Banyak yang nanya yah di forum-forum, di youtube, di komentar-komentar, ada ga sih cara pasti buat jadi orang kaya? Well kalau ada yang tau mah pasti sudah banyak orang kaya ya di dunia ini. Tapi saya bisa bilang ada habit-habit yang menurut saya kelihatan di orang kaya. Dan saya alami sendiri di sekitar-sekitar saya.

Apa sih habit yang dimiliki sama setiap orang kaya yang paling ngaruh banget dan terbukti secara scientific menambah probabilitas orang untuk kaya.
Yang pertama, saya akan mengangkat sebuah riset yang disebut dengan marshmallow studies. Jadi gini temen-temen, di dalam sebuah riset beberapa anak-anak dipantau dari umur dia muda sampai mereka umur 40. Anak-anak yang punya penghasilan lebih adalah mereka yang mampu untuk menyimpan kenikmatan sesaatnya. Tes marshmallow nya dimana, mereka akan dikumpulkan di sebuah ruangan. Kemudian anak-anak ini akan diberikan instruksi yang simpel banget. “Kamu boleh makan marhmallow ini sekarang, atau kalau kamu tunggu berapa menit lagi, saya akan balik dan kasih kamu 2 marshmallow”.
Nah sesimpel itu teman-teman, lalu ditarik garis ke 20-30 tahun sesudahnya. Ternyata anak-anak ini akan membentuk 2 jalur yang berbeda. Anak-anak yang jago untuk menahan diri dari kesenangan sesaat, mereka cenderung punya penghasilan yang lebih tinggi dan bahkan ga sedikit dari mereka yang menjadi kaya.
Berikutnya dengan anak-anak yang gabisa menahan diri dari kesenangan sesaatnya, harus makan marshmallow nya saat ini juga, kecenderungannya mereka punya pendapatan yang jauh lebih rendah, dan lebih sedikit daripada mereka yang menjadi orang kaya.

Makanya temen-temen, saya ga kaget ketika mendengar cerita misalkan Raditya dika, tadinya saya ga kenal dengan orang ini, ternyata temen-temen di usia dia sekarang yaitu 35 tahun, dia sudah mengumpulkan cukup dana pensiun untuk kebutuhan hidup. Waow luar biasa kan? Tapi yang mungkin kalian belum tau adalah dia termasuk salah satu orang yang berhasil ngelewatin marshmallow tadi. Ketika dia diumur 20 an, lalu dia mulai sukses , berhasil , menjadi develop , penghasilan menjadi lebih bagus. Dan ada momen dimana dia bisa beli sports car. Dia tahan niatnya dia, dia berpikir dan berhitung, kalau dia ga beli sports car nya sekarang, well ya saya beli mobil juga sih tapi ga perlu sampai semewah itu. Saya bisa lebih cepat dong mendapatkan dana pensiun? Pahami bahwa di dalam setiap penghasilan kita hari ini, itu ada titipan dari diri kita di masa depan , ada titipan dari musim-musim hidup yang tidak bisa ditebak seperti pandemi sekarang. Dan ada titipan dari teman-teman dan saudara-saudara kita yang tidak mampu.

Jadi temen-temen ketika kamu punya penghasilan hari ini, misalkan 20 juta deh. Itu bukan buat dipakai semuanya. Itu dipakai untuk mempersiapkan masa depan. Dipakai untuk saat-saat sulit. Dipakai juga untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan. Sadari bahwa kesenangan jangka panjang di masa depan, lebih berharga daripada kesenangan sesaat di hari ini.

Sekarang habit ke 2, saya ingin ngajak temen-temen untuk membiasakan diri riset sebelum nyinyir. Coba pikir-pikir lagi berapa banyak diantara kita yang ngeliat temen kita, saudara kita atau influencer di instagram, berpakaian mewah, sneakers mewah, ngomongin punya gadget yang bagus, kita langsung bilang : boros banget nih orang ya hemat dong cui. Saya pengen ngajak temen-temen untuk riset dulu sebelum nyinyir, itu akan membawa kita kepada habit yang berikutnya. Gini deh, anggap kamu punya kesempatan untuk membeli sebuah HP, akhirnya nih pilihannya membawa kepada belli oppo yang 10 jutaan atau iphone yang 18-20 jutaan. Secara sekilas, kita akan ngomong ngapain sih beli hp mewah gitu kan boros. Seringkali temen-temen ada faktor-faktor dibelakangnya yang kita ga tau, saya pengen ngajak ke kalian bukan ngeliat dari harga barangnya tapi dari value barangnya yang juga sesuai dengan umurnya.

Secara pengalaman pribadi, maaf ya buat kalian yang pakai brand tertentu saya ga bermaksud menyinggung apapun disini. Ini hanya berdasarkan pemakaian saja. Buat oppo pemakaian itu kurang lebih sekitar 2 tahunan. Sementara untuk iphone itu bisa sampai 4 tahunan. Artinya apa, kalau kita hitung cost per use, HP oppo tadi, 10 juta tapi 2 tahun, per tahun kita pakai itu jadi 5 juta. Sebaliknya si iphone tadi, per tahun kita pakai kurang lebih jadi 4,8 jutaan. Hampir sama memang. Tapi kalian bisa lihat ga bahkan ini bisa jadi lebih murah karena umurnya yang lebih panjang. Lebih dalam lagi, saya mau mengenalkan, ketika kita membeli suatu barang, bukan hanya cost per use nya saja yang kita hitung, tapi kita hitung ROI nya / return on investment. Yang mungkin kalian ga tau adalah , misalkan kalau pakai oppo, kualitas yang dihasilkan, video dan foto yang dihasilkan , kualitas konten yang dihasilkan itu biasa-biasa saja. Tapi kalau dia pakai iphone, kualitas foto atau video yang dia hasilkan bisa dia pergunakan untuk pekerjaan dia sebagai influencer tadi.

Coba sekarang kita hitung-hitungan sederhana deh ya. Kalau kamu seorang influencer, dengan follower katakan 20k, 1 postingan instagram kamu 1 juta itu masuk akal banget. Banyak brand yang bersedia membayar 1 posting 1 juta. Kalau dia sebulan, terus ngeposting 10x aja deh. Berarti dengan harga postingan 1 juta. Sebulan dia bisa dapet 10 juta. Kalau dikalikan setaun, jadi 120 juta. Kalau dikalikan umur dia tadi 4 taun, jadi menghasilkan 480 juta. Makanya jangan kaget kalau ngeliat di instagram ada gadget baru mereka upgrade. Karena itu menghasilkan uang buat mereka. Yang jadi masalah adalah kalian-kalian semua yang nyinyir, ikutan beli tapi ga dipake buat apa-apa. Jadi habit yang mereka lakukan disini adalah hitung apakah cost per use nya masuk akal, bisa jadi dengan beli barang yang lebih mahal malah biaya per pakainya lebih murah. Yang kedua, biasakan invest di aset yang produktif. Bukan cuma aset yang konsumtif. Beli aset yang konsumtif apa? Beli hp terus, beli mobil tapi ga difungsikan untuk apa-apa. Ya sekedar untuk punya dan gaya-gayaan aja.

Banyak orang diluar sana yang investasi di jam tangan, keliatannya kaya lagi boros gitu. Tapi ternyata temen-temen jam tangan yang dia beli itu adalah tipe khusus, vintage dan banyak yang cari dan langka, harga yang dia beli sekarang, 2-3 tahun kemudian bisa dijual lagi dengan harga yang lebih tinggi. Jadi temen-temen tahan dulu lidahnya ya sebelum nyinyir. Pastikan kita tau dulu, riset dulu sebelum nyinyirin orang.

Habit ke 3, saya pengen ngajak kalian untuk berpikir. Berapa lama dan berapa banyak investasi yang kita butuhkan, setiap bulannya, kalau kita mau mendapatkan 1 miliar. Kalau kita punya uang 1 juta, lalu setiap bulan kita bisa setor 1 juta, dengan kita investasikan di instrumen yang basic aja ya kita katakan bunganya sekitar 6% per tahun. Kita butuh 30 tahun, supaya 1 juta tadi menjadi 1 miliar. Nah tapi ada yang bilang lagi, tapi saya pengen lebih cepet dong. Bisa. Pilihannya kalau kamu mau lebih cepat ya setoran bulanannya kamu lebihin dong. Coba bulanannya kamu setor menjadi 2 bulan. Dengan return yang sama sekitaran 6% an per tahun, kalian bisa mencapai 1 miliar itu selama 20 tahun. Masih kurang cepet? Oke . 10 tahun mau? Gimana caranya? Kalian invest 1 juta di awal, lalu setor 5 juta setiap bulannya, dengan return yang masih sama yakni 6% an per tahunnya.

Pertanyaannya, return 6% ini darimana? Dari berbagai macam obligasi, saham, reksadana, emas. Jadi temen-temen habit terakhir ini jangan kita tergoda melulu gimana cara cepat kaya. 10 tahun memungkinkan ga buat punya 1 miliar? Memungkinkan dong. Lebih baik kita mengejar return yang konsisten, setiap tahunnya. Daripada sibuk mengejar return yang luar biasa untuk menjadi kaya. Gabisa konsisten. Bahkan yang lebih sering terjadi adalah ketika kita sibuk mencari return yang wah, yang besar, malah kita jadi gampang kena tipu.
Nah saya mau mengenalkan anda mengenai keajaiban yang ke 8 yaitu compound interest. Yaitu bunga berbunga. Seringkali yang menjadi patokan adalah millionaire. Oke kamu pernah nanya ga untuk menjadi millionaire kamu butuh duit berapa dan berapa lama untuk invest.

Dengan perhitungan bunga 7% setahun, ternyata untuk menjadi millionaire, kita cukup invest 30 jutaan setiap tahun, tapi butuh waktu 50 tahun untuk menjadi millionaire. Misalkan kalian mau lebih ekstrim. Misalkan kamu cuma punya waktu 15 tahun, misalkan kamu 20 dan umur 35 udah pengen jadi millionaire, berapa banyak yang harus kalian invest setiap tahun, kalian harus invest 500 juta setahun kurang lebih untuk jadi millionaire di tahun ke 15.
Nah itu kan millionaire ya jauh banget dah pikirannya.
Ga usah sejauh itulah. Sekarang kamu coba dapetin 1 miliar kamu dulu deh yang pertama. hehehe

Nah itulah habit yang dimiliki orang kaya ya teman-teman. Ingat ya ga ada yang salah jika kita ingin menjadi kaya, tapi berbahaya kalau kita ingin kaya dengan cara yang instan.

Background photo created by freepik – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *