Maksud saya disini adalah hutang buruk ya, karena hutang itu juga ada yang baik. Hutang baik itu hutang yang diputar untuk berbisnis, tapi berbicara soal hutang, tentu orang itu merasa tidak nyaman. Karena banyak orang merasa kalau memiliki hutang itu hidup penuh dengan tekanan. Hidup itu penuh dengan beban. Akhirnya bisa membuat stress. Jadi anda harus mendefinisikan dulu. Disini saya akan mendefinisikan dengan 4 pilar utama yang tidak boleh terganggu jika anda melunasi hutang.

Pilar yang pertama adalah masalah sandang atau pakaian sehari-hari. Jadi kalau sampai anda membayar hutang untuk membeli baju yang layakpun tidak mampu, itu berarti sudah parah. Anda tidak harus membeli pakaian yang mahal. Yang terpenting terlihat pantas, yang penting anda tetap berpakaian. Jangan sampai tidak berpakaian ya 🙂

Pilar yang kedua ini juga penting yaitu pilar pangan. Jadi anda harus tetap makan. Jangan sampai anda tidak makan loh ya bisa gawat. Banyak orang yang mungkin karena hutangnya sudah terlalu banyak, sampai stress dan tidak mau makan. Kalau anda tidak makan, maka akhirnya anda sakit. Kalau sudah sakit bagaimana mau membayar hutang? Jadi anda itu harus memastikan anda tetap makan. Meskipun tidak enak. Masalah gizi dan nutrisi ya apa boleh buat?

Ya mungkin anda tidak bisa makan dengan nutrisi yang cukup, tetapi yang terpenting anda tetap makan. Yang penting kenyang dulu. Soal nanti anda mempunyai makanan yang lebih baik, belakanganlah yah. Menurut saya makanan yang sehat dan baik itu bukanlah makanan yang mahal. Yang terpenting anda cukup makan jangan sampai kekurangan makan. Itu saja dulu untuk sekarang. Seringkali orang ga makan, bekerja terlalu keras akhirnya sakit. Ketika anda sakit, maka biaya sakit itu jadi lebih mahal. Dan akhirnya menjadi menumpuk dan akhirnya menjadi lebih parah lagi.

Pilar yang ketiga adalah papan. Papan itu bukan berarti rumah. Tapi yang terpenting adalah mempunyai tempat tinggal. Mungkin saat ini anda belum bisa membeli rumah, kalau anda hidup di kota besar anda cukup tinggal di kos-kosan atau kontrakan. Its oke, yang terpenting anda punya tempat tinggal. Jangan sampai tempat tinggal saja anda tidak punya. Jadi karena anda ingin melunasi hutang, anda sampai tidak punya tempat tinggal jadi anda mau tinggal dimana? Di pinggir jalan? Menjadi pengemis atau gelandangan? Nanti diangkut panti sosial. Jangan sampai seperti itu.

Jadi pilar yang ketiga ini tidak boleh terganggu, pastikan anda punya tempat tinggal meskipun itu sederhana. Walaupun mungkin kos-kosan yang hanya 1 -2 meter saja. Tapi yang terpenting anda bisa memiliki tempat tinggal yang layak. Yang penting anda tidak boleh terganggu. Karena tubuh dan otak anda adalah alat untuk membayar hutang. Jadi jangan sampai ketiga pilar ini terganggu. Jadi urusan pakaian, makanan dan tempat tinggal itu kalau terganggu maka anda pasti tidak bisa membayar hutang dengan tenang. Tapi kalau anda ingin membayar hutang dengan tenang pastikan ketiga pilar ini tidak terganggu.

Dan pilar yang keempat ini juga tidak boleh terganggu, yaitu transportasi. Maksudnya transportasi disini bukan berarti saya menyuruh anda harus punya motor atau mobil untuk berangkat ke tempat kerja anda setiap hari. Tetapi kalau anda tidak punya alat transportasi, bagaimana anda bisa mencari uang untuk membayar hutang anda? Ga mungkin. Anda butuh transportasi, entah itu transportasi umum, publik atau apapun itu. Tetap ga boleh terganggu. Harus punya transportasi. Karena bekerja anda perlu keluar rumah. Apapun itu kesana kemari.

Jadi sekarang saya akan ajarkan anda bagaimana cara melunasi hutang.
Gampang.

Pertama, penghasilan anda dikurangi dulu keempat pilar ini. Pastikan ini dulu terpenuhi, kalau ada sisa nah baru mengurangi hutang. Maka saya percaya, anda akan bisa melunasi hutang dengan tenang sambil anda memikirkan cara meningkatkan penghasilan anda.
Jadi anda tidak hanya tergantung pada gaji. Tetapi anda juga memiliki bisnis sampingan. Sehingga anda bisa meningkatkan penghasilan anda.

Jangan ketika penghasilan anda meningkat, keempat pilar ini juga meningkat. Sandangnya meningkat, papannya meningkat, kemudian pangannya meningkat, transportasinya juga meningkat, padahal hutangnya belum lunas. Itu tidak saya sarankan ya. Jadi pastikan keempat pilar itu beres dengan sederhana atau secukupnya saja. Tidak perlu sampai menyiksa diri anda, dan kalau masih ada sisa, baru anda gunakan untuk melunasi hutang.

Kemudian anda bertanya lagi. “kalau sudah dikurangi keempat pilar tadi namun tidak ada sisa bagaimana?” 🙁
Kalau sudah seperti itu, saya tidak bisa memberikan solusi lagi. Anda sudah mempunyai masalah yang besar. Anda harus berpikir cara menurunkan kembali keempat pilar ini, atau anda harus meningkatkan penghasilan anda tentunya.

Jadi kalau anda ga bisa mencukupi keempat pilar ini, maka saya pastikan anda akan melunasi hutang anda dengan perasaan tidak tenang, setiap hari stress, marah-marah cemas dll. Maka akhirnya anda bekerja tidak tenang.
Akhirnya jika tidak bisa bekerja dengan tenang, karena 4 pilar ini terganggu, anda menjadi tidak stabil.
Kalau anda tidak stabil maka hidup anda pun tidak tenang.

Untuk mencukup ke 4 pilar ini sebetulnya tidak butuh biaya yang besar. Ini adalah soal mindset. Mau ga anda menurunkan gaya hidup anda yang mewah menjadi sederhana? Saya percaya kok kalau anda hidup sederhana anda ga akan mati. Malah sebetulnya banyak orang mati karena gengsi wkwkwk.
Kalau hidupnya terlalu dimakan gengsi, maka akhirnya membawa dia kepada kematian yang sesungguhnya. Karena stress harus mengikuti gaya hidup terus.

Semoga bermanfaat ya.

Image Designed by renata.s / Freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *