Tukang tipu dan hackers terus mengintai di internet. Mencoba mencuri informasi berharga kalian. Kita lihat kasusnya dimana-mana dengan akun bank orang-orang. Crypto itu ya ga jauh bedanya. Kesempatan kali ini kita mau ngebantuin kalian agar ga jadi korbannya penipuan-penipuan crypto.
Keamanan pengguna adalah salah satu tantangan besar yang dihadapi ekosistem crypto. Sayangnya yang terjadi sudah ada miliaran dollar dari bitconin, ethereum dan cryptocurrency lain yang dicuri atau dikunci sama para penipu dan hackers dalam beberapa tahun terakhir. Untuk bisa melindungi kalian melawan penipu crypto, kalian harus bisa mengetahui trik dan teknik mereka yang paling umum.

Ketika ngomongin soal tipe penipuan cryptocurrency yang umum, hanya ada 1 hal yang perlu kalian benar-benar pahami. Itu adalah si penipu bakal mencoba kalian untuk cukup mempercayainya sampai kalian mengirimkan cryptocurrency ke alamat mereka. Luangkan waktu pada platform kaya twitter, telegram, discord, kalian pasti bakal menemukan penipuan crypto trust-trading. Jika kalian familiar dengan penipuan uang muka, atau pembayaran di awal, yang jadi terkenal karena penipuan kuno nigerian kuno 19, ya penipuan trust-trading itu pada dasarnya sama. Melalui penipuan ini korban di dorong untuk mengirim cryptocurrency ke alamat si penyerang dengan iming-iming menerima lebih banyak cryptocurrency kembali. Seringkali disajikan dengan cara yang membuatnya tampak seperti ditawarkan oleh pasar cryptocurrency, bisnis atau industri yang terkenal dan terkemuka.

Nah biasanya para penipu akan post sesuatu yang bunyinya semacam seperti ini misalkan : untuk merayakan peluncuran abc kami mengadakan giveaway untuk bergabung cukup kirimkan kami setengah if dan kami akan kembalikan 5 if ke kalian.
Penipu-penipu ini biasanya menyebarkan bots untuk mendukung postingan dan komen mereka dengan respon yang menyetujui. Misalkan : terimakasih ini gampang banget.
Nah itu untuk membuat tawarannya tampak legit, tampak asli padahal sebenarnya penipuan. Penipu-penipu crypto juga mengintai facebook. Di indonesia khususnya ini sudah menjadi isu berkelanjutan selama bertahun-tahun. Ga kaya twitter, penipuan di facebook ini berbentuk iklan berbayar yang memanfaatkan pengaruh sosial dari berbagai orang terkenal.
Ini adalah trik untuk membujuk orang yang awam mengirimi mereka (si penipu), bitcoin.

Ada hampir tidak terhingga jumlah tips soal melindungi diri kalian dari para penipu. Nah berikut beberapa diantaranya untuk bantu kalian mulai.

Yang pertama, jangan pernah bagikan private key atau kunci privat kalian. Tidak dengan siapapun dalam situasi apapun. Kalau kalian bagikan ya jangan nangis jadi korban pencurian.

Yang kedua, bookmark website cryptocurrency yang paling sering kalian kunjungi. Nah makin biasa kalian menjelajahi internet dengan bookmark, semakin aman kalian jadinya. Coba kurangi jumlah link yang kalian klik sembarangan. Khususnya yang di dalam email, platform medsos, pesan-pesan chatiing dan forum online.

Yang ketiga, hanya kirimkan cryptocurrency ke alamat yang terpercaya. Jika kalian hendak mengirimkan sejumlah cryptocurrency ke alamat lain, sangat bermanfaat untuk cek alamatnya dulu menggunakan blog explorer. Beberapa explorer menandai alamat-alamat yang berhubungan dengan penipuan-penipuan yang dikenal.

Nah pada akhirnya juga penipu tuh bakal kesulitan menjebak atau membujuk kalian kalau kaliannya tau dan sadar. Semakin banyak orang yang tau dan sadar mengenai penipuan crypto, semakin baik. Jangan lupa share informasi ini ya.. Berbagilah dengan semua orang .

Image Designed by rawpixel.com / Freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *