Mungkin kalian sudah sering mendengar. Kalau kita mau achieve goal kita harus berusaha keras. Bekerja keras siang malam, dan bekerja tiada henti. Itu semua ga salah. Kalau kita mau mendapatkan impian-impian kita, kita harus bekerja keras. Tapi hari ini saya akan share sebuah konsep bahwa tanpa berusaha terlalu keras sekalipun, kita bisa mencapai semua impian kita. Kuncinya adalah konsistensi, dan konsep ini disebut dengan compound effect.

Tanpa kerja keras dan tanpa usaha bukan berarti ga bekerja dan ga berusaha sama sekali ya. Maksud saya, lebih baik kita melakukan sesuatu yang kecil, tapi konsisten setiap hari. Daripada kita melakukan sesuatu yang besar tapi cuma sekali. Kemudian berhenti tanpa hasil. Istilahnya hangat-hangat tai ayam saja. Jadi apa sih compound effect itu? Compound effect adalah hasil dari keputusan dan action kecil yang dilakukan secara konsisten setiap hari. Intinya kita membuat habit kecil. Habit yang kita perlukan untuk mencapai semua tujuan kita. Dan habit kecil ini kita lakukan secara konsisten setiap hari.

Bayangkan kekuatan tetesan air, selama bertahun-tahun yang dapat memecahkan batu. Contohnya misalkan kalian menabung sebesar 5 ribu rupiah setiap hari. Selama 240 bulan dengan ROE sebesar 7,5 persen saja kalian bisa mendapatkan hasil investasi sebesar 83 juta. Compound effect ini tidak berlaku untuk habit positif saja. Tapi juga berlaku untuk habit negatif. Bayangkan kalian punya tubuh yang sehat kekar dan kuat. Suatu ketika kalian malas, kalian ga lagi pergi ke gym. Lebih banyak duduk dibanding olahraga, makan makanan yang ga sehat, dll. Seringnya kita berpikir, ah kan cuman sebungkus mie instan ga akan bikin kita gemuk kok. Ah kan cuma sepotong donat ga akan kita kehilangan tubuh impian kita kok.

3 atau 4 bulan dengan habit yang negatif ini, mungkin ga terlalu banyak perubahan yang kita lihat. Bahkan sampai setahunpun mungkin ga terlalu banyak perubahan yang terlalu mencolok. Hinga akhirnya di tahun ke 3 atau ke 4, kalian sadar kalian kehilangan hampir semua massa otot yang pernah dibangun. Dan sekarang menjadi obesitas hanya karena habit kecil yang dilakukan secara konsisten. Selamat tinggal tubuh impian. Ini efek dahsyat dari compound effect. Bisa mengubah seseorang atau sesuatu tanpa disadari. Ini contoh lain dari compound effect habit negatif. Mungkin kita merasa masih muda, kita merasa sehat dan bugar. Jadi kita bisa makan aneka ragam makanan yang kita mau. Entah itu makanan yang berlemak tinggi, ga sehat dll. Tanpa mengabaikan kesehatan kita karena kita merasa masih muda.

Sedikit demi sedikit timbul plak di pembuluh darah kita. Tanpa kita sadari, akhirnya plak yang menumpuk sedikit demi sedikit ini menjadi sumbatan dan bisa menjadi berbagai penyakit. Seperti darah tinggi, struk dll. Orang bisa aja menyangka kita kena azab, atau kena guna-guna. Atau mungkin juga mengira faktor usia pada saat kita sedang sakit. Padahal itu adalah hasil dari compund effect yang kita lakukan sejak lama, sejak bertahun-tahun yang lalu. Orang mengira kita sukses dalam semalam. Padahal itu adalah kebiasaan yang kita lakukan secara konsisten sejak bertahun-tahun yang lalu. Sayangnya manusia jaman now hidup di era serba instan. Maunya langsung kelihatan hasilnya. Maunya langsung langsing. Maunya langsung sehat. Maunya langsung dapat duit banyak. Makanya manusia seringkali tertipu dengan produk-produk yang menjanjikan hasil instan. Manusia masa kini ga suka dengan konsep ini. Karena compund effect ini memerlukan waktu. Perlu konsistensi dan kesabaran.
Bahkan bertahun-tahun.

Kamu ga akan lihat hasilnya dalam waktu singkat. Tapi suatu hari kamu akan melihat hasilnya entah itu positif, atau negatif. Kalau hasilnya positif kamu akan berterimakasih karena kamu sudah membuat keputusan yang benar selama bertahun-tahun. Inti dari compund effect adalah yang pertama, action kecil yang dilakukan secara konsisten setiap hari, akan menghasilkan dampak yang luar biasa daripada action masif yang hanya dilakukan sekali. Yang kedua kalian ga mungkin melihat hasilnya dalam waktu yang singkat. Kalian harus sabar dan konsisten. Yang ketiga, apapun yang kita miliki sekarang, yang kita nikmati sekarang, entah itu tabungan yang banyak, hutang yang banyak, atau tubuh yang ideal ataupun gemuk, itu adalah hasil compound effect selama bertahun-tahun. Compound effect adalah hasil dari action dan keputusan kecil yang kita lakukan secara konsisten hingga hari ini.

Tantangannya ada 2, pertama yaitu distraction atau gangguan. Seringkali kita terdistract oleh hal lain yang menjauhkan kita dari impian kita. Misalkan kita berkomitmen mendapatkan sixpack, tubuh impian. Kita terdistract oleh mie instan, donat dll. Saat kita berkomitmen untuk menabung, kita terdistract oleh diskon dan cicilan. Saat kita berkomitmen untuk belajar, kita terdistract oleh game. Yang kedua, terlalu cepat menyerah. Saya sudah katakan sejak di awal, kalian tidak bisa melihat hasilnya dalam waktu singkat. Bahkan mungkin hasilnya baru bisa kalian lihat setelah 1 ataupun 2 tahun. Tergantung dari besar atau kecilnya goal atau impian kalian itu sendiri. Mungkin kalian akan melihat hasil dari compund effect dikemudian hari.

Itu dia compound effect. Kalau kalian punya pengalaman dengan compound effect, silahkan ceritakan dibawah ya…
Semoga bermanfaat.

Image Designed by starline / Freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *