Kalian selama ini berfikir bahwa penghasilan atau income itu selalu harus jenisnya dari gaji. SALAH. Padahal kalian harus tau kali ini saya bongkar ada 7 jenis penghasilan lain selain gaji. Nah sebelum saya bongkar apa aja jenis penghasilan selain gaji padahal ada income-income lain.

Baik saya bongkar pertama, income yang pertama yaitu gaji. Nah masalahnya kalian cuma tau yang pertama kan jadi gaji itu ketika kalian bekerja sebagai seorang karyawan. Kalian akan di gaji sebagai karyawan, sebagai manager, kalian sebagai direktur itu tetap di gaji. Sekalipun kalian sebagai pemilik perusahaan kalian tetap juga harus digaji. Karena pemilik perusahaan pun tetap harus digaji dari usaha yang dia jalankan. Oke itu yang pertama yaitu gaji bulanan atau gaji pokok.

Kedua, income profit. Nah ini yang kalian harus tau, jadi ketika kalian punya usaha itu pasti punya income dari profit. Profit itu artinya kalian punya income di luar gaji pokok jadi contohnya gaji yang sudah kalian miliki. Kalian sisihkan buat buka usaha disitulah usaha itu menghasilkan profit nah kalian dapat income kedua.

Ketiga, pendapatan bunga. Artinya apa kalau misalkan kalian mendapatkan bunga dari yang kalian pinjamkan contohnya anda membuat koperasi, atau kalian menabung deposito itu kan kalian dapat bunga “interest”. Jadi kalian dapatkan penghasilan juga dari tabungan kalian.

Keempat, income deviden. Misalkan anda mempunyai perusahaan besar, anda punya profit misalkan setengah tahun kalian dapat persen sesuai dengan pemilikan saham perjanjian pembagian deviden artinya kalau kalian dalam waktu satu tahun ada keuntungan maka pembagian deviden atau pemilikan perusahaan itu dibagikan sesuai dengan porsi pemegang saham itu namanya pembagian deviden itu sangat jelas sekali.

Kelima, rental income. Jadi ini kalian harus tau juga bahwa kenapa para milyarder mereka itu bisa kaya raya karena sumber income mereka tidak cuman satu. Salah satu hasil income mereka itu dapat dari pendapatan sewa contohnya anda punya motor 3 nganggur, ya lebih baik 3 itu kalian karya kan jadi sewa satu supir gojek dan bagi hasil. Akhirnya kalian pemilik motor itu kalian juga bisa dapat penghasilan atau kalian punya mobil nganggur, punya ruko nganggur. Kalian punya apartemen nganggur itu sama juga dari situ kalian juga dapat pendapatan sewa.

Keenam, royalti. Pendapatan royalti misalkan hari ini punya perusahaan, punya management nah dari situ kalian dapat hasilnya. Kalain jual buku, lagu karya seni apa kalian dapat royalti nah itu jenis pendapatan atau income yang keenam.

Ketujuh, keuntungan modal. Misalkan contohnya harga rumah kalian, kalian beli dengan harga 100 juta tapi karena rumah itu sudah kalian beli 10 tahun yang lalu maka sekarang rumah itu jadi 2M. Berarti kalian itu dapat capital gain. Capital gain itu income dari modal. Ya kalian dapatkan keuntungan misalkan dapat 1M jadi 2M, 2M jadi 4M. Nah itu kalian mendapatkan keuntungan dari modal atau capital gain. Misalkan juga kalian itu beli saham. Saham itu kalian beli dengan harga misalkan 1000 rupiah. Sekarang setelah 5 tahun saham itu kalian diamkan sekarang sahamnya naik jadi 5000 rupiah. itu namanya capital gain. Kalian beli sawah, sawah itu dulu kalian beli dengan harga 200 juta sekarang sawah itu harganya menjadi 1M. Nah kalian dapat capital gain.

Semoga bermanfaat.

Background photo created by freepik – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *