Saya akan membahas mengenai poin penting yang dimiliki orang-orang sukses di muka bumi ini yaitu masalah waktu.
Apa sih yang pertama kali anda pikirkan ketika mendengar kata pencuri? Yaitu seseorang yang mengambil hak yang bukan miliknya. Dan tidak disadari ternyata di dalam kehidupan kita bukan masalah manusia saja. Tapi cara anda memanfaatkan 24 jam perharinya. Rupanya banyak waktu anda yang tidak efektif. Dan tidak efektif ini tidak anda sadari. Dan waktu anda itu banyak dicuri oleh hal-hal yang tidak anda sadari. Oleh sebuah kebiasaan-kebiasaan kecil, yang ternyata tidak efektif. Padahal kalau anda konversikan waktu itu dengan sesuatu yang efektif, dampaknya itu akan sangat besar terhadap kesuksesan anda.

Pertama adalah penundaan.
Anda sadar ga kalau anda ini suka menunda. Ketika anda sudah menetapkan 1 jadwal, anda suka menunda. Bahkan lucunya kadang-kadang anda tidak komitmen dengan jadwal anda. Dan akhirnya, jadwal tersebut, tidak anda realisasikan. Contoh misalkan mahasiswa, anda mau selesaikan tugas akhir. Pertanyaannya adalah kapan? Kalau anda merasa tugas akhir itu sulit, berat, itu tidak ada apa-apanya dibandingkan anda menyelesaikannya jadwal deadline oleh atasan anda kelak. Deadline oleh pekerjaan anda kelak. Target yang harus anda kerjakan. Di dalam hidup ini anda jangan takut dengan kesulitan. Karena setiap kesulitan itu mendewasakan anda. Jadi kalau hari ini anda menunda adalah solusi, maka akan mempunyai mindset bahwa tidak usah menyelesaikan sesuatu itu adalah sebuah kebenaran. Dan akhirnya anda belajar tidak menyelesaikan apa yang anda mulai. Oleh sebab itu, biasakan anda action now. Kalau anda sudah buat komitmen, buat jadwal, selesaikan sekarang. Jangan ditunda lagi. Begitu juga kalau anda bekerja di kantor, jangan tunda besok. Sesuatu yang bisa dikerjakan hari ini, selesaikan hari ini jangan ditunda besok. Atau bahkan ditunda minggu depan. Akhirnya mangkrak, terbengkalai, lupa. Karena anda suka menunda.

Kedua adalah telepon.
Kadang-kadang ada whatsapp. Anda sedang mengerjakan sesuatu tiba-tiba ada sosmed ada komunikasi. Ada hp masuk ada wa masuk atau ada bbm masuk, nah anda membalas padahal kerjaan anda ini belum selesai. Menurut saya anda selesaikan dahulu pekerjaan anda. Jangan ada telepon, sosmed masuk kemudian anda hilang fokus. Nah ketika anda hilang fokus, maka anda tidak terbiasa menyelesaikan pekerjaan itu sampai tuntas. Kalau anda tidak biasa mengerjakan sesuatu sampai tuntas, maka saya khawatir, apapun yang anda kerjakan tidak akan pernah tuntas. Karena pencuri waktu ini. Dia masuk tiba-tiba. Ada notifikasi, dan anda membalas kemudian keasikan chatiing. Dan akhirnya anda lupa dengan pekerjaan utama anda.

Ketiga adalah televisi.
Biasakan kalau anda nonton televisi itu boleh tetapi jangan nonton sinetron. Karena apa? Karena sinetron itu bersambung dan anda akan diikat waktunya, bisa sejam 2 jam untuk menonton sesuatu yang akan mengikat waktu anda. Sinetron memang dirancang sedemikian rupa karena memang untuk mengambil hati pemirsa agar pemirsa itu setia dengan sinetron tersebut. Dan tahukah anda sinetron tersebut itu di dalamnya banyak sekali iklan-iklan yang akan membuat anda tertarik untuk membeli iklan tersebut. Dan akhirnya kenapa iklan itu sangat tinggi di tayangkan di jam-jam sinetron, karena segmennya adalah orang-orang yang penggemar sinetron. Kedua, jangan nonton sinetron bersambung. Kalau anda sudah nonton misal berapa episode deh 5, anda akan kecanduan untuk menonton episode berikutnya. Apa persepsi anda ketika pertama kali mendengarkan kata pencuri? Ya ketika anda menonton cerita bersambung, maka anda akan kehilangan energi untuk bekerja keesokan hari, waktu anda bersama keluarga juga mungkin akan habis, dan secara tidak sadar, waktu anda sudah disita oleh cerita bersambung tersebut. Saya ngasih saran kalau anda mau nonton film, tontonlah film yang durasinya 1,5 jam sampai 2 jam selesai. 1 film itu tidak ada cerita bersambungnya. Nah itu tidak akan menyita waktu anda karena kan anda tetap butuh hiburan. Tapi jangan juga ya hiburannya sampai 100 episode gitu ya. Dan puluhan jam terbuang percuma begitu saja.

Keempat adalah tamu yang datang mendadak.
Anda sadar ga ketika anda sudah mau bikin janji, ketika anda keluar dari rumah tiba-tiba ada tamu yang datang mendadak. Akhirnya karena anda pun sungkan, karena namanya tamu kan anda merasa sangat sulit untuk ibarat kasarnya mengusir dia pulang. Karena tamu datangnya mendadak. Nah harusnya kalau ada tamu datang mendadak, tau pekerjaan anda sibuk apalagi ada janji diluar. Harusnya anda bilang mau ga mau ya misalkan maaf, saya kebetulan ada janji bener-bener penting. Saya akan layani next time ya. Karena anda datang mendadak. Pastikan jangan ajak dia duduk. Kalau anda ajak duduk, maka janji anda sebelumnya diluar akan batal. Atau tertunda atau mungkin terlambat dengan janji tersebut.

Kelima adalah meeting yang tidak ada agendanya.
Ketika anda janji, anda harus punya agenda, anda harus punya tujuan bahwa meeting itu bukan hanya ngobrol yang ga jelas. Kalau anda meeting dengan seorang klien, atau seorang calon costumer, pastikan kalau anda meeting itu ada agenda yang anda meetingkan. Anda catat tujuan meeting ini berapa lama, sejam 2 jam? Poin penting apa yang mau di meetingkan. 3 poin? 4 poin? Ini kadang-kadang kita ga ada agenda, pokoknya datang meeting selesai. Apa yang di meetingkan gatau. Ada yang ngobrol ngalor ngidul 8 jam , setelah selesai baru sadar udah 8 jam ngalor ngidul ketawa-ketawa, pembahasan yang dibahas ternyata ga ada. Menurut saya itu bukan meeting tapi nongkrong. Jadi meeting itu pastikan anda ada agendanya. Jangan sampai meeting ga ada guna itu menjadi pencuri waktu yang tidak anda sadari.

Keenam adalah tidak ada rencana harian.
Pastikan anda malam membuat jadwal untuk apa yang anda lakukan keesokan harinya. Kalau anda punya jadwal yang akan anda lakukan esok hari. Niscaya apa yang anda tulis itu harus anda lakukan besok dengan seksama dan jangan ditunda. Kalau bisa diselesaikan besok, ya diselesaikan besok. Jangan sampai anda melakukan penundaan. Jadi anda harus punya rencana harian anda. Anda harus punya agenda anda. Saya pribadi bukan hanya rencana harian. Saya bahkan punya rencana bulanan dan tahunan. Dengan demikian anda bisa melakukan segala sesuatu dengan sangat efisien dan efektif.

Ketujuh adalah tidak bisa katakan tidak kepada permintaan orang lain.
Apa maksudnya? Misalkan orang minta ini anda iya, orang minta itu anda iya, mau pinjem duit anda iya, mau ngobrol sebentar anda iya, anda tidak bisa berkata tidak. Dan kemudian membalas wa membalas sosmed semua diiyakan. Tidak bisa begitu ya. Tidak bisa. titik! Anda mungkin terlihat seperti orang jahat. Tetapi saya mau kasih anda nasehat disini. Orang yang tidak bisa bilang tidak adalah orang yang baik, tapi tidak benar. Biasanya orang seperti ini itu orang yang sangaaaat baik kepada semua orang. Tetapi dia tidak benar. Akhirnya anda jadi terlambat bikin jadwal kepada siapapun. Anda tidak pernah ontime kepada janji yang anda miliki. Anda tidak pernah tepat waktu menghadiri pertemuan. Dan sampai disana andapun mengecewakan orang. Dan jawaban anda hanya tadi mendadak ada tamu saya gabisa menolak. Menurut saya ini adalah mindset yang keliru. Diluaran sana banyak orang yang baik tapi tidak benar. Kita tidak bisa berkata iya kepada semua orang. Terkadang ada hal-hal yang ga bener, kita harus berkata tidak. Itu terlihat jahat, keras, tegas, tetapi sebetulnya kalau anda mau menjadi pemimpin yang sukses, kamu harus berani berkata tidak kepada setiap orang jika dibutuhkan. Kalau anda tidak bisa berkata tidak, sulit sekali jadinya. Inilah salah satu kunci sukses di dalam kepemimpinan.

Kedelapan adalah spontanitas.
Anda tidak terbiasa mencatatkan segala sesuatu di dalam note kecil. Note kecil itu harus anda miliki. Harus selalu ada di saku anda. Atau mungkin sekarang di android anda. Biasakan anda tulis apa yang mau anda kerjakan. Kadang-kadang anda melakukan segala sesuatu itu spontan. Tiba-tiba anda teringat sesuatu padahal anda sedang fokus mengerjakan sesuatu di depan anda sekarang. Tetapi karena tiba-tiba anda teringat sebuah spontanitas, anda langsung kerjakan. Nah itu ga boleh. Padahal spontanitas itu ketika anda tulis di note atau android anda, anda akan kerjakan keesokan hari. Atau setelah pekerjaan anda yang sekarang selesai. Bagi saya anda tidak profesional. Kalau anda melakukan segala sesuatu tidak profesional, maka keliatan anda adalah orang yang tidak bisa memanage waktu dengan baik. Kalau anda yang terbiasa setiap harinya menghadapi 10 tamu, 10 orang, 10 proyek, 10 pekerjaan, harusnya anda lebih mudah memahami ini. Tetapi jika anda tidak terbiasa memanagemen waktu, tentu hal-hal ini tidak berguna. Mungkin bagi anda yang setiap hari rebahan terus baca ini anda pasti bingung. Oh ternyata begitu ya orang mengatur waktu.

Oleh sebab itu pesan saya kepada semuanya, sadarkah anda bahwa pencuri waktu itu banyak. Kalau anda bisa bekerja dengan efektif, bekerja keras di usia muda anda, niscaya anda akan menjadi orang yang sukses di kemudian hari.

Dukung kami di trakteer di (klik disini)

Image Designed by starline / Freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *