Jawaban pendeknya yaitu tidak ada kewajiban untuk itu ya. Jadi, ketika anda membuka rekening saham, di salah satu sekuritas itu adalah bebas. Jadi anda buka, ada persyaratan deposit awal . Setelah anda setor deposit awal kemudian selanjutnya itu anda tidak perlu melakukan deposit lagi juga terserah. Jadi kalau saya ibaratkan rekening sekuritas itu adalah rekening yang netral. Artinya anda mau pakai buat apa itu bebas. Anda mau pakai buat nabung saham bisa, anda mau pakai buat trading juga bisa, mau anda pakai buat investasi jangka panjang dengan lumpsum gitu ya sekali besar dana masuk habis itu anda tidak otak atik lagi sampai 5 tahun 10 tahun itu juga tidak ada masalah. Tidak ada peraturan yang mengharuskan anda untuk deposit lagi.

Tetapi memang , strategi menabung yang terbaik dalam menabung saham intinya adalah berkala. Jadi disarankan untuk anda menabung berkala setiap bulan, namun sebetulnya tidak harus setiap bulan teman-teman. Anda bisa menabung itu di beberapa bulan sekali gitu. Misalkan 2 bulan sekali, 3 bulan sekali, itu anda sisihkan penghasilan kalau misalkan tiap bulan belum cukup untuk menabung sahamnya agak mahal gitu, anda bisa sisihkan dan taruh di RDN kemudian pada saat 3 bulan anda belikan sahamnya. Itu juga boleh. Atau Alternatif lainnya anda melihat dari sisi teknikal analisanya, jadi liat chart nya. Anda sediakan cash di RDN, kemudian ketika chartnya itu berkata oke kita bisa entry, anda baru entry.
Itu mungkin 3 – 4 bulan anda baru entry. Itu juga tidak ada masalah.

Dan di dalam saham ini anda bisa tarik sewaktu-waktu gitu ya. Misalkan anda taruh dana disitu dan kemudian ada kebutuhan mendadak gitu ya, anda bisa langsung jual sahamnya, kemudian T+2 setelah settlement, dananya akan masuk kembali ke RDN anda. Nah itu anda bisa melakukan penarikan dana, dan biasanya T+1 dananya akan masuk ke rekening pribadi anda.

Semoga membantu ya.
Ada yang ingin bertanya silahkan di kolom komentar.

Background photo created by freepik – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *