Seperti yang kita tau, bisnis masa depan ini kita ga harus kerja di kantor, ga harus berada di bilik kantor yang sempit, bahkan bisnis masa depan, cukup bekerja di rumah saja atau dimanapun yang kita mau, yang penting di depan kita ada laptop dan gadget. Meskipun demikian bukan berarti pekerjaan konvensional seperti bekerja di kantor ataupun di bank akan punah, tapi betapa asiknya kita, kalau kita punya kesempatan untuk bisa menjalani bisnis masa depan ini. Karena ini adalah pekerjaan yang membuat kita live to the fullest.

Ciri yang pertama adalah pekerjaan itu harus stabil. Meskipun kita ga bekerja di kantor, ga mendapatkan gaji bulanan, bukan berarti kita gabisa punya pekerjaan yang stabil. Pekerjaan stabil maksudnya kita mendapatkan pendapatan rutin setiap bulan. Entah bisnis apapun itu kamu harus punya skillnya. Karena yang membedakan orang berhasil dan orang biasa-biasa saja adalah orang yang berhasil terus mengasah skill nya. Skill yang bisa mendatangkan income yang stabil. Atau misalkan kamu adalah desainer web, yang bisa membeli rumah secara cash untuk dirinya sendiri. Atau misalkan menjadi raja kos kosan.

Ciri yang kedua adalah portable. Artinya bisnis masa depan adalah bisnis yang bisa dibawa kemana-mana dan kita ga perlu tempat khusus untuk bisa menjalani bisnis itu. Dunia digital menciptakan profesi baru yang disebut dengan digital no man. Dimana kita bisa bekerja tanpa terikat waktu dan tempat. Tanpa terikat rutinitas pekerjaan kantor yang membosankan. Dan enaknya kita bisa bekerja dimanapun yang kita mau sambil menikmati keindahan dunia ini. Sekaligus kita bisa belajar bahasa baru, budaya baru, dan mengeksplor tempat-tempat baru. Pekerjaan yang portable misalkan seperti desainer web, desainer logo, programmer, content creator, penulis buku, fotografer, podcaster, trading saham, forex, dll. Kemudian apakah produknya harus digital? Ya ga juga sih. Kamu juga bisa menjadi dropshipper. Dimana gudang, produk, dan aktivitas pengiriman sudah diatur oleh pihak distributor. Semakin hari akan semakin banyak jenis-jenis pekerjaan baru. Jenis pekerjaan yang portable dan mudah dibawa kemana-mana.

Ciri yang ketiga adalah fun. Bisnis itu harus sesuatu yang menyenangkan. Kalau kita mau menjalani kehidupan live to the fullest, mau menjalani hidup sesuai dengan ikigai kita, kita harus punya pekerjaan yang kita senangi. Punya pekerjaan yang menantang, sekaligus menyenangkan. Karena pekerjaan kita menyita hampir sepertiga waktu kita. Betapa menyedihkannya saya membayangkan orang-orang yang bekerja dengan terpaksa karena ga menyukai bidang pekerjaannya. Akhirnya banyak orang yang bisa mendapatkan kekayaan finansial, tapi berakhir pada kecanduan obat-obatan penenang karena depresi. Intinya kita harus hidup dengan balance. Nah kalau kamu mau hidup dengan balance, kamu juga harus mempunyai hiburan. Dan tantangannya adalah bagaimana hiburan kita itu masih bisa mendatangkan cuan. Intinya kita harus tetap hidup balance ya baik pekerjaan, sosial maupun hiburan. Tapi kalau hiburan kita bisa menjadi cuan, why not?

Ciri yang keempat adalah high deman. Atau pekerjaan yang membutuhkan permintaan yang tinggi. Misalkan pekerjaan sebagai programmer game di android, Ini kan pekerjaan yang sedikit sekali orang yang bisa melakukannya. Dan mungkin dibutuhkan oleh banyak orang. Kalau kamu punya pekerjaan yang high demand, kamu bisa dihargai mahal. Dan orderan pun akan mengalir dengan lancar.

Ciri yang kelima adalah high profit. Oh yang ini sih pasti ya . Karena kita ingin mempunyai bisnis yang bisa mendatangkan kita high income. Dan enaknya pekerjaan masa depan yang mungkin kalian banyak bergelut di dunia digital, ini adalah pekerjaan yang high profit. Ya gimana ga high profit, karena kita sudah mengeliminasi banyak sekali cost yang ga perlu. Misalnya menyewa ruangan kantor, biaya operasional kantor, listrik, air, setelan baju kerja, transportasi, makan siang di luar, gaji karyawan mungkin, dll.

Ciri yang keenam adalah barrier of entry. Nah kalau kamu mendapatkan income high profit secara konstan, pasti ada syaratnya. Dan harapan kita pekerjaan yang high profit, stabil, portable, fun, dan high demand itu bisa abadi. Nah untuk bisa abadi syaratnya adalah barrier of entry nya harus susah. Masuk dan menjadi berhasilnya harus susah. Harus perlu specialist skill yang ga semua orang bisa. Misalkan menjadi pakar saham dan kripto. Itu ga semua orang bisa. Dan mereka bisa mendapatkan income dari webinar dan mungkin membuka kelas telegram. Yang tentu saja bisa mereka lakukan dimanapun. Atau kamu juga bisa menjadi youtuber yang membahas konten yang sangat menarik. Misalkan membahas tentang kripto, saham. Menjadi importir, cara menulis buku, dll. Dimana ga semua orang bisa melakukannya. Ga semua orang punya skillnya. Dan ga semua orang punya skill untuk membahasnya menjadi 1 kemasan dalam 1 konten. Dan saat kamu sudah punya ratusan ribu subscribers, orang lain yang mau jadi seperti kamu susah. Karena mungkin hanya ada 1 dari 1 juta orang yang bisa membahas sebaik kamu. Nah bahayanya kalau pekerjaan kita barrier of entry nya mudah, akan banyak orang yang mungkin membutuhkan uang dan mereka menjual skillnya dengan harga murah. Yang mana ini membuat harga pasarmu menjadi turun. Atau mungkin ada teknologi baru yang menggantikan posisimu.

Ciri yang ketujuh adalah Tidak memerlukan karyawan. Bisnis masa depan adalah bisnis yang tidak memerlukan karyawan. Kalaupun ada, mungkin hanya diperlukan 1 atau 2 orang maksimal. Sebisa mungkin kita menggunakan karyawan yang sesedikit mungkin. Kalau perlu karyawan kita bisa di outsource di tempat lain. Jadi kita ga usah menyediakan mereka berupa tempat seperti kantor, laptop atau mungkin tools yang lain. Dan kita ga perlu mengeluarkan budget tambahan untuk THR. Ini sepertinya menjadi kabar buruk sekali ya buat temen-temen yang saat ini posisinya masih menjadi karyawan. Sekarang ini lagi trend yang namanya virtual assistant. Dimana asisten kita ini posisinya mungkin ga berada di dekat kita, mungkin berada di kota lain, bahkan di negara lain. Virtual assistant bisa kita rekrut dari orang-orang di seluruh dunia. Intinya mereka mempunyai skill yang kita butuhkan.

Ciri yang kedelapan adalah no capital indeed. Jadi ga perlu yang namanya modal. Kalaupun perlu modal maka seminimal mungkin.

Ciri yang kesembilan adalah challenging. Bisnis masa depan adalah bisnis yang menantang. Kalau bisnis kita ga menantang, lama-lama otak kita akan bosan. Otak manusia adalah organisme yang mencari tantangan baru. Otak kita adalah organ yang haus akan tantangan. Haus akan pengalaman baru. Makanya kalau kita ga punya tantangan, diri kita ga bisa berkembang. Manusia merasa fullfill ketika dirinya merasa berkembang. Contohnya mungkin kalian melihat separuh dari managemen yang keluar dari perusahaan biasanya mereka akan memberikan alasan bukan karena gaji tapi karena ingin mencari tantangan baru.

Ciri yang kesepuluh yang paling penting adalah income kita harus residual. Intinya income yang kita dapatkan setiap bulan tanpa perlu bekerja lagi. Contoh misalkan kalau anda membuat ebook dan kemudia ebook itu dia jual. Ebook itu masih punya potensi untuk memberikan income untuk selamanya. Padahal kerjanya hanya sekali. Di bisnis masa depan, di dunia digital hal-hal seperti adalah hal-hal yang sangat mungkin dan nikmatnya lagi semua bisa kita bangun tanpa modal.

Nah itu dia ciri bisnis masa depan. Jangan lupa share ke yang lainnya ya.

Dukung kami di trakteer.id (klik disini)

Image Designed by renata.s / Freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *