Bagi kamu yang mengalami kondisi jerawat sangat parah pasti akan ketakutan memiliki bekas jerawat seperti bopeng. Pasalnya bopeng di wajah biasanya meninggalkan luka yang cukup dalam pada lapisan kulit. Bopeng dari jenis bekas jerawat paling meresahkan karena mengubah tekstur pada wajah sehingga mengganggu penampilan. Bopeng di wajah umumnya berbentuk cekungan seperti lekukan atau lubang. Menurut Healthline bekas jerawat bopeng termasuk kategori atrophic scars karena kekurangan kolagen pada proses penyembuhan. Lantas bagaimana cara menghilangkan bopeng bekas jerawat demi wajah yang kembali mulus ? Simak tipsnya ya.

Cara menghilangkan bopeng yang pertama, yaitu dengan menggunakan skincare yang diperkaya dengan bahan centella asiatica. Centella asiatica adalah tanaman herbal yang mengandung komponen zat zat aktif seperti asiaticoside dan asiatic. Bagian senyawa penting tersebut di klaim efektif dapat membantu meredakan iritasi dan memperbaiki lapisan kulit terluar yang rusak. Centella asiatica juga dipercaya mengandung kandungan antioksidan tinggi, memiliki efek antibakterial serta dapat meningkatkan produksi kolagen di kulit. Tak hanya itu, berbagai penelitian yang dilakukanpun memang menunjukkan adanya manfaat pemberian ekstrak centella asiatica ini untuk mempercepat penyembuhan luka baru dan mencegah terbentuknya bekas luka. Jadi mulailah untuk cari-cari skincare yang mengandung centella asiatica ya ladies.

Kedua, pijat wajah memang terlihat mudah dan ternyata bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bopeng jerawat. Biasanya kamu akan berusaha sebisa mungkin menyentuh muka dengan tangan. Tapi ternyata ga selamanya hal ini bisa menambah jerawat loh. Dilansir dari womenhealth, Sadie adams mengatakan bahwa menyentuh wajah dapat mengurangi kelebihan minyak, mengurangi tekanan dan mendongkrak sirkulasi. Metode sederhana ini juga dipercaya dapat mengurangi peradangan saat berjerawat serta dapat juga menghilangkan racun. Belum lagi pijat wajah juga bisa menurunkan tingkat stress dan mengontrol hormon penyebab jerawat. Kamu hanya perlu waktu 5 menit untuk memijat wajah dilengkapi serum atau facial oil. Caranya pijat menggunakan telunjuk dan ibu jari dimulai dari dagu, lalu bergerak ke atas menuju telinga. Kemudian step selanjutnya gunakan telunjuk dan jari tengah dengan menekan area di bawah tulang pipi. Dari tengah wajah ke arah luar menuju pelipis. Selain itu keuntungan dari cara ini juga tidak memiliki efek samping apapun.

Ketiga, menjaga kelembaban kulit dengan memanfaatkan minyak alami untuk mengurangi bopeng bekas jerawat. Beberapa jenis minyak alami seperti minyak zaitun dan minyak lavender yang diklaim mengandung antioksidan alami yang dapat membantu mempercepat penyembuhan luka bekas jerawat. Disamping itu, misalnya pada minyak zaitun, minyak ini kaya akan vitamin E dan K serta minyak jenuh di dalamnya. Kandungan ini dikenal efektif memutihkan kulit dan menyamarkan luka bopeng bekas jerawat. Kamu bisa menggunakan salah satu dari kedua minyak tadi, dengan cara mengoleskannya ke area bopeng di wajahmu, layaknya sedang memakai masker dan biarkan selama 5 menit.

Keempat, dikenal untuk mengatasi masalah rambut, ternyata lidah buaya juga bisa membantu kamu untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat di wajah. Didalam lidah buaya terdapat kandungan asam folat dan kolin yang cukup tinggi. Dimana kandungan ini dapat digunakan untuk memperbaiki beragam masalah dan menjaga kesehatan kulit. Bahkan lidah buaya juga dapat bertindak sebagai anti bakteri untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Membantu menghilangkan minyak berlebih, mengangkat sel kulit mati, dan bakteri yang menyumbat pori-pori. Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang bisa kamu lakukan dengan lidah buaya yaitu dengan mengupas kulit lidah buaya dan oleskan cairannya ke bagian bopeng. Diamkan cairan tersebut di wajah selama kurang lebih 30-50 menit, hingga mengering. Setelah itu bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan kamu bisa membilasnya dengan air hangat, dan melakukan cara ini secara rutin supaya bopeng di wajahmu bisa segera hilang.

Kelima, terakhir kamu bisa memanfaatkan jeruk nipis dan madu untuk menghilangkan bopeng di wajah. Pemilihan jeruk nipis ini bukan tanpa alasan. Jeruk nipis diketahui mengandung asam sitrat yang memiliki peranan sebagai exfoliat. Dimana asam sitrat ini akan memicu pengelupasan sel-sel kulit mati dan memicu pertumbuhan sel-sel kulit baru. Selain itu asam sitrat ini juga berfungsi untuk mencegah infeksi dan iritasi penyebab jerawat. Selanjutnya jeruk nipis memiliki sifat pencerah kulit dimana hal ini akan sangat bermanfaat untuk mempercepat proses penghilangan bopeng bekas jerawat di kulit kamu. Plus jeruk nipis juga mengandung zat astringen yang bermanfaat untuk memperkecil pori-pori dan juga mengusir kotoran dan minyak berlebih yang menempel pada kulit serta dapat menyamarkan bekas jerawat. Cara membuat ramuan ini yaitu siapkan 1 sendok makan madu, kemudian ambil 1 sendok air perasan jeruk nipis. Campurkan kedua bahan tersebut dan oleskan ke seluruh wajahmu yang terdapat bopeng. Setelah itu diamkan sekitar 20-30 menit dan bilas dengan air bersih.

Flower photo created by kbza – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *