Kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai hubungan antar manusia atau human relationship.
Dalam dunia bisnis itu sangat penting, bagaimana cara anda berinteraksi dengan manusia.

Jadi sebetulnya, yang ingin saya sampaikan baik itu dalam dunia bisnis, atau dalam hal anda mengejar partner atau apapun itu, anda harus tahu teknik berhubungan dengan manusia. Kalau anda ingin dealing bisnis dengan orang lain, tetapi kalau calon partner anda saja belum apa-apa sudah tidak menyukai anda. Lalu bagaimana anda bisa dealing bisnis yang besar?

Anda mau menjual produk yang mahal, tetapi calon pembeli anda tidak menyukai anda. Bagaimana anda hari ini bisa menjual produk? Hari ini anda ingin dealing sebuah proyek. Proyek itu besar, harganya miliaran rupiah. Tetapi partner anda sendiri tidak yakin dengan sikap dan attitude anda. Bagaimana anda bisa dealing proyek tersebut?

Segala sesuatu kuncinya adalah anda harus tahu bagaimana cara berhubungan antar sesama manusia. Saya tidak mengajarkan ini untuk digunakan pada orang yang sudah anda kenal. Ini ilmu yang bisa digunakan untuk orang yang tidak anda kenal.
Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana orang segera merasa nyaman dengan anda? Yaitu dengan bagaimana anda mengetahui teknik untuk membuat sebuah hubungan.

Hukumnya yaitu 1 menit. Contohnya di lift. Bagaimana di lift itu anda bisa langsung akrab dengan orang lain? Di lift itu kan semua orang yang tidak anda kenal. Mereka adalah orang-orang asing. Tetapi orang tersebut bisa langsung akrab dengan anda. Teknik terpenting yaitu anda bisa segera membuat orang tersebut menyukai anda. Sebetulnya teknik ini banyak dipakai oleh semua bayi diseluruh dunia.

Anda tahu kalau anda melihat bayi tertawa, apa yang anda lakukan? anda pasti senang bukan?
Walaupun anda sedang stress, saat anda melihat bayi anda bisa tertawa. Mengapa?
Kunci yang pertama bagaimana membuat orang lain segera menyukai anda dalam 1 menit atau kurang adalah senyum/smile.
Jadi anda itu harus selalu tersenyum. Pastikan anda selalu tersenyum kepada setiap orang.
Anda tahu, banyak orang yang wajahnya itu susah untuk senyum.

Kalau anda itu susah tersenyum, maka anda tidak cocok untuk berbisnis. Anda cocoknya di bagian gudang yang tidak bertemu orang. Atau anda di bagian IT. Atau anda mungkin main game saja jadi tidak perlu bertemu dengan manusia. Kalau anda berhadapan dengan manusia, yang nomor satu adalah senyum. Kesan pertama itu sangat menggoda. Bahkan kalau anda ketemu orang asing, bertemu orang luar negri atau anda berjalan-jalan di luar negri, bahasa universal itu senyum. Walaupun anda tidak mengerti bahasa orang lain. Anda tidak tahu bahasa asing. Mereka juga akan mengerti dan membalas senyuman anda.

Ini sangat penting. Saya pikir, senyum adalah cara tercepat untuk anda membangun hubungan dengan orang lain. Dengan senyum, anda membuat orang lain itu merasa nyaman dengan anda. Ketika seseorang merasa nyaman dengan anda, dari situlah connecting hubungan itu akan terjadi. Oleh sebab itu, pastikan anda banyak tersenyum. Itu adalah tips pertama.

Kemudian yang kedua adalah banyak bertanya jangan banyak bicara. Kenapa anda harus banyak bertanya? Karena dengan bertanya anda mengetahui kebutuhannya. Kalau anda banyak bicara, anda menjadi orang yang menyebalkan. Meskipun anda pandai melawak, anda humoris, tetapi ada baiknya anda membangun sebuah hubungan dengan banyak bertanya. Ketika anda banyak bertanya, niscaya anda akan tahu kebutuhan orang.

Anda akan tahu kebutuhan klien anda, akan tahu kebutuhan konsumen anda, partner bisnis anda, bahkan kebutuhan pasangan anda. Karena anda tidak pernah bertanya namun anda banyak bicara , maka anda tidak akan pernah tahu. Dan orang yang banyak bicara itu adalah orang yang menyebalkan. Orang tidak suka berbicara dengan orang yang banyak bicara. Tetapi orang akan merasa nyaman kalau ditanya sesuatu dan kemudian dirinya yang berbicara.

Saya percaya Tuhan Yang Maha Esa menciptakan kita dengan dua telinga dan satu mulut. kenapa? Itu artinya kita harus lebih banyak mendengar daripada berbicara. Nah inilah sebuah tips ya, dengan kita bertanya, kita akan mendengar. Apa kebutuhan anda? Dengan menggali kebutuhan anda maka saya akan mengetahuinya. Jadi contoh sederhana adalah ketika kita masuk lift, “Oh mau ke lantai 5 ya?”
Padahal sudah tahu lift nya mengarah ke lantai 5 kan sudah dipencet sebelumnya. Tapi kita bertanya saja untuk basa basi. Tapi kalau orang yang menyebalkan akan berkata “saya mau ke lantai 5 loh, saya duluan!”
Anda tidak bisa seperti itu.

Jadi harusnya anda bertanya, “Mau ke lantai 5 ya, oh ya silahkan duluan, bapak silahkan maju ke depan.” Maka orang lain akan segera menyukai anda, “wow, you are very educated person” orang akan berkata seperti itu.
“Anda orang yang berpendidikan ya, anda orang yang ramah dan keren!”
Orang akan berkata seperti itu.
Dari sikap anda, keramahan anda, itu sudah merupakan sebuah tips agar orang lain segera menyukai anda.

Kemudian yang ketiga, tips ini digunakan jika anda sudah kenal dengan orang tersebut. Walaupun belum kenal, anda bisa mengetahui cara memanggil namanya. Dan ini juga sangat cocok untuk memanggil teman lama. Yaitu apa? Sebisa mungkin panggil namanya.

Misalkan kalau anda di lobi hotel, Biasanya pegawai itu kan ada name tag nya, sebisa mungkin anda panggil namanya. Misalkan namanya Yayu. panggil saja mba yayu, nah orang senang kalau dipanggil namanya. Ini penting sekali. Memang ini sebuah hukum yang tidak harus. Tetapi kalau orang asing bisa memanggil nama anda, orang akan kaget/shock. Bagaimana anda bisa tahu nama saya?
Ya tentu saja, anda kan orang yang luar biasa.

Ketika orang dipanggil namanya, dia akan merasa penting. Cara membangun hubungan yang baik dengan orang lain, dan agar dia segera merasa nyaman adalah anda pastikan panggil namanya, panggil nama dia sebisa mungkin. Meskipun anda tidak kenal dia, jika anda bisa memanggil namanya, itu luar biasa.

Jangan seperti ini : nama kamu siapa ya? aduh aku lupa,,, nama kamu sulit banget sih disebutkan,, nama kamu siapa ya?
Plis jangan bicara menggunakan bahasa seperti itu. Maka anda akan mempersulit hubungan.
Tetapi kalau anda bisa membangun hubungan dengan baik, itu luar biasa.

Misalkan namanya Budi.
“Pak Budi, saya senang sekali bisa berbicara dengan anda, saya bisa mendapatkan banyak manfaat setelah sharing dengan Pak Budi. Pak Budi betul-betul orang yang luar biasa. Beruntung sekali saya bisa makan siang dengan Pak Budi, meskipun cuma 30 menit tetapi banyak ilmu yang bisa saya pelajari dari Pak Budi.”
Nah kata-kata seperti ini bisa membuat orang segera menyukai anda.
Berarti anda sudah mengerti yang namanya sopan santun dan tata krama.

Kita ini orang Timur, orang Timur itu penuh dengan sopan santun dan tata krama. Nah orang asia atau orang timur dengan orang barat itu budayanya berbeda. Karena kita sangat mementingkan masalah tata krama, jadi memanggil nama itu sangatlah penting.

Demikian tips agar orang lain segera menyukai anda dalam waktu cepat.
Semoga bermanfaat.

Image Designed by starline / Freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *