Memencet komedo bukanlah cara untuk menghilangkan kulit tersebut. Cara menghilangkan komedo dengan memencet ini tentunya menyakitkan ya. Belum lagi jika diekstraksi, komedo ini dilakukan sembarangan tanpa bantuan ahli. Dapat menyebabkan kulit meradang dan akhirnya menjadi jaringan parut. Lalu adakah cara lain untuk menghilangkan komedo tanpa memencetnya? Temukan jawabannya disini ya.

Sebenarnya memencet komedo menggunakan tangan sangatlah tidak dianjurkan. Tindakan itu akan membuat pori-pori wajah membesar dan kotoran mudah masuk. Sehingga timbul jerawat. Komedo muncul akibat pori-pori tersumbat, sel-sel kulit mati dan minyak berlebih. Gangguan tersebut ada 2 macam yakni komedo putih dan komedo hitam. Komedo putih terbentuk ketika sel-sel kulit mati, minyak dan bakteri yang menyumbat pori-pori atau whitehead biasanya dipicu perubahan hormon. Masalah itu kerap timbul pada masa pubertas, atau menstruasi , kehamilan , atau menopause. Komedo hitam merupakan benjolan kecil yang muncul pada permukaan kulit karena tersumbat folikel rambut atau pori-pori oleh kotoran minyak dan sel-sel kulit mati. Biasanya komedo jenis ini lebih terlihat pada wajah seseorang ketimbang komedo putih. Jika kalian ingin membersihkannya kamu tidak boleh menggunakan tangan kosong, karena dapat beresiko menimbulkan jerawat. Kamu bisa menghilangkan komedo secara alami tanpa memencetnya.

Namun sebelum kamu menghilangkan komedo, kamu harus mengetahui penyebab terjadinya komedo sehingga dapat mencegahnya di kemudian hari. Penyebab timbulnya komedo yang pertama adalah menumpuknya bakteri pada permukaan kulit. Iritasi pori-pori kulit akibat mencuci wajah terlalu kasar, perubahan hormon, konsumsi obat-obatan tertentu, seperti kotikosteroid. Kulit terlalu lembab dan berminyak. Terkena bahan kimia kosmetik ataupun makeup. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak juga sangat berpengaruh. Nah sekarang yuk kita simak cara menghilangkan komedo.

Putih telur
Masker wajah putih telur tidak hanya membantu mencegah komedo tetapi juga dapat menyerap minyak berlebih. Putih telur membantu mengurangi komedo hitam dan putih yang membandel. Putih telur mengandung albumin yang berfungsi mengencangkan pori-pori selain itu putih telur juga dapat membuat wajah menjadi lebih cerah. Kamu dapat membuat masker putih telur yang dicampur sedikit perasan jeruk lemon. Tapi kamu harus hati-hati ya ketika menggunakan lemon, khususnya bagi yang mempunyai kulit wajah yang sensitif. Cara membuat masker putih telur yaitu campurkan putih telur dengan 1 sendok teh madu atau lemon. Menggunakan masker tersebut 1 atau 2 kali seminggu.

Lidah buaya
Siapa sih yang ga tau manfaat lidah buaya? Pemanfaatan lidah buaya tidak hanya sebatas menjadi tanaman hias di rumah, lidah buaya juga sering dimanfaatkan sebagai obat dari bahan alami ataupun untuk kesehatan. Khasiatnya banyak digunakan sebagai perawatan tubuh bagi manusia ataupun untuk menyembuhkan luka. Lidah buaya bisa menenangkan kulit, membersihkan pori-pori dan juga mengontrol produksi minyak berlebih. Oleh sebab itu lidah buaya bisa menjadi cara untuk menghilangkan komedo, jerawat dan masalah kulit lainnya. Lidah buaya dipercaya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan kulit. Tumbuhan itu mampu membersihkan dan mengecilkan pori-pori serta mengontrol produksi minyak yang berlebih. Lidah buaya menjadi salah satu cara untuk menghilangkan komedo secara alami dan ampuh. Cara membuat masker lidah buaya adalah sebagai berikut : ambil lidah buaya dan potong menjadi beberapa bagian. Kupas kulitnya dan ambil gel lidah buayanya. Haluskan terlebih dahulu, oleskan pada wajah, diamkan selama 10 menit. Kemudian bilas wajah dengan menggunakan air hangat.

Cuka sari apel
Cuka sari apel bisa digunakan untuk menghilangkan komedo. Sifat antibakterinya akan membunuh semua bakteri berbahaya yang ada di kulit. Sehingga dapat membersihkan pori-pori. Cuka apel adalah herbal serbaguna yang disebut-sebut dapat memberikan efek positif bagi kesehatan. Dan ternyata sudah dikenal sejak jaman yunani kuno loh. Cuka dari buah apel merupakan salah satu bahan pengobatan yang banyak dipakai oleh ahli kesehatan di masa lalu. Mengkonsumsi cuka sari apel secara teratur dapat menurunkan luka dan lemak dalam darah. Dapat membantu mencegah penyakit jantung. Sedangkan untuk cara menghilangkan komedo dengan cuka sari apel, tinggal celupkan kapas ke cuka sari apel lalu tempelkan kapas di wajah, fokuskan di daerah yang memiliki komedo dan biarkan mengering. Lakukan ini setiap hari untuk hasil yang maksimal. Jika memiliki kulit sensitif, campurkan cuka sari apel dengan air terlebih dahulu agar tidak terlalu perih ya.

Oatmel
Oatmel umumnya dikonsumsi sebagai menu sarapan. Namun sebenarnya ada banyak manfaat oatmel untuk wajah dan kulit loh. Mulai dari mengatasi kulit kering hingga kulit gatal-gatal. Manfaat tersebut dapat diperoleh dari beragam nutrisi yang terkandung di dalam oatmel. Oat merupakan biji-bijian yang berasal dari tanaman gandum. Tanaman ini bisa diolah menjadi beragam jenis makanan. Dan salah satunya adalah bubur, gandum atau oatmel. Makanan ini dapat menghilangkan sel kulit mati juga loh sampai ke akar-akarnya. Selain itu oatmel juga mengandung sifat anti inflamasi. Sehingga cocok untuk digunakan sebagai bahan untuk exfoliasi kulit. Cara membuat masker oatmel adalah campurkan 2 sendok makan oatmel dengan 2 sendok makan yoghurt. Tambahkan perasan lemon dan minyak zaitun. Buat pasta halus dan oleskan pada wajah. Biarkan selama 10-15 menit Kemudian bilas dengan air dingin. Oleskan masker ini seminggu 2x ya.

Pasta gigi
Pasta gigi tidak hanya mampu membersihkan gigi dan mengharumkan napas kita. Tapi juga dapat menghilangkan komedo loh berkat sensasi mint nya. Kandungan mint dalam pasta gigi akan membuka pori-pori yang tersumbat dan akan lebih mudah mengeluarkan komedo. Mungkin kalian tidak pernah mencobanya ya tapi ternyata ia mampu untuk menghilangkan komedo di wajah kita. Cara menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan komedo adalah oleskan pasta gigi di permukaan hidung , diamkan selama 5 menit hingga kering. Teteskan air dan pijat memutar. Kemudian bilas dan tempelkan es batu supaya pori-pori tertutup kembali. Gunakan pelembab setelah menggunakan pasta gigi.

Image Designed by starline / Freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *