Kesempatan kali ini, saya akan membahas lagi bicara soal ciri-ciri orang yang sukses, ciri-ciri orang yang berhasil. Ternyata mereka itu punya 1 kemiripan. Yaitu mereka punya KUALITAS. Oleh sebab itu saya kali ini akan membahas tentang kualitas yang dimiliki oleh orang sukses.

Pertama, orang sukses itu selalu bersemangat. Mereka itu selalu passionate. Passionate itu adalah orang yang selalu bersemangat. Saya ga pernah ketemu orang yang sukses itu loyo, pesimis, apatis, tidak percaya diri, tidak ada. Orang sukses itu meskipun dia kena masalah kena problem tetapi selalu mempunyai respon positif. Kata kuncinya respon, mereka itu tidak pernah melihat sesuatu yang negatif itu sebaga suatu musibah dan bencana. Tapi mereka menganggap itu sebagai pembelajaran. Oleh sebab itu kita ambil contoh seperti Michael Jordan, dimana beliau itu awalnya cuma seorang yang sangat ingin tampil di MBA. Dia tidur di lapangan basket, saking cintanya. Cita-citanya itu dia ingin jadi pemain besar suatu hari nanti. Dia bahkan pernah dikeluarkan dari tim sekolahnya. Dia juga pernah gagal, dia pernah menangis terpuruk di malam hari tetapi seorang jordan ini tidak pernah patah semangat.
Dia selalu gigih dia bangkit berjuang. Itulah kualitas beliau. Sehingga apa? Beliau tidak perlu mengejar sukses, sukses yang mengejar dia.
Banyak orang yang mengeluh kenapa saya tidak kunjung sukses? Sekarang anda tanya pada diri anda sendiri, apa anda punya kualitas ini? Kalau anda tidak punya kualitas ini, maka lupakan saja. Jadi itu nomor 1, bicara soal kualitas, orang yang selalu bersemangat.

Kedua, orang sukses itu pantang menyerah. Saya ambil satu contoh Thomas Alva Edison penemu lampu. Dia itu hampir gagal 10 ribu kali. Seandainya Thomas Alva Edison berhenti ketika kegagalannya yang ke 8 ribu, tidak ada hari ini lampu itu. Orangnya tidak pernah menyerah. Kita juta lihat penemu Kentucky Fried Chicken yaitu Kolonel Harland Sanders. Beliau mengalami kegagalan ke 1008 kali. ke 1009 kali resepnya diterima di kota Kentucky dan akhirnya jadilah ketucky fried chicken seperti hari ini. Kita juga lihat kisahnya JK Rowling yaitu dia pernah ditolak 12 publisher sebelum akhirnya diterima menjadi buku Harry Potter. JK Rowling seorang wanita yang pernah depresi putus asa tapi beliau tidak pernah menyerah. Kita juga lihat bintang film terkenal orang yang sangat gigih dan tangguh, beliau ditolak 1544 kali. Anda lihat ini semua kisah orang sukses. Mereka tidak pernah menyerah pada penolakan yang pertama. Mereka juga tidak pernah menyerah di penolakan yang ke sepuluh atau dua puluh. Mereka adalah orang yang terus gigih berjuang dan bertahan pada masa-masa yang sulit itulah ciri-ciri dan kualitas orang-orang yang sukses. Apakah anda punya?

Ketiga, orang sukses selalu keluar dari zona nyaman mereka. Orang sukses selalu melakukan hal-hal yang tidak dia sukai. Banyak orang ngomong pengen kurus, kamu sukanya apa? Saya pikir olahraga, eh sukanya makan. Kalau kamu pengen kurus ya lakukan olahraga. Kamu sukanya makan. Lakukan hal yang tidak kamu sukai. Olahraga. Maka lambat laun kamu akan kurus. Saya ga suka sayur, ya makan sayur, dll. Saya pernah mendengar sebuah kisah, salah seorang juara dunia. Saya lupa namanya. Beliau mempunyai body yang sangat langsing, body yang sangat bagus, badan yang keren. Tapi dia paling doyan makan es krim. Tapi yang hebat, ditanya, selama 5 tahun anda ga makan es krim? Ya. Dia paling doyan makan es krim tapi dia sudah ga makan es krim selama 5 tahun. Dia melakukan hal-hal yang tidak dia sukai. Itulah namanya keluar dari zona nyaman. Banyak manusia kalau dia pengen sukses, kualitas melawan rasa sakit dalam diri sendiri itu dia tidak punya. Akhirnya dia selalu melakukan hal-hal yang dia sukai, dia selalu melakukan hal-hal yang dia senangi. Padahal belum tentu itu membangun. Dan itu kualitas yang harus anda miliki.

Keempat, orang sukses selalu mempunyai target yang baru. Orang berhasil, orang yang sukses, dengan kualitas yang dia miliki tidak pernah puas dengan target yang sudah dia capai. Dia akan terus memperbaiki diri dia, dia akan terus meningkatkan kualitas diri, dan dia tidak pernah menyerah dengan keadaan. Itulah kualitas yang harus anda miliki.

Kelima, fokus. Bicara soal fokus, saya kira saya ga perlu membahas lagi. Orang sukses, mereka itu tidak pernah mencabang. Mereka pasti konsisten mengerjakan 1 bidang dan konsisten. Kalau anda mencabang, tidak akan pernah ada kesuksesan jika anda mencabang. Michael jordan terkenal menjadi fenomenal karena dia legenda basket. Dia pernah hobinya golf, dia juga pernah bermain golf, tapi itu hanya hobi. Tapi beliau tidak pernah menjadi legenda golf, kenapa? Karena bidangnya basket, sekalipun anda suka berolahraga. Michael jordan juga mungkin bisa berolahraga yang lain, sepak bola mungkin. Tetapi dia terkenal di bidang basket. Kalau anda mau menjadi legenda di bidang anda, anda harus menjadi terbaik di bidang anda, anda harus fokus. Jangan baru anda mengerjakan hal 1 tahun, tidak ada hasil, menyerah pindah ke bidang yang lain. 2 tahun menyerah ke bidang yang lain. 5 tahun menyerah pindah ke bidang yang lain. Pertanyaannya sampai kapan harus bertahan jika tidak ada hasilnya? Yang tau jawabannya anda sendiri. Anda harus cari mentor terbaik di bidangnya. Tentu anda harus menyesuaikan jaman. Tetapi ada bidang-bidang yang tidak akan tergerus oleh jaman. Contohnya seperti olahraga mungkin, contoh lain juga dalam dunia bisnis, kalau anda ingin terbaik di bidang anda, maka lakukan yang terbaik. Sesuaikan adaptasi dengan jaman.

Keenam, terus belajar dan adaptasi. Anda harus terus belajar. Tidak ada orang sukses itu tidak mau belajar, tidak ada orang yang sukses itu dia “tahu segalanya”. Ingat, ketika anda hari ini menjadi yang paling hebat, maka besok sudah ada orang yang lebih hebat lagi dari anda. Ketika besok sudah ada yang lebih hebat, minggu depannya lagi sudah ada orang yang lebih hebat. Ingat, orang sukses itu selalu mereka belajar dari orang lain. Begitu juga kalau anda suatu hari sukses, akan ada orang yang belajar dari anda. Dan dia akan memperbaiki, dia akan improvisasi kalau anda tidak terus adaptasi , tidak terus belajar, maka anda akan disalip oleh mereka. Itulah kualitas yang harus anda miliki.

Semoga bermanfaat.

Image Designed by starline / Freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *