Buat kalian yang baru mau mulai investasi emas, dan belum tau gimana caranya berinvestasi emas, berikut 5 tips buat kalian yang baru mau mulai investasi emas.

Yang pertama, punya tujuan investasi.
Kalian kalau mau investasi saran saya harus punya tujuan. Tujuannya apa. Investasi itu kan seperti kendaraan kita buat mencapai tujuan keuangan kita, nah tujuannya apa? Mau beli rumah, beli mobil, kuliah, warisan, nah tujuannya apa? Tapi saya juga mau menyampaikan, kalau masalah nabung di emas nih, kalian belum punya tujuan yang jelas, terus beli emas batangan, it’s oke sih sebenernya, gapapa juga. Punya tujuan ga punya tujuan, kalau punya uang lebih dibeliin emas batangan itu tetap it’s oke. Tidak ada masalah apa-apa. Yang penting uang kita udah selamet dulu. Tidak terbelanjakan ke hal-hal yang konsumtif. Aman dalam bentuk emas batangan yang sewaktu-waktu bisa dijual dengan mudah.

Yang kedua, target emas yang harus dicapai.
Kalau tujuannya sudah tau, nilai rupiahnya sudah tau, kita harus tau kemudian berapa target emas yang kita harus capai. Terkait hitung-hitungan seperti ini, kalian bisa pakai berbagai aplikasi yang tersedia di bank dan playstore ya. Disana biasanya sudah ada simulasinya untuk bisa mencapai kebutuhan emas berapa gramnya yang kalian butuhkan.

Yang ketiga, tau cara dapetin emasnya.
Disinilah kemudian muncul banyak pertanyaan, karena sekarang pilihannya banyak. Ada emas fisik, emas digital, itu pilihan. Emas ukuran kecil, ukuran besar, itu juga pilihan. Belum lagi merk nya, merk emas sekarang udah banyak ya. Semakin banyak merk semakin banyak pilihan. Tapi kalau buat pemula, kalian bisa mulai investasi di emas yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat pada umumnya. Salah satunya adalah emas antam. Ini hanya sekedar saran ya, untuk pemula. Kalau kalian sudah jago ya silahkan karena keputusan ada di tangan masing-masing. Ada berbagai ragam emas di pasaran ya. Silahkan dipilih dimana yang disukai. Itu untuk emas fisik. Untuk emas digital juga banyak ya. Ada pegadaian, pluang, brangkas antam, tamasia, indogold, lakuemas, wah banyak banget deh pokoknya. Itu juga bisa jadi pilihan ya. Namun buat pemula, kembali lagi, bisa pilih lembaga yang sudah dipercaya. Misalkan sudah sekian puluh tahun beroperasi. Kalau buat pemula saran saya di pegadaian dulu. Tapi kalau sudah jago ya silahkan mau dimana juga boleh. Kenapa? Karena pertama itu milik pemerintah, kedua aksesnya dimana-mana, ketiga spread antara jual dan belinya itu termasuk yang paling rendah.
Nah enaknya tabungan emas digital itu, kita ga punya banyak uang pun kita bisa nabung di tabungan emas.

Yang keempat, jalankan misinya. Misi kalian sendiri. Setiap orang punya misi yang berbeda. Jalankan, ingat di poin yang pertama tadi, why. Kenapa kamu harus jalankan misi itu. Tujuan itu kenapa harus kamu capai. Karena di tahap proses menuju tujuan kita, mencapai misi kita pasti akan banyak gangguan. Kalau kita ga kuat di why nya, kenapa saya harus capai ini, kalau sampai ini kuat, dipikiran, dihati, maka gangguan itu bisa kita atasi dan lewati dengan baik.

Yang kelima, pesan dari saya. Saya pernah baca di sebuah media sosial, ada quotes yang sangat bagus. Dari seorang mentor ya. Kalau kita menyimpan uang kita, artinya kita mengistirahatkan uang kita. Uang kita ga kerja. Kita yang kerja. Tapi kalau kita menginvestasikan uang kita, apakah itu di emas, reksadana, saham, properti dll. Artinya kita membuat uang kita bekerja untuk kita. Inget ini baik-baik quotes dari mentor ya. Dan itu sangat bagus untuk dipahami. Kenapa kita harus menginvestasikan uang yang kita miliki.

Semoga bermanfaat.

Image Designed by starline / Freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *