Siapa bilang pengusaha ga punya rahasia? Pengusaha itu mempunyai rahasia, yang tidak mau dibongkar. Hanya orang-orang yang pernah jadi pengusaha dari kecil sampai besar mereka pasti mempunyai rahasia-rahasianya.

Rahasia yang pertama yaitu semua pengusaha itu punya masalah. Ga ada pengusaha yang ga ada masalah. Anda jangan ngeliat pengusaha itu enak, hidupnya mewah, hidupnya keren itukan yang terlihat. Yang ga terlihat itu banyak masalah sebetulnya. Hanya mereka tidak menceritakan saja. Mereka ga pernah mau explore. Mereka gamau tularkan masalah mereka di pekerjaan mereka, di kantor mereka, di karyawan mereka, tetapi bedanya mereka adalah mereka lebih memilih tidak membongkarkan masalah mereka kepada publik apalagi ke sosmed. Mereka keliatan ketawa ketiwi senang-senang. Happy-happy, actually mereka itu stress. Mereka itu sedang menghadapi masalah. Tapi mereka tetap dibawa santai aja. Happy aja. Seolah terlihat tidak ada apa-apa. Jadi bedanya dengan orang biasa adalah ketika ada masalah mereka menumpahkan, cerita kemana-mana, eksploitasi mereka punya masalah di sosmed supaya mereka mendapatkan perhatian. Mereka mendapatkan kasih sayang. Padahal, pengusaha itu sama dengan anda. Hanya saja mereka tidak selemah anda. Mereka memilih menyimpan masalah mereka dengan diam dan menyelesaikannya dalam diam.
Mereka terus melangkah, mereka gamau mundur. Ada masalah review, evaluasi, melangkah maju lagi.

Rahasia yang kedua yaitu ada beberapa orang yang tidak sependapat dengan anda. Siapa bilang pengusaha itu punya tim yang sependapat? Rekanannya sependapat? Supplyernya sependapat? Engga.. Pasti semua itu ada perbedaan. Di dalam suatu bisnis yang besar pasti ada orang-orang yang tidak sependapat dengan mereka. Tapi mereka punya prinsip, kita ga bisa menyenangkan semua orang. Pelawak yang paling lucu aja ada orang yang ga tertawa. Penyanyi dengan suara paling merdu aja ada orang yang mengatakan suaranya sumbang. Anda ga bisa menyenangkan hati semua orang. Nabi saja ada orang yang tidak setuju dengannya. itu nabi loh. Presiden aja ada orang yang tidak setuju dengannya. Itu presiden loh, kamu siapa? Apalagi cuma pengusaha, pasti ada orang yang tidak sependapat juga. Dan ini rahasia yang tidak pernah mereka bongkar. Pengusaha besar ga akan mengumbar-umbar problem internal perusahaan mereka kepada publik. Mereka simpan rapat-rapat, mereka simpan sendiri, ya bagi mereka tidak sependapat ya biasa. Yang terpenting kita terus maju. Saling menghormati perbedaan.

Rahasia yang ketiga yaitu sukses yang anda lihat itu hanya kulit. Anda lihat pabriknya gede, anda lihat kantornya mewah, anda lihat stok barangnya banyak, anda lihat cabangnya dimana-mana. Anda lihat perputaran di bank dan rekeningnya wuih keren, yang anda lihat itu kulit. Anda ga tau dibalik rekening yang omsetnya mungkin puluhan miliar per bulan itu ato ratusan per bulan itu mungkin bisa jadi kebocorannya lebih besar. Bayar bunga bank nya itu lebih gede, Bisa jadi. Tapi kan yang anda lihat cuma kulit gitu. Di balik hari ini mereka bisa bebas waktu, bebas finansial, jalan-jalan ke luar negri, itu ada harga yang mereka harus bayar. Ga ada mereka raih itu dengan gampang dan serta merta itu ga ada. Ada tetesan darah, ada tetesan keringat dan ada tetesan air mata. Di balik yang terlihat sukses itu. Jadi anda itu baru melihat kulitnya dari mereka. Anda tidak ikut di dalamnya. Anda tidak mengerti dan tau dalam prosesnya. Anda tidak tau betapa rumitnya manajemen perusahaannya. Anda cuma melihat waow keren, bisnisnya gede. Di balik beton kantor yang mewah itu dibangun dengan air mata loh. Anda ga tau kan.

Rahasia yang keempat yaitu setiap pengusaha besar itu di baliknya pasti ada tim yang kuat dan solid. Tim yang dibentuk ini terbentuk dari ketidakkompakan, tapi mereka melewati proses waktu, melewati susah bersama-sama, berjuang bersama-sama, sampai akhirnya mereka menemukan chemistry, atau mereka menemukan suatu kekompakkan. Mereka merelakan ketidaksepahamannya, dan mereka menurunkan ego mereka tapi mereka melebur menjadi satu menjadi sebuah tim yang kompak menjadi sebuah tim yang solid. Itu butuh waktu. Dan itu tidak bisa terjadi dalam setahun, dua tahun, tiga tahun, itu hanya bisa dibayar oleh satu kata yaitu waktu. Jadi sebuah super tim itu tidak terjadi dalam sekejap. Super tim itu adalah terdiri dari orang-orang yang mau merendahkan hatinya , mau menurunkan egonya dan bersatu melebur menjadi sebuah tim. Mereka tidak mau menunggu sempurna. Karena setiap tim itu ga ada yang sempurna tapi saling melengkapi. Dan dibalik sebuah perusahaan yang besar, mereka punya tim yang sangat solid. Dan tidak ada individu yang sempurna. Dan akhirnya mereka tunduk dan taat kepada CEO mereka atau pimpinan mereka.

Demikian share saya kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa share ke yang lainnya ya.

Dukung kami di trakteer.id (klik disini)

Image Designed by starline / Freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *