Pengenalan Bitcoin dan Cryptocurrency

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan tutorial pengenalan tentang Bitcoin dan Cryptocurrency.
Sebelum kita belajar lebih jauh tentang bitcoin, kita akan belajar terminologinya terlebih dahulu. Jadi kalau kita ingin belajar bitcoin, ada terminologi yang tidak dapat kita lepaskan yang kita harus mengerti terlebih dahulu. Yang pertama adalah yang namanya blockchain. Yang kedua yang kita sebut sebagai cryptocurrency atau mata uang digital. Yang ketiga ya bitcoin itu sendiri.
Nah sebenarnya blockchain ini apa?
Blockchain ini anda dapat pahami dari beberapa sisi tentunya. Ada dari sisi teknis yang kompleks. Dan yang kedua dari sisi bahasa manusia yang sederhana. Walaupun tidak terlalu mudah untuk dimengerti. Tapi saya akan coba dengan cara yang paling sederhana.

blockchain sendiri adalah teknologi yang berada di balik bitcoin, suatu buku besar atau yang disebut sebagai ledger yang sifatnya terdistribusi. Artinya tidak dimiliki oleh satu entitas, tetapi terdistribusi di dalam jaringan bitcoin itu sendiri. Dimana jaringan ini akan mencatat transaksi yang ada antara pihak tanpa entitas terpusat. Jadi tidak ada entitas yang mengontrol jaringan ini untuk melakukan verifikasi dan menjalankan transaksi.
Saya akan berikan contoh seperti ini :
Misalkan kita ambil contoh sebuah transaksi yang terjadi normal. Misalkan ada 2 pihak namanya pak agus dan pak budi. Agus ini ingin mentransfer uang rupiah kepada pak budi, yang dilakukan apa? Pa agus akan menghubungi bank yang dimilikinya misalkan bank A, dan mentransfer ke bank B. Nah di bank A ini akan ada catatan atau ledger dari posisinya pak agus. Misalkan pak agus punya uang berapa, ada catatan apa saja, ledger ini tidak terbuka, ini tertutup untuk pak agus sendiri. Kemudian bank A ini setelah melakukan validasi segala macam, maka dana ini akan ditransfer ke pak budi melalui bank B, sedangkan bank B ini pun akan melakukan verifikasi data dst.

Ini adalah contoh transaksi normal sehari-hari. Dimana ini sangat jauh berbeda dengan melakukan transaksi di Blockchain. Nah saya akan menjelaskan masih menggunakan contoh yang tadi pak budi dan pak agus dari perspektif blockchain.
Misalkan pak agus juga ingin mentransfer juga tapi bukan dalam bentuk rupiah, tetapi dalam bentuk bitcoin. Nah ketika mentransfer ini, maka buku besarnya ada di dalam jaringan blockchain. Jaringan ini terdiri dari komputer yang terhubung. Misalkan ada komputer A, komputer B, komputer C. Semuanya terhubung satu sama lain yaitu yang disebut jaringan bitcoin atau blockchain. Yang masing-masing ini memiliki ledger. komputer A ini memiliki ledger, komputer B juga memiliki ledger, komputer C pun memiliki ledger. Nah masing-masing ledger ini tuh tidak terpusat. Jadi terdistribusi dan tidak terbuka. Semua orang bisa melihat setiap transaksi apapun yang terjadi di dalam jaringan ini.

Kemudian pak agus ini akan divalidasi oleh seluruh jaringan network ini (jaringan blockchain ini). Setelah diverifikasi maka bitcoin ini akan pindah, dari pak agus ke pak budi. Jadi tidak ada entitas pusat yang akan memvalidasi transaksi tersebut. Tapi yang memvalidasi itu adalah jaringan blockchain itu sendiri. Begitulah kurang lebih kerja bitcoin. Kita akan melanjutkan mengenai cryptocurrency. Cryptocurrency sendiri adalah sebutan untuk mata uang digital yang dapat menyimpan nilai. Ada banyak Cryptocurrency. Salah satunya adalah bitcoin, ethereum, ripple, bitcoincash, ini yang cukup terkenal. Jadi bitcoin bukan satu-satunya.

Bitcoin itu sendiri adalah cryptocurrency yang pertama kali dikembangkan dengan teknologi blockchain. Dan nilai transaksinya ini terbesar, di tahun 2018 saja mencapai USD 1,8 triliun.
Saya akan memberikan ilustrasi, misalnya Ada dua pihak yaitu a dan b ingin bertransaksi, apa yang mereka lakukan? Yaitu mereka menukar barang (jaman dahulu). Misalkan sapi ditukar dengan emas. Jadi ini emas, logam adalah mata uangnya, dan teknologinya adalah fabrikasi. Jadi emas itu dicetak menjadi koin , maka koin ini bisa kita gunakan untuk barter. Sedikit lebih maju ke depan, kemudian emas tersebut diganti menjadi uang. Perdagangan antar barang diganti pakai uang tidak pakai logam / emas lagi. IDR bukan satu-satunya, bisa juga USD, JPY, GBP dll. ini merupakan uang kertas, teknologinya menggunakan percetakan. Jadi duitnya dicetak begitu. Itu sebabnya kalau supply nya berlebihan, itu akan menyebabkan inflasi.

Sekarang atau dalam waktu dekat, bitcoin mirip dengan contoh sebelumnya. Jadi instrumennya adalah bitcoin, dan jenis mata uangnya kita sebut mata uang kripto dan teknologi di belakangnya yaitu blockchain. Jadi komparasinya kurang lebih sama seperti itu ya.
Nah sebenarnya apa itu bitcoin? Bitcoin itu mirip dengan emas, berharga, terbatas, misalkan jika anda menambang emas, persediannya terbatas dan emas akan habis. Emas memiliki pertahanan yang kuat terhadap inflasi. Beda dengan uang. Itu kan dicetak terus sama negara. Dan emas juga dapat dibagi-bagi. Bitcoin itu juga seperti emas. Kedua, bitcoin itu juga berfungsi sebagai alat pembayaran, di Jepang, bitcoin itu resmi sebagai alat pembayaran. Lebih cepat, lebih mudah dan lebih murah. Ketiga, bitcoin itu mirip sekali dengan internet. Tidak dikontrol oleh siapapun dan terbuka bagi semua orang.

Jadi definisi lengkapnya itu seperti ini : Bitcoin adalah salah satu tipe dari digital currency, atau yang disebut sebagai cryptocurrency. Bitcoin ini tidak dikontrol oleh bank, atau di backup oleh pemerintah suatu negara tertentu, tapi berasal dari suatu jaringan komputer yang terdesentralisasi yang menggunakan algoritma perhitungan tertentu, algoritma ini disebut dengan kriptografi. Mereka menggunakan perhitungan matematika tertentu, itu sebabnya disebut sebagai cryptocurrency, yang menggunakan teknologi blockchain. Bitcoin ini adalh cryptocurrency terbesar dan terkuat.
Sekarang kenapa kita perlu tahu tentang bitcoin?
Bitcoin adalah inisiatif baru yang sangat inovatif dan mengganggu. Bitcoin ini masih dalam tahap yang sangat awal. Ini seperti email yang pertama kali diperkenalkan pada dunia. Email ini mengganggu industri pengiriman surat. Pengiriman surat dari satu titik ke titik lainnya.
Gangguan ini akan berdampak pada banyak industri dan ekosistemnya. Perkembangan ke depannya seperti apa itu ga ada yang tahu.
Bitcoin masih berkembang dan berubah. Tapi anda perlu tahu agar anda bisa mempesiapkan diri. Jangan kewalahan atau tertinggal dan tidak tahu apa-apa tentang teknologi baru ini.
Anda akan tahu bagaimana mengambil posisi nantinya.

Dalam hype bitcoin ini, ada peluang investasi, dimana kita bisa menghasilkan keuntungan atau peneriman manfaat bagi kita. Sekedar informasi, bitcoin itu bisa dijadikan investasi. Nah saya akan menjelaskan lebih detil lagi soal investasi bitcoin, bagaimana kita bisa mendapatkan keuntungan dari peluang ini. Terus pantau setiap artikel yang saya bagikan ya.

Image Designed by starline / Freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *