Apakah menurut anda kaya itu berarti anda memiliki banyak uang? Tentu saja ia. Tapi bukan itu satu-satunya. Sebetulnya membelanjakan uang dengan bijak adalah kunci untuk menjadi kaya. Sepertinya tidak masuk akal bukan? Ya, beberapa pembelian sekilas nampak terlalu mahal. Tapi itu akan menghemat dalam jangka panjang. Jadi mari kita cari tahu apa saran jutawan mengenai barang-barang yang perlu dibeli dalam memandu anda menuju kesuksesan finansial.

Ke 1. Mobil bagus.
Terlebih dahulu mari kita luruskan. Yang dimaksud dengan bagus itu bukan mahal. Membeli mobil mewah memang menggoda. Kalau anda punya uang. Namun ingat bahwa biaya perawatan sebanding dengan harga mobil. Di sisi lain, mobil murah mungkin akan memberikan kejutan tak menyenangkan bagi anda. Jadi pilihlah mobil yang mudah dan murah perawatannya, yang belum pernah mengalami kecelakaan serius, dan bisa awet sampai bertahun-tahun. Dengan begini anda akan bebas bergerak tanpa harus membayar lebih untuk membersihkan interior dan bahan kulit super nyaman itu. Atau beli sepeda saja.

Ke 2. Berlangganan yang wajar.
Apakah anda benar-benar sering menonton tv kabel anda yang dibayar tiap bulan itu? Dan apakah anda benar-benar butuh ruang penyimpanan 1TB dari layanan awan berbayar? Kalau jawabannya adalah tidak, maka anda telah menghamburkan terlalu banyak uang untuk hal-hal yang bahkan tidak digunakan sepenuhnya. Sebaiknya hanya berlangganan pada layanan yang memang anda tahu itu dibutuhkan. Sebaiknya bayar layanan tv yang menampilkan acara-acara kesukaan anda tanpa fitur tambahan. Atau beli sebuah cakram keras yang lebih besar 1x daripada harus membayar biaya bulanan untuk penyimpanan di awan.

Ke 3. Barang-barang berdiskon.
Cara yang paling ampun untuk menjadi kaya adalah dengan berhemat. Diskon tidak serta merta menjadi beruntung. Diskon biasanya hanyalah cara pemasaran untuk membuat anda membeli lebih banyak barang. Sementara barang tersebut masih dijual dengan harga yang menguntungkan toko. Pada saat yang sama membeli bahan makanan dengan harga penuh tidak menjamin kualitas yang lebih baik. Jadi kalau anda butuh sekotak susu, dan melihatnya berdiskon silahkan ambil. Pastikan untuk memeriksa umur simpannya. Ada kemungkinan harganya dipotong karena barang tersebut akan segera kadaluarsa.

Ke 4. Pakaian dan aksesoris bermutu.
Kalau diskon cocok untuk berbelanja bahan makanan, Pakaian dan aksesoris paling baik dibeli dengan harga penuh dan juga tidak sedikit. Nah maksudnya bukan pakaian langsung dari designer dimana anda membayar lebih karena mereknya. Tetapi membeli pakaian murah, sebenarnya merupakan pemborosan. Lihat saja sendiri. Pakaian dan alas kaki murah berarti terbuat dari bahan murah dan memiliki kualitas rendah. Dan akhirnya itu akan bertahan paling lama hanya satu musim dan anda harus membeli yang baru lagi. Sebaliknya, pakaian yang mahal lebih awet. Dan kalau anda merawatnya dengan baik, setidaknya akan bertahan sampai beberapa tahun. Akhirnya anda akan menghemat uang dan yang paling penting menghemat waktu.

Ke 5. Mesin pembuat kopi.
Dapat dipahami bahwa tidak banyak dari kita yang bisa memulai hari dengan baik tanpa meminum segelas kopi. Tetapi pertanyaannya, apakah anda pergi ke kedai kopi dalam perjalanan ke kantor atau ke sekolah, atau menyeduhnya sendiri dirumah? Mungkin singgah di kedai kopi mudah dilakukan. Dan tidak terlalu mahal. Namun kalau dihitung-hitung anda akan tahu betapa kelirunya pendapat ini. Membeli mesin pembuat kopi mungkin memang mahal. Tetapi dalam beberapa bulan anda sudah kembali modal. Terlebih lagi bukankah menyeruput minuman hitam ini dari cangkir sendiri sambil duduk nyaman dirumah daripada meneguknya dalam perjalanan?

Ke 6. Teknologi pintar untuk rumah anda.
Kita hidup di lingkungan teknologi yang terus berkembang. maka kurang cerdas kalau tidak mau memanfaatkannya. Teknologi pintar menjadikan hidup anda mudah dan terkendali. Sehingga memungkinkan untuk lebih fokus terhadap diri sendiri dan menyelesaikan hal-hal penting daripada mengingat-ingat apakah sudah mematikan setrika ketika meninggalkan rumah atau belum. Cukup beberapa klik dan geser makan malam sudah siap, cucian sudah bersih dan rumah dibersihkan oleh alat-alat otomatis. Sementara anda dapat menyelesaikan urusan anda dengan tenang.

Nomor selanjutnya (klik disini)

Image Designed by starline / Freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *