Saat ini bisa dibilang kita ada dalam masa transisi peralihan kekayaan terbesar yang pernah ada. Peralihan kekayaan yang disebut dengan wealth transfer dari mata uang fiat ke mata uang crypto. Disini saya akan membahas mengenai bagaimana mendapatkan capital gain bahkan passive income dari crypto.

Dibandingkan saham, cryptocurrency ini bisa dibilang sebuah kendaraan baru. Karena bisa mendapatkan keuntungan yang berkali-kali lipat pada koin-koin tertentu. Menurut saya pribadi. Menjadi crazy rich dari crypto itu sangat mungkin dan sangat bisa. Sudah banyak sekali orang yang membuktikan bisa menjadi crazy rich baru dari aset crypto. Ya semoga saja nama website saya disebut dimasa depan gitu hehe karena ngebahas ini. Menurut saya pribadi bayangkan kalau kita investasi pada aset crypto itu seperti kalau kita mau naik ke lantai 100 itu kita naik lift. Sementara kalau kita berinvestasi pada mata uang fiat, kita seperti naik sebuah eskalator. Sayangnya ini adalah eskalator yang sudah di set turun karena inflasi.

Pertama, kita harus tentukan kita adalah investor jenis apa. Atau pilih tipe investasi kita. Sama seperti saham, ada beberapa tipe investor. Meski demikian ada beberapa perbedaan dengan saham. Cryptocurrency adalah alternatif investasi selain daripada saham, forex, properti, dll. Tipe investor yang pertama adalah investor jangka panjang. Disini kamu menjadi investor yang menahan koinmu dalam jangka waktu yang sangat panjang. Bisa 3 – 5 tahun.. Dalam istilah pasar saham ini sama dengan menjadi value investor. Kamu bisa memilih koin yang masih murah, yang punya potensi untuk kenaikan harga berkali-kali lipat dan kamu tahan selama mungkin, mungkin 3-5 tahun kedepan. Anggaplah kamu sedang menyimpan digital gold. Ada beberapa koin yang layak disimpan dalam waktu jangka panjang,, misalkan seperti bitcoin yang sudah dianggap seperti emas digital sekarang. Yang kedua adalah BNB yang menjadi mata uang utama di exchange terbesar di dunia. Kemudian yang ketiga ada koin ethereum.
Tipe investor yang kedua adalah scalping atau day trading. Kalau kamu menjadi scalper, disini kamu mencari cuan-cuan kecil dari aktivitas tradingmu. Kabar baiknya adalah cryptocurrency ini adalah decentrilize finance, ga ada regulator yang membatasi perdagangan cryptocurrency. Jadi ga ada yang namanya auto reject atas 70 bahkan 100 persen dalam waktu beberapa jam itu sangat possible. Kemudian tipe investor yang berikutnya ada yang namanya swing trader. Nah disini kamu memperkirakan harga buttom dan harga tertinggi suatu koin. Kamu bisa menggunakan berbagai macam analisa. Mulai dari fundamental, teknikal, bahkan pompoman wkwkwk. Info pompoman bisa kita dapatkan dari orang-orang yang sering mengtweet tentang cryptocurrency.

Kedua, pilih koin trusted. Ada 4000 koin yang beredar di dunia saat ini. Dan pastinya ga semuanya bagus. Ada yang memang didukung dengan teknologi tinggi, tapi ada juga yang digunakan untuk scam dan mengambil uang para investor. Jadi kalian harus berhati-hati ya. Nah untuk memilih koin, kamu harus mengenali 3 jenis koin. Jadi sama kalau kamu bertrading saham, saham juga dibagi-bagi menjadi beberapa macam berdasarkan kapitalisasinya. Di cryptocurrency juga sama. Nah secara kurang lebih ada 3 jenis koin yang harus kamu tau. Yang pertama adalah bitcoin. Bitcoin adalah digital gold. Karena jumlahnya dibatesin hanya 21 juta saja. Boleh dibilang kalau bitcoin ini adalah facemark dari semua mata uang digital di seluruh dunia. Tipe koin yang kedua adalah altcoin. Altcoin adalah koin alternatif selain bitcoin. Nah kalau kalian memilih altcoin, pilih yang berkapitalisasi besar. Nah ini adalah koin-koin yang berkapitalisasi besar diantaranya adalah ethereum, tether, polkadot, litecoin, doge. Nah itu berubah-ubah setiap hari ya. Kemudian yang terakhir ada yang namanya shitcoin. Ini adalah altcoin yang kini menjadi tidak berharga. Atau bisa juga dibilang sebagai koin gagal. Ciri-cirinya adalah biasanya ada kenaikan harga yang secara signifikan secara short term setelah itu harganya tidur ga bangun-bangun. Yang disebabkan banyaknya investor yang mau taking profit. Atau mengambil keuntungan. Nah koin shitcoin ini rata-rata namanya ga pernah kita dengar. Misalkan seperti tigercoin, zenithcoin, xxl, timecoin, dll.

Ketiga, pilih tempat penyimpanan. Nah ini sebagai pengetahuan saja kalau aset crypto mu makin hari akan makin bertambah banyak. Tentunya kita berharap demikian ya. Karena tujuan kita kan ingin menjadi crazy rich dari aset crypto. Nah ada beberapa cara untuk kita bisa menyimpan aset crypto kita. Sama dengan uang kertas, kita menyimpannya di dompet. Di wallet lah istilahnya. Yang pertama ada yang namanya gold wallet. Ini adalah dompet cryptocurrency yang ga terhubung dengan internet. Nah karena ga terhubung dengan internet, kita punya tingkat security yang jauh lebih tinggi. Mudahnya, gold wallet menyimmpan aset cryptocurrency kita secara offline. Koin crypto disimpan dalam perangkat kecil seperti USB. Harganya sekitar 80-100 dolar. Nah atau juga bisa disimpan dalam bentuk kertas yang berisikan privat key kita. Wallet yang kedua adalah hot wallet. Ini adalah tempat menyimpan cryptocurrency yang terhubung dengan internet. Karena terhubung dengan internet, bisa saja kamu menjadi target peretasan. Boleh dibayangkan hot wallet ini seperti brangkas kita dan dompet yang bisa dibawa kemana-mana. Yang kita gunakan untuk aneka pembayaran dan trading.

Keempat, belinya dimana. Tentunya beli di exchange terpercaya. Ada banyak sekali exchange di luar sana jadi cek dulu di website resmi ya.

Kelima, manfaatkan volatilitas. Perdagangan cryptocurrency ini sangat digemari karena volatilitasnya. Naik dan turun puluhan persen dalam sehari itu sangat mungkin. Karena volatilitasnya ini kita bisa bermain-main di pergerakan harga koin. Kamu harus belajar beberapa analisa.

Keenam, pelajari analisa teknikal dan fundamentalnya. Nah berbeda dengan saham, cryptocurrency bukan perusahaan. Tentu saja yang di analisa sedikit berbeda dibandingkan dengan saham. Tapi kurang lebih analisa cryptocurrency tergantung dari beberapa hal ya misalnya aspek inti dari project cryptocurrency nya. Misalnya teknologinya masuk akal ga, teknologinya apakah menjadi solusi banyak orang, banyak yang pakai atau engga. Kemudian kita juga bisa melihat aspek perusahaan penerbitnya. Bagaimana caranya, apakah ada orang hebat dibaliknya, siapa pendirinya, dll. Kemudian kita juga bisa melihat volume transaksi perharinya, atau jumlah supply nya mungkin. Kalau bitcoin kan dibatasi hanya 21 juta saja. Setau saya bnb juga dibatasi pada 100 juta koin. Nah informasinya di google ini banyak banget. Intinya kita mencari koin dengan masa depan yang bagus, sama seperti saham kan, kita mencari saham yang undervalued yang punya masa depan yang cerah. Kalau dalam case perusahaan, produknya digunakan oleh banyak orang. Kalau dalam case cryptocurrency, koinnya digunakan oleh banyak orang. Tapi kalau kamu sebatas scalper atau swing trader, kamu bisa menggunakan analisa teknikal. Caranya dengan memperhatikan candlestick.

Ketujuh, kita mencari tau koin apa yang akan naik daun. Seringnya harga koin ini ga berdasarkan analisa teknikal dan fundamental saja. Tapi karena di pump oleh sekelompok investor atau istilah kerennya di pompom. Nah jadi beberapa tips kalau kalian mau mendapatkan informasi koin apa yang akan di pompom, kalian bisa follow twitter orang-orang yang punya pengaruh, orang-orang yang sering ngetwit tentang cryptocurrency. Kamu juga bisa join komunitas cryptocurrency. Kemudian bisa juga mengikuti telegram komunitas pecinta crypto. Nah ini adalah sumber utama dimana kita bisa mendapatkan informasi tentang koin apa yang akan di pump. Kalau kalian dapetnya dari detik, atau screenshot yang sudah profit, ya itu sudah telat. Kalian cuma akan beli koin dari investor lain yang mau taking profit.

Kemudian yang terakhir pasti banyak yang akan bertanya : apakah investasi di cryptocurrency berisiko? Untuk menjawab pertanyaan ini, izinkan saya meminjam pernyataan dari ayah kaya ya. Bahwa tidak ada investasi yang ga berisiko ya. Investorlah yang berisiko. Investor yang ga mau belajarlah yang berisiko. Yang pasti ada kesempatan besar untuk menjadi crazy rich dari aset crypto.

Jangan lupa sebarkan ke yang lain ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *