Kesempatan kali ini kita akan berbicara tentang mendapatkan apapun yang anda inginkan. Di dalam hidup ini, anda pasti menginginkan sesuatu kan? Dan pertanyaannya, anda pasti bisa dapatkan kok. Caranya gimana? Jadi sekarang kita akan bahas tips untuk mendapatkan apapun yang anda inginkan.
Bagi anda yang ingin punya karir lebih baik, anda bisa mendapatkan karir yang lebih baik. Bagi anda yang hari ini ingin mengejar jodoh, mengejar pasangan idaman anda, anda bisa mendapatkannya. Disini ada tips yang bisa menjadi suatu bahan pertimbangan. Anda bisa dapatkan apapun yang anda inginkan kalau anda bisa lakukan ini.

Tips yang pertama adalah fokus pada komitmen, bukan pada motivasi.
Apa maksudnya? Jadi gini, kalau anda termotivasi melihat temen anda bisa punya mobil lebih baik, bisa punya motor lebih baik, itu anda cuma termotivasi. Motivasi sama komitmen itu beda. Beda jauh. Kalau motivasi, semua orang juga termotivasi. Saya termotivasi mau sukses seperti si nganu. Tetapi masalahnya motivasi itu tidak akan membuat anda mendapatkan apapun yang anda inginkan. Tapi komitmenlah yang bisa membuat anda mendapatkan apapun yang anda inginkan. Contoh saya termotivasi mengejar wanita idaman saya. Semua orang termotivasi kok kalau lihat wanita cantik, lihat pasangan yang ganteng, tapi masalahnya adalah anda cuma termotivasi. Anda tidak berkomitmen untuk mendapatkannya. Anda hari ini termotivasi untuk mempunyai karir yang lebih baik. Saya juga termotivasi enak bener ya kalau jadi presiden juga. Enak ya kalau jadi chairman. Anda cuma termotivasi. Tapi anda tidak komitmen untuk mengejarnya. Jadi hari ini saya mengajarkan untuk membedakan arti kata motivasi dan komitmen.
Begini ya, kalau berbicara tentang motivasi. Kalau anda menemui kendala ketika anda mengejar apapun yang anda inginkan, anda cenderung untuk mundur. Akhirnya cuma termotivasi saja.. Tapi kalau komitmen, ketika anda kena kendala, anda tetap bertahan, anda tidak menyerah. Contoh anda ditolak oleh pasangan anda. Tapi anda komitmen mengejarnya. Nah beda kan.
Kalau anda ingin mendapatkan mobil impian anda contohnya. Wah saya termotivasi karena temen saya punya mobil seperti ini. Itu sangat berbeda ketika anda komitmen melakukan apapun untuk meraih mobil yang anda betul-betul inginkan.

Tips yang kedua adalah menikmati prosesnya.
Jadi maksudnya gini, anda tau ibu hamil? Ibu hamil itu proses kehamilannya 9 bulan. Semua ibu di muka bumi ini pasti pernah mengalami hal yang sama. Tau ga ibu hamil itu sebetulnya menderita. Karena membawa jabang bayi yang beratnya bisa jadi 15-25 kg. Sekarang saya mau tanya sama anda. Anda mau ga diperut anda diletakkan beban sebesar 15 – 25 kg dan anda bawa selama 9 bulan. Tidak enak kan? Tidak gampang kan? Tetapi karena ibu hamil ini menikmati prosesnya, maka dia tidak merasakannya. Jadi orang yang bisa mendapatkan apapun yang dia inginkan, adalah orang-orang yang bisa menikmati prosesnya. Prosesnya itu tidak bisa dikatakan enak. Karena di dalam proses itu ada perasaan tidak enak. Proses itu tidak bisa dikatakan nyaman. Karena di dalam proses ada perasaan tidak nyaman. Nah kalau proses tidak nyaman anda bisa lalui dan anda bisa menikmatinya, maka besar kemungkinan anda bisa mendapatkan apapun yang anda inginkan. Jadi analogi tentang ibu hamil itu sangat tepat untuk bicara tentang menikmati proses. Karena tidak ada contoh lebih baik tentang bagaimana pengorbanan cinta, menikmati prosesnya layaknya ibu hamil. Tidak ada yang lebih hebat di muka bumi ini. Cerita tentang ibu hamil itulah yang terbaik. Jadi menurut saya tidak ada yang bisa mengalahkan cinta dan kasih sayang seorang ibu kepada anaknya. Tentang menikmati proses daripada pengorbanan yang lainnya.

Tips yang ketiga adalah jangan fokus pada permasalahannya tetapi fokus kepada solusinya.
Nah bicara soal fokus pada masalah, kalau misalkan anda berpacaran, anda mungkin ketika ga cocok saya putus, ganti pasangan yang lain. Ga masalah deh soalnya lagi masa-masa pacaran. Kalau misalkan karyawan mungkin lagi masa kontrak, ya ga masalah lah. Paling kontraknya ga diperpanjang. Tapi beda kalau misalkan anda sudah terikat dalam pernikahan. Ini berbeda banget. Beda juga kalau misalkan anda sudah terikat menjadi karyawan tetap. Anda sudah punya tanggungjawab di perusahaan, nah itu komitmen. Fokus pada solusi bukan fokus pada masalahnya. Kalau anda punya tanggungjawab lebih, anda pasti akan berani berkorban. Nah seringkali anda tidak bisa mendapatkan apapun yang anda inginkan, itu karena anda merasa tidak punya andil dalam masalah tersebut. Anda akhirnya fokus pada masalahnya. Anda tidak fokus pada solusi. Ketika hari ini anda disuruh selesaikan sebuah tugas. Anda bertanya apa hubungan anda dengan tugas ini. Kalau tugas ini mempunyai sesuatu yang vital dalam hidup anda, contohnya misal ini menentukan kelulusan ujian saya. Anda akan punya komitmen yang lebih. Tanggungjawab yang lebih. Jadi seberat apapun masalah anda, anda akan berfokus untuk menyelesaikannya. Anda fokus pada solusinya. Cari jalan keluarnya, bukan terus fokus kepada masalahnya. Karena orang-orang yang sukses itu selalu fokus kepada solusi dan mereka tidak cari alasan untuk itu.

Tips yang keempat adalah jangan menuntut lebih tetapi harus lebih banyak memberi.
Banyak orang sukses itu justru mereka banyak memberikan sedekah. Kalau anda punya masalah finansial, perbanyaklah sedekah nanti rejeki anda akan lebih baik. Kalau berbicara dengan analogi itu seperti ini, jangan mengejar ayam, tapi berikanlah benih nanti ayamnya nyamperin sendiri. Jangan pernah mengejar lebah tapi berikanlah bunga. Bunga itu nantinya akan mendatangkan lebah. Jadi anda harus fokus memberi. Ditingkatkan value maka rejeki akan mengejar anda. Kalau anda ga meningkatkan value, rejeki ga akan mengejar anda. Anda selalu menuntut kenapa ko bos saya ga menaikkan gaji saya. Percaya sama saya bos manapun di muka bumi ini pasti pengen perusahaannya beres. Dan perusahaannyapun bisa beres kalau ada karyawan terbaik yang bisa membereskan masalah perusahaannya. Dan dia pasti akan naikkan gajinya. Bos yang bodoh saja yang ga mau mengangkat karyawan seperti ini ke tempat terbaik di perusahaan. Ingat setiap bos itu pasti ada masalah di perusahaannya. Pertanyaannya kamu bisa memberikan solusi ga untuk perusahaan tersebut. Kalau anda bisa memberikan sebuah solusi kepada perusahaan tersebut, niscaya anda tidak akan banyak menuntut, tetapi anda akan diberi. Selama ini anda kapasitasnya cuma menuntut menuntut menuntut. Bos lama-lama capek. Contoh sekarang misalkan ada demo, naikan gaji 30% misalnya. Jujur ya , kalau nanti semua era robotik, semua era mesin, pabrik sudah ga butuh karyawan. Bisa-bisa PHK massal 10 ribu orang. Kalau semua robotik dan mesin perusahaan enak, bisa menghemat biaya 4 juta rupiah setiap orang kali berapa orang dalam sebulan yakan. Itu bisa menghemat puluhan milyar setiap bulannya. Itu merupakan solusi bagi sebuah perusahaan besar. Dan anda masih menuntut untuk menaikkan gaji. Percaya deh, jangan pernah menuntut.

Tips yang kelima adalah anda harus mempunyai visi ke depan.
Ketahuilah visi dan komitmen itulah yang akan membuat kita bisa berhasil meraih apapun yang kita inginkan. Kalau anda mengerjakan sesuatu tidak ada visinya, besar kemungkinan anda akan capek di perjalanan. Kalau anda lelah di perjalanan, anda akan menjadi orang yang mudah putus asa mudah menyerah. Ketika anda mudah menyerah anda tidak akan mendapatkan apapun yang anda inginkan.

Jangan lupa share ya.

Dukung saya di trakteer.id (klik disini)

Background vector created by freepik – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *