Mau investasi emas atau berlian ya? Emangnya harga emas selalu naik ya? Tapi katanya investasi berlian makin menjanjikan? Gimana menurut kalian?
Dari jaman kakek nenek kita masih muda sampai sekarang, mereka ganti beberapa gigi mereka memakai emas. Investasi emas memang ga pernah ada matinya. Investasi emas ini memang menjadi salah satu pilihan bagi menyimpan dan melipatgandakan uang mereka dengan aman tanpa takut mengalami inflasi. Tapi tunggu dulu, walaupun investasi emas dipercaya jadi salah satu andalan para investor, tapi bukan berarti investasi emas tidak terhindar dari fluktuasi harga emas di pasaran ya. Yang namanya fluktuasi itu pasti ada kalanya harga mengalami kenaikan bahkan penurunan.

Demikian juga emas, anggap saja ketika harga emas batangan mulai turun, tentu kamu jadi mulai berpikir kembali apakah investasi emas adalah pilihan yang tepat untuk berinvestasi bukan? Kira-kira apakah investasi emas menjadi pilihan yang oke, atau perlu ada pilihan lain seperti investasi berlian yang dipercaya lebih menguntungkan? Bukankah berlian biasanya hanya dimanfaatkan sebagai aksesoris saja ya seperti di beberapa negara di eropa dan amerika. Jangan salah ya, ternyata berlian juga dimanfaatkan sebagai alat investasi di beberapa negara berkembang lainnya seperti india, china dan rusia.

Investasi berlian malah bisa menjadi peluang investasi yang menjanjikan dan menguntungkan loh. Aku kasih perbandingan investasi emas vs investasi berlian ya.

Yang pertama, investasi emas.
Emas memang logam mulia yang udah ga diraguin lagi menjadi sebuah barang mewah ataupun barang mahal yang tidak hanya digunakan untuk perhiasan. Tetapi juga bisa digunakan sebagai alat investasi dan pembawa keuntungan. Emas yang tetap mempertahankan harganya tinggi adalah emas batangan. Bukan emas yang telah menjadi perhiasan. Karena emas yang biasa nya sudah dijadikan perhiasan akan berkurang nilainya. Karena nilainya yang sangat berharga, emas batanganpun dijadikan oleh sebagian besar orang sebagai aset kekayaan. Fluktuasi dari harga emas batangan memang cenderung konsisten. Sehingga bisa dikatakan jika harga emas batangan mengalami kerugian, berinvestasi emas tidak terlalu rugi. Demikian juga sebaliknya.

Beberapa keuntungan dari berinvestasi emas adalah:

  • Yang pertama, dapat dijual atau dicairkan dengan sangat mudah. Berbeda dengan investasi lainnya seperti reksadana yang harus menunggu beberapa hari untuk mencairkan dananya.
  • Yang kedua, emas dapat dijadikan barang jaminan kalau kamu butuh dana cepat untuk menebus sesuatu.
  • Yang ketiga, membeli emas bisa dengan cara mencicil dengan membeli program tabungan emas dari pegadaian.
  • Yang keempat, harga emas cenderung konsisten dan mengalami kenaikan.
  • Yang kelima, emas cocok untuk investasi jangka panjang.

Yang kedua, investasi berlian.
Selain emas batangan, berlian juga menjadi salah satu pilihan untuk investasi. Tapi sebelum beralih ke investasi berlian, kamu perlu tau berapa pertimbangan untuk berinvestasi berlian. Nilai berlian memang tinggi baik saat dibeli maupun saat dijual. Untuk berinvestasi berlian yang memiliki kualitas baik, kamu perlu memiliki sertifikat yang biasanya berisikan penjelasan karakteristik berlian tersebut dan menunjukkan keaslian berlian. Mengenai harga berlian, fluktuasi dari harga berlian cenderung belum stabil jika dibandingkan dengan harga emas. Sehingga resiko kerugian akan lebih besar karena fluktuasi yang tidak stabil ini.

Keuntungan dari berinvestasi berlian adalah:

  • Yang pertama, alat proteksi dari inflasi karena berlian kebal dengan inflasi.
  • Yang kedua, anonimitas dimana kamu ga perlu mendaftarkan diri secara khusus untuk berinvestasi berlian. Sehingga berlian bisa menjadi aset pribadi kamu.
  • Yang ketiga, berlian bisa menjadi alat tukar yang sah di seluruh dunia.
  • Yang keempat, harga berlian tidak terikat sehingga berlian tetap dapat mempertahankan nilainya.
  • Yang kelima, berlian memiliki fungsi ganda. Selain menjadi alat investasi, berlian juga dapat menjadi perhiasan yang indah dan dapat dipamerkan.
  • Yang keenam, tahan lama dan tidak mudah rusak. Berlianpun tidak terlalu mahal perawatannya.

Keduanya memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing ya. Tapi semuanya balik lagi sama tujuan keuangannya kita. Kalau belum punya tujuan keuangan, yuk buat tujuan keuanganmu dari sekarang.
Gimana menurut kamu lebih baik emas atau berlian?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *