Ternyata orang sukses itu ada ciri-cirinya, kita disini akan belajar tentang ciri-ciri orang yang bakal sukses.
Bicara soal ciri-ciri tentu anda sekarang ngecek ya .. Apakah saya punya ciri-ciri seperti ini atau tidak.

Orang sukses itu punya ciri-ciri , jadi salah satu ciri-ciri yang dimiliki orang sukses adalah orangnya satu, harus ULET.
Mungkin anda sudah tidak asing dengan kata ulet, anda juga sering dengan dari orang tua anda, anda juga sering dengar dari guru anda. Atau dari kisah-kisah orang sukses.

Ulet itu pasti bagian dari mereka, kata ini memang cuma 4 huruf ULET, tapi tidak mudah dilakukan.
Ulet ini hukumnya wajib kalau anda ingin menjadi orang sukses. Kenapa? Tidak ada orang sukses yang tidak ulet. Jadi jangan dipertanyakan lagi, anda perhatikan orang yang sukses di dunia politik, orang yang sukses di dunia olahraga, orang yang sukses di dunia bisnis, orang yang sukses membangun kerajaan, orang yang sukses membangun dinasti mungkin dari jaman dulu, atau orang yang sukses membangun sebuah emporium mungkin apapun itu mereka pasti punya ciri-ciri orang ulet.

Ini sudah tidak usah ditawar, sekarang kalau anda sudah baca ini anda pasti punya 1 harapan saya suatu hari nanti mau jadi orang ulet.
Oke, pertanyaannya kalau anda mau jadi orang yang ulet, ulet seperti apa? tidak menyerah seperti apa? Konsisten seperti apa? Itu harus anda tonjolkan, jangan menjadi orang yang suka bergonta ganti bidang , ini tidak berhasil ganti bidang ini, itu tidak berhasil ganti lagi bidang ini. Kapan anda jadi pakarnya? Orang kalau tidak melakukan hukum 10 ribu jam bagaimana bisa jadi pakar?
Gimana bisa jadi ekspert? tidak pernah menyerah.

Kalau anda ga punya ciri-ciri ulet, anda tidak bisa menjadi orang sukses, itu definisi dari saya.

Kemudian yang kedua adalah adaptasi. Adaptasi ini adalah ciri-ciri orang sukses selanjutnya. kenapa berbicara soal adaptasi? Anda pasti dengar satu kasus dulu HP yang sangat populer di era tahun 90 an, 2000 sampai tahun 2010 akhir. Yaitu merek Nokia. Anda tahu nokia ini sudah merajai dunia HP selama puluhan tahun.

Tapi dalam sekejap Nokia tiba-tiba tumbang oleh kehadiran Blackberry dan Blackberry pun sudah merajai dunia smartphone yang sangat keren.
Tapi umur dari Blackberry juga tidak lama dan akhirnya sekarang dihantam oleh yang namanya Android, yang mana sekarang satu sistem yang bisa digunakan oleh semua smartphone. Nah sebetulnya kuncinya cuma satu setiap merek yang besar apapun kalau anda ingin sukses selamanya maka anda harus selalu dengan adaptasi.

Kalau anda tidak pernah melakukan adaptasi anda akan digilas oleh perubahan, karena sekarang dunia itu selalu berubah setiap saat. Kalau hari ini anda ingin sukses di dunia bisnis, bisnis anda itu bertahan 10 tahun 20 tahun 30 tahun 40 tahun 50 tahun. Anda harus senantiasa adaptasi , kalau anda tidak bisa melakukan adaptasi dengan perubahan pasar niscaya bisnis anda akan tumbang.

Metode anda yang terbukti sukses di era anda belum tentu terbukti sukses 20 tahun lagi. Jadi anda harus belajar adaptasi. Makanya CEO Nokia berkata saya tidak tahu kenapa kami kalah, itu kata-kata yang sangat terkenal dari beliau. Tapi tiba-tiba kami tumbang kami hilang dari pasar , kenapa? Karena dia tidak adaptasi. Itu poin kedua jadi itu ciri-ciri sukses yang kedua.

Ciri-ciri sukses yang ketiga ini yang paling penting, teruslah belajar. jadilah pembelajar, jadilah pembelajar seumur hidup. Saya hari inipun masih belajar. Saya pun dulu tidak mengerti teknologi. Bahkan saya ga tau yang namanya internet. Tapi saya belajar dari orang yang paham teknologi. kalau anda ingin sukses selama-lamanya anda harus selalu adaptasi dan anda harus selalu belajar.

Never stop learning. Dan banyak orang bilang belajar berhentinya kapan? Setelah tamat sekolah? Tamat SMP? tamat SMA? tamat Kuliah? SALAH!!! anda harus terus belajar seumur hidup kalau anda senantiasa seumur hidup terus belajar. Percayalah anda akan menjadi orang sukses.

Semoga bermanfaat.

Image Designed by starline / Freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *