Saran saya untuk orang-orang muda : 25 tahun, buat cukup banyak kesalahan. Jangan khawatir, kamu terjatuh, kamu berdiri. Kamu terjatuh, kamu berdiri. Selamat menikmati, maksud saya, jika anda berusia 25 tahun nikmati pertunjukannya.

Berusia 30 hingga 40 tahun, anda harus berpikir sangat jelas. Apakah kamu bekerja untuk dirimu sendiri? Jika anda benar-benar ingin menjadi seorang pengusaha.
Jadi 40 hingga 50 pikirkan bagaimana bisa fokus pada hal-hal yang anda kuasai.

Tetapi ketika anda berusia 50 hingga 60 tahun, bekerjalah untuk kamu muda. Karena anak muda bisa melakukan lebih baik dibandingkan kamu. Jadi andalkan mereka, berinvestasilah pada mereka. Memastikan mereka baik-baik saja.

Jadi 25 tahun, jangan khawatir. Kesalahan apapun adalah penghasilan. Merupakan penghasilan yang luar biasa bagi anda.

Di masa depan ini bukan tentang kompetisi pengetahuan. Ini kompetisi kreativitas. Ini kompetisi imajinasi. Ini kompetisi belajar. Ini kompetisi pemikiran mandiri. Jika anda berpikir seperti mesin, masalahnya akan datang. Dalam 20 tahun terakhir akan membuat orang menyukai mesin.

Dalam 20 tahun ke depan, mesin akan terlihat seperti orang. Jadi di masa depan itu bukan didorong oleh pengetahuan. Itu adalah kebijaksanaan yang digerakkan. Ini adalah pengalaman yang didorong. Di masa lalu adalah pengetahuan yang didorong. Dan didorong oleh manufaktur. Dan di masa depan adalah kreativitas yang didorong.

Saya pikir 30 tahun ke depan dunia akan banyak berubah. Teknologi baru sedang berjalan untuk mengubah setiap aspek dunia. Jadi ini yang kita pikirkan. Dunia harus fokus tidak hanya IQ, EQ tetapi juga fokus pada LQ. The Quotient of Love.

Hanya karena ketika anda peduli pada yang lain, hanya ketika kamu peduli yang lain berhasil, dan lebih sukses dari kamu anda punya kesempatan. 10 tahun yang lalu internet sangat bagus. Ketika tidak ada yang percaya internet sangat bagus. Sekarang internet sangat sulit karena semua orang pintar masuk internet. Jadi kamu harus pergi ke tanah.

Saya gagal untuk hal-hal lucu.
Saya gagal sebuah tes sekolah dasar utama untuk dua kali.
Dan saya gagal tiga kali untuk sekolah menengah, untuk pergi ke sekolah menengah.
Saya mencoba…
Ada pemeriksaan yang dilakukan anak muda.
Jika anda ingin kuliah di universitas, anda harus mengikuti ujian.
Jadi saya gagal tiga kali.

Ketika saya lulus dari universitas, selama tiga tahun saya mencoba dan saya gagal di universitas. Jadi saya melamar pekerjaan. Selama 30 kali ditolak. Saya pergi ke polisi mereka bilang : tidak kamu tidak baik. Saya pergi ke KFC, ketika KFC datang ke kota kami. 24 orang pergi untuk pekerjaan itu, 23 orang diterima, saya adalah satu-satunya pria yang ditolak.

Dan kami pergi untuk polisi, 5 orang melamar pekerjaan. 4 orang diterima dan 1 tidak. 1 nya itu adalah saya.
Ngomong-ngomong , saya juga melamar untuk ke Harvard 10 kali, ditolak.

Saya belajar banyak tentang film-film Hollywood terutama Forrest Gump. Saya mencintai Forrest Gump. Saya menyukai nya karena tidak menyerah. Orang mengira dia bodoh. Tapi dia tahu apa yang dia lakukan. Dan saya sangat tertekan. Satu tahun 2002 atau 2003 di amerika serikat. Saya sangat tertekan ketika saya tidak bisa tentukan cara untuk internet.
Dan kemudian saya menonton film dirumah teman saya, Forrest Gump. Ketika melihatnya saya pikir, pria ini kita harus belajar darinya.

Percayalah apa yang anda lakukan. Sukalah. Entah orang suka atau tidak. Dan suka kata : hidup itu seperti sekotak cokelat. Anda tidak pernah tahu apa yang bisa anda dapatkan kan?
Saya tidak pernah tahu saya akan berbicara denganmu disini.
Tapi hari ini aku berhasil.

Saya memberi tahu orang-orang di apartemen saya 15, 18 tahun yang lalu. Teman-teman kita harus miliki kerja keras. Bukan untuk diri kita sendiri. Jika kita bisa sukses. 80% dari kaum muda di China bisa sukses. Kami tidak memiliki ayah kaya. Paman yang kuat. Kami tidak punya satu dolar dari bank. Seseorang dari pemerintah. Bekerjalah sebagai satu tim.

Saya khawatir tentang hal ini hari ini anak muda, banyak anak muda kehilangan harapan. Kehilangan visi. Dan mulailah keluhan. Kami juga memiliki masalah yang sama. Ketika saya sampai… Ini bukan perasaan yang baik ditolak oleh begitu banyak orang.
Kami juga mengalami depresi. Tapi setidaknya nanti kita temukan bahwa dunia memiliki banyak peluang. Bagaimana anda melihat dunia? Bagaimana anda menangkap peluang?

Hollywood memberiku banyak inspirasi. Di awal saya tidak pernah menyangka , saya pikir ketika saya muda, saya berkata : segalanya mungkin. Sekarang saya tahu tidak semuanya mungkin. Kami punya sesuatu, anda harus memikirkan, anda harus mempertimbangkan yang lain, anda harus mempertimbangkan pelanggan, masyarakat, karyawan anda, pemegang saham.

Ada banyak hal yang saya pikirkan. Jika anda terus bekerja keras, ada kemungkinan. Itu bukan misi. Jika anda tidak melakukannya, tidak ada yang mungkin. Jika anda mencoba melakukannya setidaknya anda punya harapan.

Tenang. Selalu ada jalan keluar. Dan jaga keseimbangan diri anda. Dan sementara itu jangan mencoba untuk menjaga karena bisnis adalah persaingan itu menyenangkan. Bisnis itu seperti medang perang. Kamu mati atau aku menang..
Bisnis itu bahkan jika anda mati maka akan ada pemenang lain kan?
Jadi lebih baik menyenangkan.

Image Designed by renata.s / Freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *