Rumus yang pertama adalah pendapatan tinggi tapi gengsi.
Orang seperti ini biasanya hidupnya pas-pasan. Karena gaji dia mengikuti gaya hidup dia. Jadi ketika gaji dia 4 juta, gaya hidupnya pun 4 juta. Gaji 10 juta, gaya hidup dia ikut 10 juta. Gajinya naik 15 juta, gaya hidupnya naik 15 juta. Akhirnya dikejar-kejar sama gaya hidup. Akhirnya hidupnya selalu pas pasan. Bshkan cenderung riskan untuk berhutang. Karena seringkali dia terlalu pede incomenya gede kemudian dia gengsinya ikut naik. Dan alhasil dia hidupnya menjadi berhutang. Justru semakin sengsara. Nsah itu yang dibenahi harus mindsetnya.

Rumus yang kedua adalah pendapatannya rendah, tapi gengsinya bukan main. Udah income rendah, gengsi pula. Nah orang seperti ini tuh hidupnya melarat. Dia lihat instagram orang, orang punya apa dia juga pengen punya. Temennya punya iphone, dia pengen punya iphone. Padahal gajinya ga cukup. Ini orang akan melarat kuadrat nih. Dan supaya dia terlihat kaya, terlihat keren di sosmednya, akhirnya dia pinjem sana pinjem sini, ngutang sana ngutang sini, untuk dipamer-pamerin di sosmed. Kenapa? Karena ngemis like. Butuh like yang banyak. Orang seperti ini nantinya sangat bermasalah.

Rumus yang ketiga adalah pendapatannya rendah, tapi tidak gengsi. Nah biasanya hidup seperti ini tuh hidupnya cukup. Makan di rumah, jarang ngafe, ngemall, clubing, nonkrong di kafe, itukan membutuhkan dana yang cukup banyak. Hidup nya cukup pas aja, gajinya juga cukup pas. Biasanya orang yang hidupnya seperti ini tuh tidak punya masalah hutang, tapi dia juga hidupnya tidak kekurangan. Nah ini yang paling saya sarankan kalau anda mau cepat sukses. Dan ini juga saya jalankan huhuhu.. Saya ini penghasilan tidak besar tapi berusaha untuk tidak gengsian.

Rumus yang keempat adalah pendapatannya tinggi, tetapi tidak gengsi. Sudah pendapatannya tinggi tapi tidak usah gengsi.. Kalau mengikuti gengsi itu ga ada habisnya, mengikuti gaya hidup itu ga ada habisnya. Orang yang seperti ini tuh hidupnya akan sangat berkelimpahan. Jadi gini, misalkan gaji anda tuh 4 juta, gaya hidup anda 2 juta. Anda masih bisa menyimpan 2 juta. Nah 2 juta nya itu ditabung, dibelikan emas mungkin. Menabung saham, menabung properti, dll. Dari situlah saya percaya anda akan punya surplus pendapatan. Ketika anda punya surplus pendapatan, dan hidup anda tidak GENGSIAN, niscaya hidup anda akan jauh lebih bahagia. Nah ketika income anda naik 2x lipat, 4 juta jadi 8 juta, anda gaya hidupnya tetap 2-3 juta saja. Akhirnya anda bisa simpan lebih banyak. Dan misalkan incomenya tambah jadi 10 juta misalkan, tapi gaya hidup anda itu tidak naik drastis gitu. Mungkin gaya hidupnya ga tetap kan pasti, misalkan naiklah jadi 4juta deh, anda bisa menabung tetap lebih banyak lagi.
Karena 5 taun ke depan kita ga tau terjadi apa, 10 tahun 15 tahun 20 tahun ke depan itu kita ga tau akan terjadi apa. Tapi kita sudah punya cadangan dari apa yang sudah kita kerjakan.

Background vector created by freepik – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *