Hampir semua orang pengen kaya. Sayangnya, mereka cuma bermimpi tanpa pernah merencanakannya. Padahal, sama seperti cita-cita tinggi lainnya, jadi kaya juga butuh rencana loh. Apa aja?

Pertama, definisikan makna kaya.
Kaya itu istilah yang luas dan relatif. Orang bisa dibilang kaya dengan nominal aset berapapun. Kalau mengejar yang tak pasti, jelas ga bakal ada ujungnya. Makanya, definisikan makna kaya bagi dirimu sendiri, seperti berapa target aset yang pengen kamu miliki.

Kedua, kejar tujuan yang jelas.
Setelah dapat makna kaya, maka tujuan keuangan kamu bakal lebih terarah. Fokus mencapai tujuan keuangan tersebut dengan berbagai cara, mulai dari mengelola aset yang ada sampai mencari pundi-pundi penghasilan.

Ketiga, rencanakan jalur karier atau bisnis.
Sebelum kelola uang, jelas kita harus punya uang dulu dong? Sumbernya bisa dari karier atau bisnis kamu ke depan, misal berapa target penghasilan yang ingin kamu miliki dalam 5 tahun ke depan.

Keempat, sesuaikan pengeluaran, penghasilan dan tujuan keuangan.
Selain gajian dan belanja, pastikan tujuan keuangan buat jadi kaya ini jadi bagian dari rencana kamu. Sesuaikan pengeluaran dan penghasilan supaya bisa sisihkan sebagian (banyak) penghasilan untuk ditabung dan diinvestasikan.

Kelima, ketahui profil risiko dengan benar.
Investasi bisa jadi alat buat mempercepat tujuan keuangan kamu.. Tapi, kenali dulu ya sejauh apa risiko yang bisa kamu tanggung.

Begitulah teman-teman. Siap memulainya? Tulis siap ya kalau kamu sudah siap di kolom komentar dan apa alasan kamu pengen jadi kaya

Background photo created by denamorado – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *