Yang pertama, banyak makan sayur. Manfaat sayur yang harus kamu ketahui adalah membersihkan dan menyehatkan pencernaan. Karena masalah pencernaan juga dapat menyebabkan wajah jadi berjerawat.

Yang kedua, banyak minum air putih. Wajah yang kering, kusam dan tidak bercahaya itu bisa jadi karna kamu kurang minum air putih.

Yang ketiga, kompres wajah dengan es batu. Manfaat dari es batu adalah dapat mengencangkan kulit wajah serta menghilangkan kerutan. Kamu bisa mengaplikasikan pada wajah 1 bulan 2-3 kali saja, terlalu sering juga tidak bagus untuk kulit wajah.

Yang keempat, rajin memakai masker yang alami. Kamu bisa menggunakan masker dari buah pepaya dan dihaluskan. Pepaya mengandung banyak sekali nutrisi, bahkan sangat kaya dengan vitamin C. Pepaya juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan oelh tubuh, yaitu vitamin A, B1, B3, B5, E, K, Likopen, Serat, Kalsium, Potasium, Folat, dan Magnesium. Dengan segudang nutrisi tersebut, pepaya memberikan begitu banyak manfaat bagi kesehatan terutama kulit wajah.

Yang kelima, hindari produk dengan bahan kimia. Hindari memakai produk kecantikan yang banyak mengandung bahan kimia seperti merkuri.

Yang keenam, memakai sabun bayi. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, dan tidak bisa menggunakan sembarang facial wash, kalian bisa menggunakan sabun bayi.

Yang ketujuh, jaga pola makan kalian. Hindari makan makanan yang membuat kalian alergi dan dapat menyebabkan wajah memerah atau berjerawat.

Yang kedelapan, jaga emosi, stress dan pola tidur. Karena jerawat dapat juga disebabkan karena emosi, dan stress, serta jangan begadang agar jerawat tidak makin meradang.

Yang kesembilan, jangan terlalu sering mencuci muka. Karena dengan kita sering mencuci muka, otak akan merespon bahwa kulit kita kering. Sehingga dapat memproduksi minyak berlebih.

Yang kesepuluh, penuhi nutrisi kulit dengan vitamin E, karena vitamin E bagus sekali untuk kesehatan kulit wajah kalian. Argan Oil. Kandungan utama minyak argan adalah yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan kulit, yaitu :

  • Vitamin E, kandungan vitamin E nya 3x lipat atau 300%
  • Asam lemak esensial. Fungsinya untuk menjaga kulit wajah tetap elastis
  • Asam linoleat dan oleat. Sebagai anti peradangan dan memperbaiki kulit.
  • Squalene. Mampu untuk menyembuhkan luka, memiliki sifat anti bakteri
  • Polifenol. Sebagai anti peradangan, anti septik dan melindungi kulit dari radikal bebas
  • Sterol. Zat yang berfungsi mencegah penuaan kulit
  • D-7 Stigmasterol. Berguna untuk mengobati penyakit kulit dan menyembuhkan luka

Jangan lupa menjaga kesehatan kulit wajah kalian ya.

Image Designed by starline / Freepik

2 thoughts on “Cara Merawat Wajah Tanpa Skincare”
    1. Halo… kalau yang sudah berijin BPOM itu semuanya sudah ditulis ya kak kandungan-kandungan dalam skincare atau makeup tersebut 🙂 Yang perlu dihindari adalah produk yang belum ada ijin BPOM nya 🙂 Semoga membantu ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *