Jangan Beli Bitcoin – Sebelum Baca Ini

Sebelum kita mulai, kita bahas dulu ya apa sih bitcoin itu?
Bitcoin adalah mata uang digital, atau yang biasa disebut dengan cryptocurrency, yang dioperasikan melalui sistem yang disebut blockchain. Nah jadi cryptocurrency itu bukan cuma bitcoin. Tapi ada banyak, ada ethereum, litecoin, ada doge yang sedang trend saat ini dan masih banyak lagi.
Kemudian, siapa sih yang membuat bitcoin? Pembuat bitcoin adalah satoshi nakamoto, yang ternyata adalah pseudonym. Yaitu orang dengan alias yang hingga saat ini ga tau keberadaannya dimana.
Kemudian, apakah pencipta bitcoin itu kaya? Nah siapapun satoshi nakamoto mungkin ia menjadi orang kaya saat ini. Karena dulu saat bitcoin dibuat, ia menyisakan 1 juta bitcoin untuk dirinya sendiri. Tapi kembali lagi, satoshi nakamoto tidak pernah ada dan tidak pernah ditemukan.

Pertanyaan berikutnya, mengapa satoshi nakamoto menciptakan bitcoin?
Saya rasa bitcoin ini tercipta bukan sekedar ada orang yang ingin menjadi kaya. karena menciptakan sistem keuangan yang baru. Tapi ia atau merekalah boleh kita bilang adalah sekumpulan orang yang mungkin muak dengan sistem keuangan yang zalim saat ini. Sistem keuangan yang dirasa hanya menguntungkan segelintir orang tertentu saja.
Nah pertanyaan yang berikutnya nih, yang ga kalah susah untuk dijawab, yaitu blockchain itu apa? Jadi temen-temen, bayangkan dalam 1 perusahaan perbankan, itu memerlukan berapa banyak orang agar bisnisnya bisa running dengan smooth, bisa berjalan dengan lancar, tanpa kesalahan, tanpa fraud. Itupun masih sering terjadi fraud dan kesalahan yang diakibatkan kelemahan sebuah sistem. Yah namanya yang merunning juga manusia.

Saat ini pekerjaan mereka semua digantikan seluruhnya oleh sistem yang disebut blockchain. Bayangkan sistem blockchain ini seperti sistem bank digital sepenuhnya. Berbeda dengan sistem perbankan saat ini, yang mudah diretas karena sistemnya tersentral, blockchain tidak mempunyai server sentral. Data disimpan tersebar di semua pengguna. Saat ada transaksi, sistem ini akan mengecek data yang ada pada para pengguna. Apakah datanya sudah valid atau engga. Mudahnya bayangkan kalau kalian makan-makan sama teman 1 geng. Kemudian kalian membuat catatan pesenan makanan dan biaya masing-masing orang. Teman 1 geng kalian sama-sama membuat catatan yang disimpan sendiri-sendiri. Nah setelah selesai makan, saat kamu mau memverifikasi kamu habis berapa , kamu mengecek catatanmu , dan dalam waktu yang bersamaan temen-temenmu juga mengecek catatan mereka masing-masing. Eh gua abis 100 ribu ya. oh ia , lo abis 100 ribu. Iya , lu pesen ayam goreng 1 , es teh 1 abis 100 ribu. Iya betul gan. Verified.

Nah ketika ter verified, dan sudah sesuai dengan catatan masing-masing pengguna, sistem blockchain akan memberikan stempel dalam bentuk simbol terenkripsi yang berupa angka-angka, yang kemudian disebar ke seluruh user agar dapat dicek dikemudian hari. Stempel ini disebut proof of work. Mudahnya kurang lebih seperti itu.
Semua dilakukan otomatis dengan sistem blockchain. Saya jelaskan dengan bahasa yang semudah mungkin. Yang mudah dimengerti oleh banyak orang. Nanti saya akan bahas lebih lanjut tentang sistem blockchain ya. Kali ini kita akan membahas tentang mengapa bitcoin akan menjadi sistem moneter keuangan dunia yang baru. New world order.

Oke, mengapa bitcoin bisa menjadi sistem keuangan dunia yang baru? Yang pertama, bitcoin inflation-proof. Bitcoin bebas inflasi karena jumlah nya terbatas. Oleh penciptanya, jumlah bitcoin hanya dibatasi maksimal 21 juta koin saja yang bisa beredar. Karena jumlah nya terbatas, dan orang percaya menggunakan bitcoin, ini menjadi alasan mengapa harga bitcoin bisa melambung tinggi. Bitcoin, sama seperti emas, karena jumlahnya terbatas, meskipun dalam bentuk digital. Sementara mata uang dapat dicetak berapapun oleh pemerintah. Jadi kalau kamu mau perlindungan atas asetmu, kamu dapat melakukan diversifikasi pada bitcoin. Yang saya bicarakan ini bitcoin ya , bukan koin lain. Karena cryptocurrency itu ada banyak. Ethereum misalnya, saat ini sudah lebih dari 100 juta koin beredar dan terus bertambah karena jumlah koinnya ga dibatasi.
Hubungan bitcoin dengan emas ini sangat menarik sekali. Kita akan kembali membahas di poin poin berikutnya.

Yang kedua, mengapa bitcoin bisa menjadi sistem keuangan dunia yang baru? Karena safe and secured. Maksudnya sangat aman. Karena yang menjadi pertanyaan banyak orang adalah bitcoin ini aman ga sih? Jawabannya tentu saja sangat aman. Mengapa aman? Karena dia di back up dengan menggunakan sistem yang disebut blockchain. Yang mana sistem blockchain ini sangat sulit untuk di hack. Mengapa susah? Karena datanya ga ada dalam satu server tertentu. Datanya tersebar di semua pengguna bitcoin. Menghack sistem blockchain mustahil dilakukan. Karena artinya hacker harus melakukan hacking massal pada seluruh pengguna blockchain secara bersamaan. Sistem blockchain secara mudahnya bertugas memverifikasi kebenaran transaksi, dengan mengecek buku besar yang ada di seluruh sistem. Dan setelah berhasil di verifikasi, sistem akan memberikan proof of work dengan algoritma. Proof of work ini seperti stempel di dunia nyata. Semuanya dapat dilakukan 10 menit untuk bitcoin dan 15 detik untuk ethereum.
Masalahnya dalam sistem manual, seringkali terjadi fraud, sering terjadi kesalahan, kelalaian manusia dll. Dengan sistem blockchain, semuanya tereliminasi.

Yang ketiga, decentralized money. Mungkin temen-temen belum tahu, sekarang ada 3 jenis uang yang beredar di dunia. Jenis uang yang pertama adalah God’s money, yaitu emas dan perak. Yang sudah digunakan selama ribuan tahun. Uang ini diciptakan oleh alam semesta dan bumi sendiri. Yang kedua adalah uang yang sekarang kita kenal, yaitu goverment money. Uang yang kita pegang sekarang, yaitu uang yang dicetak oleh pemerintah. Yang ketiga adalah people’s money. Yaitu uang yang tidak dikontrol oleh pemerintah manapun. Tapi dapat digunakan sebagai alat transaksi yang aman dan bebas inflasi.
Government money dan people money sama-sama diakui sebagai uang. Hanya berdasarkan kepercayaan saja. Keduanya sama-sama ga punya intrinsik value. Bedanya yang satu berupa kertas, satunya berupa digital. Tapi ada perbedaan sistem diantara keduanya. Karena bitcoin adalah decentralized money, maka bitcoin tidak akan pernah menjadi korban politik negara manapun. Berbeda dengan mata uang yang sangat rentan menjadi korban politik.

Yang keempat, easily verifiable. Maksudnya mudah dicek keasliannya. Berbeda dengan uang kertas dan emas. Uang kertas dan emas, untuk mata yang tidak jeli, tidak akan bisa membedakan mana yang asli mana yang palsu. Dan dengan skill khusus, emas dan uang kertas bisa dipalsukan. Bitcoin tidak bisa dipalsukan. Karena semua transaksi bitcoin akan diverifikasi oleh sistem blockchain. Apabila bitcoin gagal diverifikasi, maka sistem blockchain akan membatalkan transaksi tersebut. Kemudian, mengapa banyak sekali orang yang tertipu investasi bitcoin? Dari yang saya amati, sebagian besar orang tertipu, bukan karena tertipu investasi bitcoin. Tapi tertipu dengan model bisnis yang mencatut bitcoin. Dan seringnya model bisnis dengan skema ponzi. Mereka bisa tertipu karena ga mengerti tentang sistem bitcoin seperti yang kita jelaskan di artikel ini.

Yang kelima, portable Gold. Nah ini menarik sekali. Berbeda dengan emas yang susah dibawa kemana-mana, Bitcoin mudah dibawa kemana-mana. Bahkan bisa lintas negara. Bahkan emas, susah untuk dibawa ke luar negri. Saya pernah punya pengalaman membawa perak dari luar negri, dan perak ini cuma seberat 36 oz, tapi waktu itu langsung terdeteksi oleh bea cukai, dan saya diwajibkan untuk membayar bea masuk. Bitcoin dapat disimpan dalam bentuk barcode. Bisa juga disimpan dalam digital wallet yang kita punya. Bayangkan begini, bayangkan saat perang dunia 1 dan 2, ada banyak orang-orang kaya yang kehilangan harta kekayaannya. Ya kan ga mungkin kalau kita menjadi refugee di negara lain atau daerah lain dengan membawa real estate kita, mobil, lukisan antik dll. Mau bawa emas juga bawa berapa banyak, selain itu juga resiko dicuri orang di tengah perjalanan. Bitcoin akan melindungi aset kita saat terjadi perang. Memang betul kalau emas juga bisa melindungi kekayaan kita. Tapi itu dia masalahnya, emas tidak bisa dibawa kemana-mana. Susah karena mudah sekali dicuri orang. Ya meskipun kita ga tau apakah akan terjadi perang lagi atau tidak. Tapi perang selalu ada di sekitar kita. Meskipun dengan skala yang lebih kecil. Seperti perang vietnam, perang teluk, perang dagang dll. Beberapa negara juga masih terlibat konflik hingga saat ini. Seperti negara-negara timur tengah. Taiwan dengan China, Korea utara dengan Amerika, India dengan China, dan masih banyak lagi.
Juga jangan pernah memikirkan negara kita dalam kondisi benar-benar 100% aman untuk selamanya. Tentang masa depan, kita ga pernah tau. Saya dan teman-teman adalah generasi pertama yang merasakan perdamaian. Ga merasakan perang dalam skala masif. Kita wajib bersyukur untuk hal itu. Tapi kita ga tau perdamaian ini bisa berlangsung sampai kapan.

Yang keenam, big business mean it. Maksudnya, bisnis-bisnis besar juga sudah mulai menerima pembayaran dari bitcoin. Beberapa perusahaan besar di amerika yang menerima pembayaran melalui bitcoin adalah : wikipedia, microsoft, KFC, burger king, subway, pizza hut, norwegian air, dll. Kita hidup di negara berkembang akan mengikuti perkembangan zaman. Kalau perusahaan-perusahaan besar saja sudah mulai menerima pembayaran bitcoin, perusahaan yang menengah dan kecil akan mengikuti.

Yang ketujuh, cryptocurrency is the future. Saya punya pemikiran, bahwa cryptocurrency ini akan dijadikan senjata untuk meruntuhkan dollar. Saat ini pemerintah rusia mendukung secara penuh penggunaan ethereum. Dan mulai mengenalkannya ke negara-negara tetangga. Masalahnya begini, saat dollar hancur, begitu pula dengan perekonomian dunia. Karena semua mata uang di dunia di backup oleh dollar. Karena perjanjian bretton woods. China, sekutu rusia saat ini sudah mengurangi jumlah cadangan dollarnya dengan sangat amat drastis. Sejarah akan berulang, founding father kita bapak soekarno mengatakan, jas merah. Jangan sekali-sekali melupakan sejarah. Sejarah pasti akan berulang, mereka yang gak belajar dari sejarah akan menjadi korban. Sejarah menuliskan tidak akan pernah ada mata uang yang bertahan lama. Dan setiap 40 tahun sekali, selalu ada perubahan sistem mata uang. Orang mengira, kita akan kembali ke gold standar, yang ternyata tidak mungkin, mungkin kita akan beralih ke mata uang digital. Bank-bank saja saat ini sudah banyak yang memposisikan dirinya sebagai bank digital. Yang kita lihat dari penggunaan bitcoin sekarang, hanyalah tip of the iceberg. Andai baca buku, kita baru pada bab pendahuluan. Dan ini sudah menjadi disruptor dari tatanan yang ada sekarang. Memang banyak orang yang menjadi triliuner dari bitcoin. Karena harganya yang melambung tinggi. Tapi saya lebih melihat bagaimana kita melindungi aset kita. Dan siap saat perubahan sistem itu benar-benar terjadi.

Yang pasti sistem keuangan dunia saat ini seperti kapan Titanic yang menunggu waktu untuk karam. Siapkan sekocimu sebelum kapal ini beneran karam, karena ga banyak yang bisa selamat. Penggunaan cryptocurrency nanti.. entah bitcoin, ethereum, litecoin akan menjadi masif. Dan orang yang menyimpan kekayaannya pada uang kertas akan menangis. Karena kekayaannya sekarang hanya berupa kertas yang tidak bernilai. Di masa lalu, di masa orang tua kita, adalah peperangan antara God’s money dan government money. Hingga akhirnya muncullah dollar sebagai mata uang dunia. Sementara masa depan kita adalah peperangan antara goverment money dan people’s money. Saya khawatir ini akan jadi perang yang berdarah-darah. Akan ada banyak orang yang kehilangan hartanya. Dan sejarah membuktikan setiap ada perubahan sistem finansial besar di dunia, selalu ada yang namanya wealth-transfer. Atau perpindahan kekayaan secara besar-besaran. Yang sudah pernah terjadi berkali-kali sepanjang sejarah umat manusia. Pertanyaannya sekarang kamu ada di sisi mana? Don’t choose the wrong side.

Semoga bermanfaat.

Background photo created by freepik – www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *