Sebelumnya ( klik disini )

Nomor 7. Pendidikan.
Pengembangan diri adalah kunci untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Dan karenanya menjadi orang kaya. Memfokuskan pada uang saja tidak akan membuat anda kaya. Lagipula keterampilan dan profesionalisme anda sendirilah yang akan memungkinkan anda mendapatkan uang lebih banyak. Jadi berinvestasilah pada pendidikan. Ikut kursus baru, baca tentang topik yang belum diketahui, bertemu dengan orang-orang baru, dan belajar dari mereka. Semakin banyak yang anda keluarkan untuk pendidikan, semakin besar pula peluang anda untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus atau menjadi seorang pekerja lepas profesional yang penting.

Nomor 8. Saham.
Ini adalah cara yang lebih canggih untuk menginvestasikan uang anda. tetapi pada akhirnya kalau anda rajin dan bijak. Maka keuntungannya bisa ratusan kali lipat. Ada banyak perusahaan rintisan baru yang menemukan barang-barang aneh dan inovatif. Dan kalau anda mengeluarkan uang untuk membeli saham mereka, kemungkinan anda akan sangat kaya ketika mereka berhasil menembus pasar atau tidak. Masalah terbesar pada pemilihan perusahaan rintisan adalah anda tidak pernah tau bahwa perusahaan yang anda pertangguhkan akan melejit atau akan bangkrut. Jadi pikirkan lagi dengan cermat dan Hitung peluang anda untuk mendapatkan keuntungan.

Nomo 9. Alat-alat eletkronik versi terbaru.
Hal ini mungkin perlu dijelaskan secara lebih terperinci. Kapan sebuah produk baru muncul di pasaran, versinya secara standar adalah 1.0 , jika anda segera membelinya, kemungkinan anda harus berhadapan dengan virus dan gangguan yang belum ditemukan pada tahap pengujian. Dan ini tidak hanya berlaku bagi perusahaan kecil. Perusahaan besar yang terkenal dengan reputasinya yang sempurnapun dapat mengalami masalah yang sama. Alangkah baiknya menunggu sebentar sampai paling tidak versi 1.1 sudah keluar. Lebihs seringnya kelemahan-kelemahan yang sebelumnya sudah teratasi dengan keluarnya versi terbaru.

Nomor 10. Istirahat dan rekreasi.
Tali busur tidak selamanya dapat diregang. Peribahasa ini jauh lebih bermakna dibandingkan dengan yang anda kira. Bekerja, belajar dan membuka peluang untuk diri sendiri itu adalah hal yang luar biasa. Namun istirahat dengan baik juga sama pentingnya. Jika tidak anda akan kelelahan. Meskipun anda sepenuhnya mencintai pekerjaan anda. Tapi jangan salah paham. Maksudnya bukan berleha-leha saja di sofa dan meminum kopi sambil menonton tv. Berinvestasilah di waktu santai anda, seperti anda berinvestasi pada pendidikan dan gunakan waktu pribadi untuk perkembangan diri anda. Jangan pernah lewatkan kesempatan untuk belajar sesuatu yang baru. Asalkan janganlah terlalu fokus pada hal ini. Bagaimanapun juga yang sedang anda cari adalah hiburan dan istirahat. Bukan tugas yang lain.

Nomor 11. Barang-barang yang akan awet seumur hidup anda.
Sudah dibahas tentang pakaian yang berkualitas. Dan topik ini ada kaitannya dengan itu. Barang-barang berkualitas memang mahal harganya. Itu benar, tetapi yang anda dapatkan dari barang berkualitas akan bernilai lebih dari 100 x lipatnya . Apapun yang anda beli, mobil, laptop, kulkas, berpikirlah bahwa itu adalah investasi jangka panjang. Akankah barang-barang anda bertahan bertahun-tahun. Atau bahkan berpuluh-puluh tahun, atau anda akan menggantikannya setelah beberapa saat saja? Kalau barang ini penting, pasti anda tidak mau repot-repot membeli dan mengirimkannya sekali lagi untuk beberapa waktu. Sekali lagi, membeli barang-barang murah tidak selalu dapat diartikan dengan menghemat untuk jangka panjang. Jadi lebih baik mengeluarkan lebih banyak uang sekali saja lalu melupakannya untuk waktu yang lama.

Dan sedikit bonus untuk anda jika sudah sejauh ini, yaitu satu hal yang tidak boleh anda beli dengan uang yang telah diperoleh dengan susah payah.

Ya satu hal, tapi kenyataannya banyak hal secara bersamaan. Untuk menjadi kaya anda tidak perlu membeli sesuatu yang membuat anda berhutang. Maksudnya bukan pinjaman mahasiswa atau semacamnya. Itu lain lagi ceritanya. Tetapi jika anda perlu penarikan yang lebih besar untuk membeli mobil baru, atau menggadaikan sesuatu untuk membeli apartemen baru lebih baik pikirkan lagi sebelum melakukannya. Melakukan pinjaman berarti menggunakan uang bank. bukan uang anda. Dan anda harus mengembalikannya dengan bunga. Dan melakukan pinjaman terlalu banyak akan membuat anda bekerja untuk membayar orang lain setiap bulannya selama bertahun-tahun. Dengan begini anda akan berada dalam lingkaran setan. Karena menjalani hidup untuk melunasi hutang. Apa anda benar-benar menginginkan itu? Sepertinya tidak.

Nah bagaimana menurut anda? Barang-barang apa yang menurut anda harus dibeli yang membuat anda jadi kaya nantinya? Tulis di kolom komentar ya.

Image Designed by starline / Freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *