Kembali saya bicara soal edukasi finansial yang mungkin tidak pernah diajarkan di sekolah maupun di rumah anda. Nah di sini saya akan berbicara mengenai pelajaran-pelajaran penting, ilmu finansial yang tidak akan pernah anda dapatkan di sekolah.

Memang sekolah sedari kecil mengajarkan kita untuk menabung. Contohnya menabung itu, kita biasanya beli celengan, kemudian kita taruh uang koin 100, 500 dst itu sejak SD. Tapi masalahnya itu cuma SD. Dan ketika sudah SMP itu kita sudah tidak diajarkan lagi menabung, apalagi SMA. Itu akhirnya membuat habit itu hilang. Padahal kebiasaan menabung itu sejak SD kita sudah diajarkan. Nah tetapi guru hanya mengajarkan kita untuk nabung itu hanya kepada tabungan yang kecil. Tapi padahal ada ilmu finansial yang bukan hanya menabung di celengan. Tapi ada ilmu finansial yang harus kita kuasai dan inilah yang sangat dianjurkan oleh para miliarder-miliarder di dunia.

Ilmu finansial pertama adalah menabung itu sama dengan menyelamatkan.
Apa maksudnya menabung sama dengan menyelamatkan? Hampir kebanyakan orang itu, hampir ya, tidak bisa menyelamatkan penghasilannya. Kalau para TKI yang diluar negri kalau pulang pasti uangnya dipakai untuk nabung sapi, nabung tanah, nabung kambing. Itu masih bagus, tetapi kenapa saya harus pakai kata menyelamatkan? Menyelamatkan itu lebih ekstrim daripada menabung, Kenapa? Karena menyelamatkan itu boleh dikatakan bisa ditabung tapi ga bisa diambil kembali. Kalau persepsi orang indonesia soal menabung itu, pas diliat lagi, eh ada uang nganggur nih, diambil deh. Nah kapan uangnya menjadi aset? Kalau liat tabungan celengan, celengannya dipecah. Kapan mau jadi aset? Nah ini yang menjadi problem. Oleh sebab itu saya lebih bilang menyelamatkan. Kalau menyelamatkan itu dianggap hangus. Jadi uang itu bisa masuk ga bisa keluar. Ada yang bilang ko pelit amat sih. Ya itu namanya ilmu finansial fergusooo… Baru aset anda akan berlipat ganda. Kalau tidak ya aset anda tidak akan berlipat ganda.
Jadi kalau punya persepsi tuh harus gini. Misalkan anda punya gaji 3 juta. Anggap saja gaji anda itu 2 juta. 1 juta nya harus anda selamatkan. Nah ilmu finansial ini harus anda pakai. Nah diulangi ya jadi kenapa disebut menyelamatkan. Jadi jangan anggap gaji anda 3 juta ya 3 juta. Ga boleh.. Tapi anggapnya 2 juta. 1 jutanya diselamatkan anggap saja hilang gitu deh.

Ilmu finansial yang kedua, nah ini yang paling penting yaitu melipatgandakan.
Bicara soal melipatgandakan ini kalau anda punya ilmunya. Yaitu kalau melipatgandakan uang, orang biasanya dibuat untuk berbisnis. Tapi kalau anda ingin belajar berdagang atau berbisnis tentunya. Kalau anda lipatgandakan jadi contohnya kalau anda punya modal 2 juta, 2 juta ini anda putar untuk berdagang. Akhirnya jadi 4 juta. 4 juta ini diputar lagi untuk berdagang jadilah 10 juta. Akhirnya uangnya tambah lama tambah banyak. Karena keuntungannya diputar lagi di dalam bisnis. Nah itu yang namanya dilipatgandakan. Uang anda bertumbuh bertambah banyak. Bukan malah berkurang karena dipakai. Bukan juga cuma ditaruh di bank. Kalau ditaruh di bank itu paling bunga berapa persen sihh… Saya ga rekomendasikan ya. Saya sendiri tidak punya tabungan di bank. Tidak pernah punya. Saya putar dulu untuk berbisnis. Kalau mau sukses ya harus diputar. Nah tapi kalau tidak punya ilmu dagang atau tidak mau berdagang karena ada alasan tertentu, mari kita lanjut ke ilmu finansial yang ketiga selanjutnya.

Ilmu finansial yang ketiga yaitu investasi.
Investasi ini bagi anda yang memang tidak mau berdagang tapi memang anda murni di investasi maunya. Sekali lagi investasinya bukan di bank ya hehehe. Tapi investasi yang paling saya rekomendasikan untuk kaum milenial adalah menabung emas. Kenapa? Menabung saham, boleh. Menabung properti, boleh. Tapi menabung properti tidak semudah menabung emas di indonesia. Dan menabung saham juga tidak semudah menabung emas di indonesia. Karena kalau menabung emas ini, saya kira dari semua kalangan juga bisa ya. Jaman sekarang nabung emas juga ada yang digital ya lebih mudah lagi malah ibarat mencicil. Jadi menabung emasnya itu bisa dimulai dibawah dari 1 gram. Bahkan ada yang menyediakan mulai dari 10 ribu aja gile bener… Semakin gampang aja perasaan investasi jaman now ini. Nah disitu anda bisa menabung emas menggunakan HP saja. Bahkan ga perlu dateng ke kantornya cukup lewat HP daftarnya.

Dukung kami di trakteer (disini)

Background photo created by denamorado – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *