Jika anda perhatikan, ada beberapa pengusaha yang gagal dan menyerah dengan cepat pada bisnis yang dijalankan. Mungkin anda juga merasakannya? Ingin menyerah dan mengaku kalah pada keadaan dan kemudian menjalani kehidupan seperti kebanyakan orang. Wajar jika anda berpikir seperti itu, karena memang menjadi entrepreneur tidak semudah yang dikatakan motivator. Memulainya memang mudah, tapi untuk bertahan diperlukan banyak pengorbanan. Dan salah satu penyebab utama kesuksesan seorang entrepreneur adalah dari dalam diri yaitu berupa mindset atau pola pikir.
Mindset adalah ukuran kekuaran seorang entrepreneur dalam memegang kendali bisnis yang dijalankan. Anda memiliki kewajiban untuk mengembangkan mindset anda. Agar binsis anda bisa bertahan dan bertumbuh. Sekarang saya akan membagikan 5 mindset yang wajib anda miliki sebagai entrepreneur.

Pertama, berani mengambil resiko.
Ini yang harus anda tanamkan dalam pikiran anda. Seorang entrepreneur adalah seorang yang berani mengambil resiko dengan berpikir optimis didepan bahwa hal tersebut pasti bisa dicapai, tentunya bukan optimis buta, perlu anda pelajari dulu resikonya dan strategi mencapainyaa. Kenapa orang sukses berbisnis tidak banyak? Karena memang sedikit orang yang berani mengambil resiko, anda harus masuk ke dalamnya.

Kedua, mencari peluang baru.
Untuk tetap menjaga roda bisnis berjalan dengan lancar, mindset selalu mencari peluang baru adalah mindset yang perlu dimiliki oleh setiap entrepreneur. Banyak orang yang membatasi kemampuan dan potensi diri mereka sendiri dengan hanya berhenti pada satu titik saja. Seorang entrepreneur perlu untuk menjadi peka terhadap peluang-peluang yang datang lalu mengambil peluang itu jika memang sudah direncanakan dengan matang. Entrepreneur dengan demikian tidak duduk manis dan pasrah menunggu peluang itu datang, mereka secara aktif menjalin hubungan dengan banyak pihak untuk mencari peluang-peluang ladang emas yang bisa mereka garap. Itu sebabnya orang yang sukses berbisnis rata-rata banyak memiliki sumber income, bukan hanya dari satu kran bisnis saja. Karena mereka jeli dalam melihat peluang.

Ketiga, action oriented.
Seorang pengusaha / entrepreneur fokusnya adalah pada tindakan dan eksekusi bukan hanya berhenti pada ide saja. Banyak orang terjebak dalam ketakutan dan berhenti hanya pada ide, alasannya karena belum sempurnalah, nanti dululah, dan banyak alasan pecundang lainnya. Seorang entrepreneur sejati lebih memilih melangkah dulu diawal dan menyempurnakan sambil berjalan. Karena jika diawal sudah ingin langsung sempurna, maka hal tersebut tidak akan terjadi. Karena bisnis itu selalu mengalami perubahan untuk menuju kebaikan. Lakukan apa yang anda bisa, jangan menunggu terlalu lama untuk sebuah kata sempurna.

Keempat, belajar terus menerus.
Salah satu penyebab seorang entrepreneur cepat gagal adalah merasa puas akan ilmu yang dimiliki saat ini sehingga dia tidak mau belajar dan perlahan tanpa disadari terkejar dengan yang lain dan kemudian tertinggal lalu mati. Seorang entrepreneur sukses adalah seorang pembelajar sejati. Dia selalu belajar untuk upgrade terus isi kepalanya. Karena mereka sadar investasi terbaik adalah leher ke atas, bukan pada penampilan. Itu sebabnya Steve jobs pernah berkata : stay hungry stay foolish. Agar kita tidak berpuas diri pada ilmu yang telah dimiliki.

Kelima, visi besar.
Visi adalah tujuan dan cita-cita setiap perusahaan. Semakin besar visi yang dimiliki, semakin besar pula tantangan yang akan dihadapi untuk mencapai semua visi tersebut. Dari sini, anda membutuhkan strategi yang matang sebagai persiapan anda menghadapi tantangan yang mungkin terjadi ke depannya.

Tanamkan 5 mindset ini ke dalam benak anda, agar anda bisa sukses dalam berbisnis.
Semoga bermanfaat, jangan lupa share ke yang lainnya ya.

Dukung kami di trakteer.id (klik disini)

Background photo created by denamorado – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *