharaan seperti anjing atau kucing. Untuk tempat, kamu hanya perlu menyiapkan rumahmu sendiri dan tanggungjawab untuk menjaga mereka selama dititipkan kepada kita. Bisnis ini menjadi solusi bagi mereka yang harus traveling selama beberapa hari dan ga tega meninggalkan binatang peliharaannya.

Ketujuh, dropship.
Di bisnis dropship, kamu bisa menjadi pedagang tanpa perlu punya produk dan juga tanpa perlu punya gudang. Di marketplace seperti tokopedia dan shopee, kamu sudah bisa menjadi dropshipper. Yang perlu kamu miliki hanya ponsel, dan akun di marketplace tersebut. Bahkan ada rekan saya yang menjadi kaya melalui dropship internasional. Mencari pembeli di amerika dan mendapatkan supplier dari china. Semua tanpa perlu punya gudang, produk dan modal.

Kedelapan, affiliate marketing.
Inti dari affiliate marketing adalah menjadi seorang perantara atau menjadi agen pemasaran untuk sebuah produk di dunia digital. Contohnya adalah amazon affiliate marketing. Atau perusahaan-perusahaan digital yang mempunyai fasilitas affiliate marketing. Seperti niagahoster, bibit, dll. Mereka bisa memberikan komisi puluhan persen dari total nilai transaksi loh.

Kesembilan, personal trainer.
Kalau kamu hobi nge gym, mengapa kamu ga sekalian jadi personal trainer? Kamu bisa bekerja sesuai dengan hobi kamu dan kamu bisa mendapatkan triple benefits sekaligus. Mempunyai waktu untuk membentuk badan, membantu orang lain untuk mendapatkan tubuh impian mereka, dan kamu juga bisa menjual suplemen yang mungkin mereka butuhkan. Kabar baiknya, sekarang menjadi personal trainer juga bisa dilakukan secara online loh.

Kesepuluh, graphic designer.
Menjadi desainer grafis sekarang jauh lebih mudah bila dibandingkan harus menjadi desainer grafis kira-kira 2 atau 3 tahun yang lalu. Sekarang kamu cukup belajar canva yaitu aplikasi design web based. Disana kamu bisa menemukan berbagai macam template yang sudah jadi. Sekarang kamu ga perlu lagi belajar aplikasi-aplikasi grafis yang berat seperti photoshop. Bahkan kamu bisa mengaksesnya dari handphone.

Ke sebelas, interior designer.
Kalau mau menjadi desainer interior, mungkin kamu harus punya basic nya terlebih dahulu. Tapi kalau kamu punya kelebihan untuk mendesain furniture, menjadi desainer interior bisa menjadi salah satu profesi yang mendatangkan income tanpa modal. Kamu ga perlu menjadi sarjana atau kuliah bertahun-tahun. Yang penting kamu punya ide dan kenalan tukang yang bagus. Sekarang kamu bisa mencari ide dari manapun. Dari pinterest misalnya.

Ke dua belas, translator.
Kamu mahir bahasa tertentu. Kamu bisa membuatnya menjadi uang. Coba kamu cari penawaran di freelancer, mungkin kamu bisa membuka jasa translator dari bahasa inggris menjadi bahasa indonesia. Atau bahasa mandarin ke indonesia dan sebaliknya.

Ke tiga belas, voice over.
Kamu merasa punya suara yang indah, suaramu juga bisa dijual. Kamu bisa menjadi voice over untuk iklan, film kartun dll. Yang kamu perlukan mungkin sedikit koneksi di dunia media, dan lagi-lagi kamu bisa membuka penawaran di freelancer.

Ke empat belas, penulis buku.
Kamu bisa menulis di sela-sela waktumu. Contohnya Andrea Hirata bisa menghasilkan penghasilan sebesar 3,6 miliar hanya dari 1 buku novel. Dan dia sudah membuat kira-kira 11 judul novel. Jadi kamu kira-kira saja sudah berapa penghasilannya. Angka pendapatannya ga berhenti sampai disitu ya, karena novel-novel mereka masih dicetak hingga beberapa tahun belakangan. Bahkan ga sedikit novel yang tetap diterbitkan meskipun pemiliknya sudah meninggal. Ga hanya novel yang bisa kamu tulis, tapi kamu juga bisa menulis genre lain seperti buku resep atau expertis yang bisa kamu jual misalkan seperti budi daya lele atau budi daya tanaman tertentu.

Ke lima belas, jasa titip beli.
Ini adalah peluang bisnis yang sangat trend saat ini, buat kamu para ibu rumah tangga yang punya hobi belanja, punya hobi ke mall, kamu bisa membuka bisnis jasa titip beli. Mungkin kamu punya planning jalan-jalan pergi ke luar kota, kamu bisa open PO makanan khas di kota itu. Dengan fee jasa titip beli. Atau kamu tinggal di kota besar, kamu juga bisa membuka jasa titip beli produk brand yang ga ada di kota-kota kecil. Seperti uniqlo, zara, dll.

Ke enam belas, jasa pengurusan surat.
Ini bisa dibilang legal atau engga ya? Tapi banyak sekali orang di luar sana yang butuh seseorang untuk menguruskan surat-suratnya. Karena kehidupan yang sudah sangat sibuk sekali. Atau karena mereka tinggal di luar kota. Jadi kesulitan untuk bolak balik mengurus surat. Misalkan surat-surat seperti akta lahir, KK, hingga surat kematian. Ya syukurlah bila kamu bisa mendapatkan fee dari mengurus surat orang lain yang sedang sibuk dan membutuhkan bantuan. Saya juga punya 1 kenalan yang kaya dari bisnis ini.

Ke tujuh belas, party detailer.
Omong-omong tentang party detailer, tugasnya kita tinggal membuat desain pernak-pernik yang berhubungan dengan tema acara. Misalkan mendesain backdrop, menu makanan, kartu ucapan, undangan, dll.

Ke delapan belas, tutor.
Kamu punya kemampuan khusus di salah satu mata pelajaran? Atau bidang edukasi? Kamu bisa menjadi tutor. Dan tutor ini macem-macem loh ga cuma di pelajaran sekolah aja. Tapi kamu juga bisa menjadi tutor bermain alat musik. Seperti piano, biola, drum, atau bisa juga jadi tutor bahasa asing. Bisa jadi tutor desainer grafis, programming, dll. Kalau ingin menjadi tutor, kamu harus pergi dari rumah ke rumah, atau mengumpulkan murid. Sekarang kamu bisa menjadi tutor dimanapun. Kamu bisa mengadakan webinar, kuliah zoom, atau kamu juga bisa mendaftarkan diri melalui platform yang menyediakan jasa tutor secara online. Kalau dulu menjadi tutor ini terbatas dengan ruang dan waktu, sekarang kamu bisa mendapatkan uang dari murid di seluruh dunia.

Ke sembilan belas, event organizer.
Event organizer ini uang besar gays. Yang kamu lakukan adalah mengkoordinir tim dan vendor agar acara berlangsung dengan baik. Event organizer mulai dari acara kelas besar, wedding hingga ulang tahun ada pasarnya masing-masing. Pilih dengan expertis dan nitch yang kamu sukai.

Ke dua puluh, stock photo dan video.
Nah untuk yang ini mungkin kamu perlu sedikit modal. Tapi kamu juga bisa mulai dari handphone mu. Kabar baik buat kamu yang sudah punya kamera, dan kamu hobi traveling, hobi jalan-jalan, dan suka sekali berfotografi, kamu bisa menguangkan hasil kamera jepretanmu loh. Daripada hasil jepretanmu hanya menjadi file mangkrak di harddisk laptopmu.

Background photo created by denamorado – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *